Antara Soeharto dan G30S PKI

Kemarin kita merayakan eh maksud saya memperingati ding (masak bendera setengah tiang koq merayakan….) soeharto.jpg

tragedi G30S PKI dan hari ini kita baru deh merayakan HAPSAK (kalau dulu sich namanya Hari Kesaktian Pancasila)…… sebuah peringatan nasional yang semakin kehilangan makna akibat kesimpangsiuran sejarah yang telah ditulis…..terutama terkait dengan peran Soeharto…..Apakah Mr. Smilling Everytime itu seorang pahlawan penyelamat negara dari kudeta yang dilakukan PKI……. atau hanyalah seorang opportunis yang memanfaatkan keadaan kisruh guna membentuk dynasti baru pasca kejatuhan dynasti Soekarno…..atau seperti yang ditiupkan orang-orang barat bahwa Soeharto-lah sebenarnya sang pelaku kudeta berdarah itu…….

Perjalanan terakhir saya ke Kediri, saya sempatkan mampir ke Pak Dhe, seorang pensiunan TNI, yang pada peristiwa berdarah itu sedang bertugas di Jakarta. Dan salah satu yang saya tanyakan tentu saja peristiwa menarik seputar G30 S PKI….terutama tentu saja peran Mr. Smilling General…..Dan jawaban beliau, Soeharto adalah orang kebetulan yang paling beruntung bisa mendaatkan moment bagus untuk naik ke puncak kekuasaan….. Ya…. Waktu itu Soeharto memang seorang Pahlawan yang menggagalkan kudeta G30S PKI….

Selanjutnya Beliau bercerita, waktu itu Jakarta bisa dikatakan kosong dari tentara…akibat skenario indah PKI yakni dengan mengirimkan sebagian besar TNI ke perbatasan dalam rangka menghadiri acara “Ganyang Malaysia”….Saat terjadi pembunuhan terhadap para jendral TNI itu, situasi Jakarta benar-benar kacau karena orang tidak tahu lagi mana kawan dan mana lawan……TNI yang tertinggal hanyalah tentara cadangan yang tergabung dalam Kostrad….dan kebetulan dikomandani oleh Soeharto….seorang Jendral muda yang ‘tidak dianggap’ orang penting oeh PKI….Dengan kata lain Soeharto merupakan seorang yang diluar skenario PKI ……

Bagaimana dengan Soekarno…..?! Menurut Pak Dhe saya, Soekarno adalah korban dari demokrasi yang coba dibangunnya….karena Pak Karno khan pengennya semua golongan diberi kesempatan untuk mendharmabaktikan segala daya dan upaya bagi kemakmuran negeri ini….termasuk PKI yang paham komunisnya jelas-jelas bertentangan dengan Pancasila…..Jadi begitu PKI melakukan kudeta, rakyat pasti marah. Dan seperti biasa di Indonesia, bangsa kita butuh tumbal atau black goat sebagai biang keladi peristiwa berdarah tersebut….siapa lagi kalau bukan Soekarno….Tragis. Seorang Pahlawan Besar seperti Soekarno tiba-tiba harus lengser keprabon akibat desakan rakyat yang dicintainya….Atau mungkin tangan-tangan Tuhan yang bermain, mengingat Soekarno telah terlalu lama memimpin negeri ini….(dan kayaknya itu juga mirip terjadi pada kejatuhan Soeharto ya….?! Dan biang kudetanya bernama Krismon….)

Lebih lanjut, Pak Dhe saya menyayangkan sikap bangsa kita yang melupakan fakta sejarah tentang kepahlawaan Soeharto….juga semua jasa-jasa dari Soeharto…. Hanya karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan Soeharto dalam memimpin negeri ini. Soeharto memang biang Koruptor tetapi dia pernah berjasa besar bagi negeri ini…. Bangsa ini kayaknya perlu belajar banyak tentang cara menghargai jasa seseorang…..dan tidak semata menjelek-jelekkan orang…..dan dari situlah bangsa kita akan tumbuh menjadi sebuah bangsa besar……

g30spki.jpg

Itulah fakta yang diungkapkan oleh Pak Dhe saya…..Bagi Beliau, Mr. Soeharto tetaplah seorang Pahlawan Bangsa….dan mungkin itulah juga yang ada disetiap benak para tentara di negeri ini…..Fakta lain adalah Pak Dhe saya pensiun dengan pangkat mayor….dengan kata lain, pada peristiwa G30S PKI itu pak Dhe saya mungkin bukanlah siapa-siapa….alias hanya serdadu rendahan yang tak tahu makna dibalik sebuah peristiwa….tapi who knows….?! Kita khan hanya bisa mengira-ngira….tak tahu persis stuasi yang terjadi waktu itu….(kapan-kapan cerita lagi tentang kejatuhan Soeharto ya…. yang aku lumayan ngerti karena saat itu sedang di Yogya….tempat awal gerakan besar itu terjadi…..). Yo wes….saya akhiri posting kali ini dengan menggumamkan lagu “Serdadu” dari Bang Iwan Fals……

Isi kepala….dibalik topi baja…semua serdadu pasti tak jauh berbeda….tak peduli perwira, bintara atau tamtama….tetap tentara…..
Kata berita…gagah perkasa….apalgi sedang kokang senjata…… persetan siapa saja musuhnya….. perintah datang karang pun dihantam

Serdadu seperti peluru….tekan picu melesat tak ragu…..
Serdadu seperti belati…..tak dirawat tumpul dan berkarat…..
Runtuh dan tegaknya keadilan negeri ini….
Serdadu harus tahu pasti……

About these ads

150 Balasan ke Antara Soeharto dan G30S PKI

  1. Adhitya mengatakan:

    Jasa Soeharto untuk negeri ini memang banyak tetapi jangan lupa juga bahwa beliau berhasil “mencuci otak” hampir seluruh anak negeri ini dengan memelintir sejarah dan masuk dalam seluruh kurikulum pelajaran. Baik itu G30S maupun SO 1 Maret 49. Dan bagaimana juga dengan SUPERSEMAR?? Menurut saya Soeharto tetap melakukan kup secara”halus” dan bagaimana juga dengan orang – orang yang “hilang” pasca G30S, dipenjara tanpa melalui proses pengadilan??
    Menurut saya, seluruh jasa Soeharto tertutup oleh kesalahannya dan juga keslahan yang dilakukan keluarga serta kroninya. Jadi intinya, antara jasa dan kesalahan masih lebih banyak kesalahannya….

    • Ratu mengatakan:

      Aditya..saya yakin anda adalah anak dari PKI. Karna jika bukan tidak mungkin anda pandai membolak balikan fakta yang sebenarnya. Ayah saya adalah seorang ulama. Beliau selalu menceritakan kejahatan dan kebiadapannya PKI terhadap umat Islam. Ulama,kyai,ustad pada masa PKI mereka dibunuh dan dibuang dan anda tau siapa dalangnya?? SOEKARNO. Dia adalah dalang dari semuanya..Ayah saya adalah saksi hidup dan sekarang pun rekaman pidato SOEKARNO dan anggota PKI dan keturunannya ada di kami. SOEHARTO adalah pahlawan. Beliau adalah orang yang menumpaskan PKI. Hati-hati bapak-bapak, Ibu-ibu, kakak-kakak ataupun adik-adik kita harus mulai sadar akan keberadaan keturunan PKI yang akan memporak porandakan bangsa ini sudah mulai banyak yang duduk di pemerintahan, DPR. Kita semua harus banyak berdoa semoga Allah melindungi kita semua dari kejahatan dan kebiadapan PKI..

  2. dta mengatakan:

    mas adit sok tau banget, emang mas adit malaikat pencatat amal yang bisa menilai perbuatan seseorang?? sudahlah mas adit tanpa perjuangan pak harto belum tentu mas adit bisa lahir ke dunia ini, bisa juga orang tua mas adit dibunuh PKI sebelum mereka kawin (tau kan kekejaman PKI). dan tidak mungkin mas adit bisa berjuang mengorbankan jiwa dan raga demi negara RI yang sekarang pembangunan merata dimana-mana dan mas adit ikut menikmatinya.
    Lihatlah sisi baik seseorang, dan janganlah kita menilai orang sesuka kita hanya lewat perkataan orang lain tanpa kita tau faktanya. serahkanlah semua kepada yang maha kuasa, hanya Dialah yang maha tau.

    • Eko Supilo mengatakan:

      Ya Betul itu…Saya bertanya dari saksi hidup yakni nenek dan orang tua saya bilang …memang PKI itu biadap, dikampung saya para Kiyai dan Uztad 2 di bunuh dan siksa dengan kejam…jd memang nyata PKI itu biadap, dan bagi Saya Pak Harto , Pak Sarwo Edhi Wibowo , dan yang telah memberantas PKI itu adalah Pahlawan, mereka telah berjuang menyelamatkan negeri ini dari ancaman Komunis.jd kita harus Bangga dan Menghormati Mereka.

  3. buyungla mengatakan:

    Orang yang tidak tahu arti bersyukur bisanya hanya mencari kesalahan orang saja, seakan akan dirinya benar.

    Biar gimanapun jasa Pak Soeharto lebih banyak dimanfaat oleh rakyatnya sendiri, sebenarnya yang banyak membuat rakyat susah bukanlah Alm Bpk Soeharto tapi kroni2nya dan para anjing penjilat Alm Bpk Soeharto lah yang membuat hancur perekonomian Indo.

  4. hihil mengatakan:

    ajudi
    bagi yang ga suka atau telah diperlakukan ga baek oleh pak harto…itu kesalahan sampean.kamu, kamu kamu semua memang bodoh alias tolol dan hanya suka menyalahkan pak harto, kalo kalian pinter dan tegas mungkin pak harto akan lebih menghargai kalian…makanya kalian itu harus belajar dan belajar jangan hanya meyalahkan orang lain…dasar kalian semua memang bodoh sekali lagi bodoh

  5. Yulius mengatakan:

    Memang bangsa kita adalah bangsa yang besar…. namun menjadi kerdil dan dipandang sebelah mata oleh negara lain oleh karena pandangan kita yang selalu “mengarah kebelakang”. Energi kita habis mengutak-atik masa lalu. Mencari kesalahan pak karno, kemudian pak harto, mungkin kelak pak habibie, Gus Dur, ibu Mega & Pak SBY, dst. NGGAK HABIS-HABISNYA… kasihan benar kita, sementara waktu terus berjalan, saat itu pula bangsa lain giat membangun bangsanya dengan “pandangan ke depan” karena mereka adalah bangsa yang visioner. Mereka memilah dan mengambil masa lalu (sejarah) yang mendukung kemajuan bangsa kedepan, bukan mencaci maki, mencari kesalahan masa lalu. Marilah kita melihat yang baik dari pemimpin kita dan kita lanjutkan dengan ‘inovasi’ yang kreatif dan ‘spirit’ yang baru. Marilah kita melihat yang buruk dari pemimpin kita dan kita ambil hikmahnya sehingga tidak terulang dimasa yang akan datang.

    SAUDARAKU, MARILAH KITA MENJADI BANGSA PEMBELAJAR DENGAN JIWA YANG BESAR UNTUK MEMBAWA BANGSA KITA KEDEPAN KETEMPAT YANG TERHORMAT DEMI KITA DAN ANAK CUCU KITA.

  6. ima mengatakan:

    emang nih….bisanya cuman cari kesalahan doank!tapi ga liat perjuangan alm Soeharto and jasa2nya….gimana sih!buktiin donk klo mang qta di kenal ramah ma yg lain,jgn ramah luarnya doank!tp dalemnya bejat,,,,sekarang coba bangun donk semangat juang yg tinggi,jgn cmn nyalahin pemimpin yg berkuasa aja,qta kan ga ngerasain kaya mereka,mang di kira gampang apa!bikin negara yg sejahtera…inget!di dunia ini ga da mahluk yg sempurna,,,,jd ngaca aja sama diri masing2,jgn cmn bisa ngeritik org,,,,kasian klo orangnya dah ga ada masih di omongin kejelekannya,yg ada bikin tambah dosa aja,,bukan penyelesaian kan?yg di dpt,,,,,,,malah bikin heboh aja,,,,,mendingan qta sama2 maafin kesalahan2 pemimpin2 qta,,,,,,mulai dari alm.Bung Karno ma alm.Bpk.Soeharto

  7. ada aja mengatakan:

    Ada-ada saja… Adhitya!!!! kasian banget sii, kok kayaknya banyak yang protes ma kamu. kalo menurutku si kmu bnyak yang mrotes karena tulisanmu terlalu banyak prasangka dan kurang yakin ma Tuhan kalo Dia yang Maha Tau

  8. dedy supiannur mengatakan:

    pemimpin besar tak akan lahir dari sebuah kudeta….

    pak harto tetap pahalawan besar,pemimpin besar yang mungkin susah untuk mencari penggantinya…

  9. dedy supiannur mengatakan:

    mas adit klo liat 1 masalah jgn dari 1 sisi aj…

    sekali lagi SOEHARTO TETAP PAHLAWAN BANGSA……

    aku diangap bukan mahasiswa ideal oleh kk tingkat n tmn 1 angkatanku krn pro terhadap pak harto, tp itu g akan membuat rasa hormatku terhadap beliau….

    liat sekarang…
    demokrasi yang diinginkan oleh mahasiswa terdahulu…
    demokrasi yang kebablasan……

  10. Yulius mengatakan:

    Saya pribadi bisa menerima dan memahami komentar negarif tentang Pak Harto atau pemimpin kita yang lain yang memiliki korban, karena saya mencoba merasakan bagaiman jika saya atau keluarga saya yang menjadi korban ‘collateral Damage’ pemerintah, pasti menyakitkan dan terasa piluh, dan tidak ada tempat untuk mengaduh disaat ‘hukum’ di negara ini masih seperti ini. Makanya kalo’ ada pendapat negatif bagi saya itu OK-OK saja, saya tidak akan menanggapi dengan emosional karena energi positif akan kacau karena ‘pemberontakan adrenalin’.

    Hanya… apakah dendam tersebut harus terus bersemayam dalam diri kita… sampai kapan? hanya orang yang pernah merasakan menjadi korban yang dapat menjawabnya.

    Hati yang tulus, muka berseri menandakan bahwa jiwa kita sehat. Marilah kita mengisi pembangunan dengan tugas kita masing-masing. Yang menuntut ilmu, lakukanlah yang baik & tekun. Yang bekerja, lakukan yang baik, kreatif & inovatif. Itu yang diminta oleh ‘BUNDA PERTIWI’.

    Mas Adhit…. thanks atas komentarnya, kalo’ komentar itu nggak ada, forum kita nggak seru.. ha..ha… Soalnya harus ada positif & negatif, kalo’ positif semua … hampa deh. Tapi relakan juga kami yang memiliki dan menaruh rasa hormat kepada Pak Harto karena kami merasakan apa yang beliau lakukan untuk negeri ini. Kalo’ ada yang tidak berkenan, biarlah YME yang berhitung dengannya. Harapan kami beliau diterima disisiNya.

    Thanks brother….

  11. dE_FiNa mengatakan:

    ass.wr wb
    mun jalma mikir mah…..ningali batur teh lain ti sisi negatifna wae, positifna atuh!!mun teu aya pak harto, kabayang teu ke kaayaan bangsa urang ayeuna kumaha?? masa orde baru= masa pembangunan.
    emang urang teu nyadar, urang teh ayeuna ngan tiasa nincak hasilna wungkul. lamun urang hirup di jaman baheula mah urang pasti ngaraos kumaha hesena ngabangun bangsa anu jiga ayeuna. urang teh kudu bisa mulangtarima ku jasana pak harto anu geus ngabangun bangsa indonesia. apan saurna ”bangsa anu gede teh bangsa anu bisa ngajenan jasa pahlawanna”
    emang kasalahan pak harto naon wae kitu??? aya buktosna henteu??? urang mah husnudzon we… da disebut salah, seueur jasana oge!!!!!!! da nu namina manusa mah pasti aya salahna!! Wass.wr.wb

  12. Harnoko mengatakan:

    Selamat jalan pak Harto. Sebelum peristiwa g 30 s memang PKI pernah memberontak dan kekejamannya cukup mengerikan. Ada bagusnya kalau PKI enyah dari bumi Indonesia tercinta. Ada banyak kepentingan dari dunia luar terhadap Indonesia Amerika ingin menanamkan Demokrasi dan Soviyet pun juga ingin menyebarkan paham komunis. Ternyata Demikrasi menjadi pemenangnya walaupun masih banyak pelanggaran yg ada. Pak Harto bisa dikatakan pahlawan maksudnya punya andil besar untuk negara ini dalam hal persatuan dan kesatuan bangsa dari sabang sampai merauke dan pembangunan di segala bidang tentunya. Setiap orang yg memimpin Indonesia pasti menghadapi tantangan berat antara lain stabilitas dan kritik-kritik yg dilontarkan oleh pihak yg merasa tidak puas dengan keadaan yg menjurus pada provokasi terhadap rakyat. Kritik kalau disampaikan dengan tidak hati-hati pasti akan berdampak negatif kepada keadaan. Apalagi rakyat Indonesia masih sensitif dan mudah terprovokasi. Pengorbanan yang harus dipikul oleh rakyat cukup lumayan besar pasca kepemimpinan Sooeharto yaitu hutang yg entah kapan lunas. Hutang numpuk tapi kroni-kroni Soeharto termasuk anak-anak dan keluarga pak Harto sangat makmur luar biasa. Itulah plus minusnya seorang pemimpin. Maka untuk kedepannya berhati-hatilah dalam memilih pemimpin jangan mudah terpengaruh oleh kampanye-kampanye pemilu yg muluk-muluk. Sebenarnya mudah menilai partai mana yg perlu dan tidak perlu dipilih. Contohnya bisa dilihat dari ambisi orang-orang atau geng-geng yg berada dibelakang partai tsb. Sebelum pemilu atau sebelum kampanye mengumbar janji kepada rakyat biasanya partai sudah sibuk lebih dulu bagi-bagi kekuasaan siapa saja yg bakal menduduki suatu jabatan apabila partainya terpilih. Untuk yg akan datang hidup Sri Sultan. Maaf ya kalau ngelantur.

  13. aies mengatakan:

    bos adit. kayaknya anda salah besar mengangap semua kesalahan yang ada di sini adalah hasil dari kerjaan bapak soeharto. ingat yang mengangkat derajat negara ini di mata dunia siapa? lalu siapa yang bisa membuat negara ini menjadi sebuah negara yang sangat di segani oleh amerika?? jadi jangan bego kalo kasi pendapat!

    • masbejo mengatakan:

      aku yang njawab yang ngangkat derajat bangsa ini bungkarno di mata dunia,barat amerika jadi riskan dengan indonesia karena beraninya, menentang barat dan politiknya bangsa timur jadi sungkan, karena,berani menentukan sikap dengan non bloknya,lalu jaman soeharto di kembalikan ke barat untuk mengharapkan bantuan ekonomi,akibatnya apa,ya hari ini kita di kuasai ekonomi kita ,indonesia yang kaya haris menyerahkan persenan ,hasil tambangnya,ke barat .

  14. didik mengatakan:

    PAK HARTO = The Killing machine

  15. ompol babi mengatakan:

    BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA PARA PAHLAWANANNYA. ” Soekarno ”

    PAK HARTO,.,.,, MATI KAU DI MAKAN CACING.,,.,.,

  16. laskar cinta mengatakan:

    klo gw sih, bukan masalah membicarakan hal2 yg negatif dr seseorang yg sudah meninggal!! tp lebih kepada mencari kebenaran! biar tidak timbul prasangka seperti debat kalian yg pro ataupun kontra dgn soeharto. kita memang hrs memaafkan!! tp tidak untuk melupakan begitu saja! krn dgn belajar dr kekeliruanlah orang bisa menjadi besar!

  17. priest mengatakan:

    pak harto pahlawan besar guys.orang yang berjasa yang dianggap sampah.orang yang memberikan yang terbaik buat negeri dan rakyatnya.tapi rakyat yang ga tau apa2 bilang dia biang keladi.eyang soeharto adalah baik2 nya manusia indonesia yang dihina karena moral bangsa yang dah keblinger

  18. ant mengatakan:

    GOOD Father PAk Harto

  19. Carrrissa Bella mengatakan:

    WOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWOWO

  20. Carrrissa Bella mengatakan:

    HALO SEMUA>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  21. ana mengatakan:

    SUharto tu mang diktator keren,kudu ada orang kyk dia biar bangsa laen mandang kita.hanya saja dia dah salah jalan n kroninya bkin dia tambah jlek.satu hal lgi dia tu manfaatin titipan uang kita bwt memperkaya dia,trus tentara silumannya lagi kasus supersemar n penggelapan sejarah,q pling gak seneng dgn sejarah yg di gelapkan.tpi pak harto itu orang yang hebt bliau keras dan berani.(q bkannya gak berpihak,tpi ini hsil dari mandang kedua sisi).thx :)

  22. joyo mengatakan:

    SUHARTO MEMAMNG TIDAK DIPERHITUNGKAN OLEH PKI, KARENA MEMANG DIA TERMASUK DALANG DARI SEMUA PERISTIWA G 30 S PKI ITU.

  23. Santun mengatakan:

    Kalian semua yg memojokan aditya juga sok pinter sama aja, Jangan -jangan kalian adalah generasi yang lahir baru kemaren ya, jagan sok tau juga lah, saya lahir dari satu generasi transisi, dan apa yang kita penderitaan yg dirasakan sekarang adalah akibat kepemimpinan masa lalu, dan itu terus menerus, Camkan itu,

  24. Santun mengatakan:

    Yang kita butuhkan sekarang adalah pemipin yg bertangan besi tetapi amanah bukan sekear untuk kepentingan kelompoknya

  25. Abung mengatakan:

    Kalo mau belajar sejarah, kalo tau fakta asli ya udah ngak dinilai benar atau salah kejadian tsb, Itu adalah bentuk terjemahan seorang soeharto dalam mengambil kesempatan yang ada saat itu. Asal tau aja semua pemimpin Negara di dunia ini semua kelakuanya mirip pak Harto jadi Ngak usah MUnafik Ok.

    • tinokio13 mengatakan:

      betul thu mas abung,,,,,dulu sejarah emang dia(soeharto)yg buat,tp sekarang udah terkuak semua,demi kekuasaan dia rela membunuh dan menghabisi rakyatnya sendiri,yg tidak berdosa???apa itu yg harus dikorbankan untuk memimpin sesuatu,harus teman makan teman dan teman dijadikan kambing hitam demi kepentingan pribadi,,DI/TII pimpinan kartosuwirdjo jg difitnah abis2an,,padahal beliaulah(kartosuwirdjo)yg diutus dan diberi restu jendral soederman,untuk melawan belanda di jawa barat,habis itu dia difitnah dan dihukum mati,apakah itu pantas buat seseorang yg memperjuangkan RI dihukum mati,,,malah pendatang baru(soeharto)yg memimpin RI sampai 32 tahun dan dibodohi selama itu.

  26. Seno mengatakan:

    Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Sudah sepantasnya kita menghargai jasa-jasa orang terhadap kita. Kalaupun ada kesalahan-kesalahannya (dalam batas kewajaran), apa salahnya memaafkannya. Lagi pula belum tentu kita selalu benar. Bencana yang melanda bangsa Indonesia ini bukanlah salah pemimpin-pemimpin kita. Mari kita introspeksi diri. Ingatlah, suatu kaum yang senantiasa bermaksiyat akan ditimpakan bencana kepada mereka yang salah satunya berupa pemimmpin yang dzalim. Kalau kita memandang pemimpin kita dzalim, kita kembalikan lagi dosa apa yang telah kita perbuat. Jangan bertanya apa yang telah negara berikan kepada kita, tapi tanyakan apa yang telah kita berikan kepada negara kita.

  27. line up mengatakan:

    pada intinya dalang semua dibalik G 30 S adalah PKI, dengan berbagai cara PKI telah menghianati dan menyakiti bangsanya sndiri 2x. sedangkan di eropa partai nazi (komunis) sudah 1x berkhianat dan membunuh jutaan nyawa untuk kebijakannya. sehingga komunis di eropa dan di indonesia sama2 menjadi partai yang dilarang di negaranya.dan sekarang di indonesia PKI menggunakan berbagai cara untuk berusaha eksis kembali seperti menuntut rekonsiliasi,rehabilitasi, pelurusan sejarah (memutar balikkan fakta/sejarah) dengan didirikannya komisi kebenaran dan menempatkan dirinya sebagai korban ORBA bukan dalang G 30 S PKI. mereka mengaku beragama padahal dusta dengan terjadinya tragedi KANIGORO yang dipimpin oleh Suryadi yaitu pembantaian para kiai dan santrinya kemudian masuk kemasjid dan menginjak2 Al-Quran yang dianggapnya sebagai biang “Khudis” atau gatal gatal. pembantaian ratusan warga ulama di madiun-magetan desa Soco.PKI membantai jutaan nyawa yang telah dianggapnya tidak sepaham dengan ideologinya yaitu “Komunis” kemudian membantai seluruh anggota “Polri” di lapangan terbuka (peristiwa Banyuwangi).

    • Eko Supilo mengatakan:

      ya betul itu….di zaman kita ini PKI berusaha untuk hadir lagi..itu harus kita waspadai…kekejaman PKI ( Komunis ) tidak dapat kita tolerir atau kita maafkan.sudah sewajarnya Pak Harto membasmi PKI sampai ke akar – akarnya.

  28. stain mengatakan:

    bukannya mengarang ngarang tapi cobalah di cerna dan di perhatikan kemudian di ingat2. pada masa pemerintahan alm soeharto apakah banyak beredar maling copet jambret dan kerusuhan2 seperti yang sering terjadi sekarang ini? apakah ada pembunuhan2 dan pembantaian sadis seperti yang beredar di TV2 sekarang ini? tidak mas, karena alm soeharto mampu mengendalikan bangsanya dengan baik.dan perlu di ingat lagi pada masa pemerintahan alm soeharto, negara kita ini adalah salah satu negara yang paling disegani diasia tenggara dan paling disanjung oleh negara2 tetangga karena kebijakan dan keberanian alm soeharto dalam mengambil keputusan.kita ini kuat mas!! tapi coba sekarang kalian lihat setelah sepeninggalnya alm soeharto,bukannya aman adem ayem tetapi malah banyak sekali beredar pembunuhan,penculikan,maling,perampokan yang berani terang2an didepan publik.jaman alm soeharto itu tidak ada mas!!dan sekarang ini rata2 reformasinya sudah kebablasan sudah tidak sesuai jalur.demokrasi yang diperjuangkan malah dipakai alat untuk saling menggulingkan dan menghujat orang lain yang nota bene adalah saudara kita sendiri. HAM yang dikoar2kan sudah tidak berjalan sebagaimana mestinya, coba saya kasih contoh seorang tentara membunuh salah satu warganya itu sudah diteriaki HAM berat padahal itu tidak sengaja. tapi coba pikirkan lagi, seorang warga biasa dengan sengaja membunuh seorang tentara menggunakan senjata api tapi kok malah dibiarkan??! MANA SUARANYA YANG KATANYA ITU HAM!! MANA??!!KENAPA KALIAN SEMUA DIAM SAJA, DI TV TV PADA WAKTU ITU SERING DIPUTAR DAN MEDIA MASA SUDAH MENYEBAR TAPI KENAPA KALIAN SEMUA BUNGKAM????!!!!APA NYAWA SEORANG PRAJURIT YANG NOTA BENE BERJUANG DEMI NEGARA DAN BELUM TENTU SALAH TIDAK MEMILIKI HARGA?? HAM SUDAH MATI, TIDAK ADA GUNANYA BERDIRINYA KONTRAS DAN LSM2 HAM LAINNYA. SEMUA ITU ADALAH ALAT UNTUK MEMPERLEMAH KINERJA APARAT KITA. SEORANG SERDADU MENJADI PENENGAH KERUSUHAN TANPA DI BEKALI SENJATA TAPI GUGUR DI TUSUK GOLONGAN MASSA YANG ANARKIS (POSO), MANA TERIAKAN KALIAN BAHWA MASSA ITU PELANGGARAN HAM?? APAKAH SERDADU YANG GUGUR ITU DALAM MELAKSANAKAN TUGASNYA YANG TELAH MELAGGAR HAM?? MANA HATI NURANI KALIAN. ASTAGHFIRRULLAH…. ALLAH SWT MAHA MENDENGAR DAN MELIHAT, ALLAH TAHU SEGALANYA.DAN AMPUNI DOSA2KU DIMASA LALU AMIN…

    • masbejo mengatakan:

      setain berpikirlah yang matang mau di terangkan pun kamu nggak ngerti karena pikiranmu masih orde baru kalo boleh aku sarankan berpikir zaman orde lama lebih baik dari pada orde baru, kamu hanya di cekoki kepalsuan ,tuk memikirkan hidupmu sendiri bukan generasimu .itu pikiran orde baru setan ee setain,hari ini begini ,akibat 32 tahun pemerintahan soe harto,

  29. memek seret mengatakan:

    sapa mau memek

  30. soekarno mengatakan:

    sayalah soekarno

  31. nicko mengatakan:

    apakah anda mempunyai bukti ontentik bahwa suharto dalang PKI ????
    saya rasa apa yg dilakukan pak harto itu sudah sewajarnya. skrg kita nilai lebih enak mana hidup di era harto atao reformasi ???
    amin rais adalah pecundang negara !!!!!!!!!!!!!!

  32. nasionalis mengatakan:

    jangan mengusut masalah yg telah lalu . . . mari kita bangun negeri ini tanpa mencari siapa yg salah . .negara kita hampir hancur karna ulah rakyatnya sendiri. kalian harusnya sadar betapa indahnya indonesia saat pemerintahan pa harto. skg mana ?? indonesia semakin bobrok !!!!jika repelita masih terus berjalan dan selesai pada waktunya mungkin indonesialah yg menjadi macan asia. namun sekarang malaysia aja menginjak2 kita . . . mama rasa nasionalisme kalian ???jng menyalahkan suharto melulu !!!!! MERDEKA

  33. dani mengatakan:

    Suharto emang banyak jasanya utk pembangunan negeri ini, tp bukan berarti segala kejahatan kemanusiaan / pelanggaran HAM berat yang pernah dilakuin rezim Suharto bisa dilupain begitu aja. Rezim Suharto berkuasa di negeri ini selama 32 taun dgn bergelimang darah jutaan rakyatnya sendiri. Jutaan pendukung PKI dibantai setelah peristiwa G30S, belon lagi banyak peristiwa pelanggaran HAM berat laen (salah satu yang paling ‘fenomenal’ yang gw tau adalah peristiwa pembantaian di Tanjung Priok 1984). Semua itu dilakuin rezim Suharto atas dasar ‘stabilitas nasional’, yang ujung2nya cm untuk melanggengkan kekuasaannya.

    Masalah keberhasilan Suharto membangun negeri ini, toh pembangunan Indonesia selama 32 taun kepemimpinannya jg lebih banyak karena ditopang utang luar negeri yang luar biasa jumlahnya. Setelah suharto jatoh gara2 krisis moneter, apa yang beliau wariskan utk negara ini? Utang luar negeri yang besar. Sistem perekonomian kapitalis yang dikembangin rezim Suharto jg terbukti nggak bikin negara ini makmur & rakyatnya lebih sejahtera. Yang lebih parah, selama rezim Suharto berkuasa, udah gak keitung sumber daya alam Indonesia yang dikuras habis2an oleh perusahaan-perusahaan asing (baca: AS dan negara2 barat). Yang bisa dimanfaatkan dari sumber daya alam itu utk kesejahteraan rakyat Indonesia cuma sedikit.

    Gw bukannya mo ngungkit2 dosa Suharto di masa lalu. Poin gw adalah, kita juga gak boleh begitu aja ngelupain dosa2 rezim suharto di masa lalu, tujuannya ya supaya ke depan kita tidak mengulangi kesalahan/dosa yang sama.

    • Eko Supilo mengatakan:

      hai Bung,Membasmi PKI ( Komunis ) itu wajib hukumnya, kalau tidak dibantai PKI itu akan tumbuh terus dan bisa – bisa kita yang dibantai ama PKI ( Komunis ) cobaa bayangkan bung???
      Fakta emang menyatakan PKI itu biadap bukan Peristiwa G.30 S saja, tp dulu zaman itu daerah 2 banyak Masyarakat dan Kiyai , Uztad 2 Orang MOeslem yang dibunuh dibantai dan disiksa…itu Orang 2 tua dikampung Saya yang ceritakan…bukan sekedar cerita , masih ada bukti nya di tinggalkan.

  34. dani mengatakan:

    Tambahan dari gw:

    Untuk para keluarga korban kejahatan kemanusiaan / pelanggaran HAM berat oleh rezim Suharto:

    Suharto memang sudah tidak ada & dia boleh aja lolos dari pengadilan di dunia ini atas segala kejahatan kemanusiaan yang pernah dilakuin rezimnya selama berkuasa, tp percayalah dia akan mendapat pengadilan yang seadil-adilnya di akherat sana atas segala perbuatannya.

  35. ANTI PKI mengatakan:

    Yang penting PKI harus diberangus.gw bersyukur PKI telah diberantas,meski belum sampai keakar-akarnya.karena masih banyak laten komunis yang sewaktu-waktu bisa bangkit.Hati-hati aja sama laten komunis.mungkin kalau komunis ga diberantas mungkin saat ini gw ga akan lahir.cos cerita dari bokap gw,katanya waktu gw masih kecil bokap gw pernah diancam sama orang PKI.katanya kalau nanti PKI menang,bokap gw mo dibunuh karena bokap gw anak tentara.syukur alhamdulillah PKI telah diberantas.semoga tidak pernah bangkit lagi

  36. Donny Yanto mengatakan:

    Komentar kalau Suharto itu pahlawan pasti itu pasti dari generasi muda yang picik. Internet dipakai untuk baca dan cari informasi, bukan buat chatting, Jaman orde baru semua sumber berita diberangus, TVRI dikuasai, Radio Swasta dikuasai si Tutut, TV swasta punya anak dan kroninya, cuma orde baru yang bobrok itu bingung dengan teknologi internet, bagaimana cara memberangusnya, saya sendiri sangat menyukai informasi mengenai G30S ini, hanya untuk mecari kebenaran karena sudah sejak kecil otak sudah dijejali dengan CERITA KEBOHONGAN, 7 jendral yang diangkat menjadi pahlawan, dibuatkan patung, oleh orang yang justru dialah pembunuhnya, dengan kambing hitam PKI. Sudah berapa energi dihabiskan selama masa sekolah menghafal segala kebohongan, ikut P4, PSPB, sejarah Indonesia, masih ingat pertanyaan “Coba jelaskan istilah IPOLEKSOSBUDHANKAMNAS..!, REPELITA, Era Tinggal landas. Semua omong kosong, nyesel sudah hapalin segala omong kosong. Saya bukan PKI (belum lahir), tidak anti Suharto, bukan Komunis, tapi mencari kebenaran supaya kedepannya nanti tidak tertipu lagi.

  37. Donny Yanto mengatakan:

    CERITA KEBOHONGAN, 7 jendral yang diangkat menjadi pahlawan, dibuatkan patung, oleh orang yang justru dialah pembunuhnya, dengan kambing hitam PKI

  38. Donny Yanto mengatakan:

    CERITA KEBOHONGAN, 7 jendral yang diangkat menjadi pahlawan, dibuatkan patung, oleh orang yang justru pembunuhnya, dengan kambing hitam PKI

    • Suharyanto Denmas mengatakan:

      Janganlah membalik-balikan fakta. Kalo bicara yang masuk akal sajalah. Komunis sgt pandai bersilat lidah janganlah ditiru. PKI Sudah berkali-kali berulah (thn 1926, 1948, 1965, …..)masih tetap saja masih tetap saja dibela. Apa hendak berulah lagi? Ingat, Komunis di tempat nenek moyangnya (Uni Soviet) dan negara2 eropa timur sudah ambruk! Paham yang radikal itu berasal dari luar (Barat)janganlah dimasukan ke negeri kita, malah bikin polemik saja bahkan kaya mau perang saudara saja. Kita sbg bangsa timur (Jawa, dll)yang jauh dari ciri2 radikal cukup mempelajari dan menerapkan budaya/ paham yang sudah ada saja.

  39. ndra macho mengatakan:

    menurut saya soerhato patut di acukan jempol

  40. bimo mengatakan:

    Siapa bilang pak Harto dalang dari G30S PKI? apa punya bukti? di situ dijelaskan bahwa saat itu suharto belum terlalu dikenal oleh siapapun jadi otomatis pihak PKI tdk kenal beliau saat itu PKI juga tdk tau betapa hebatnya sang pahlawan (pak harto), Jika saat itu tak ada pak harto mungkin rakyat Indonesia menjadi negara komunis yang tidak mengenal tuhan, dan bayangkan saja saat beliau memimpin negri ini apa ada rakyat indonesia yang namanya kelaparan? kejahatan? pemerkosaan? perampokan? bahkan saat itu penjahat saja segan terhadap beliau, Amerika dan negara besar menhormati dan memandang tinggi bangsa Indonesia karena mempunyai pemimpin yang sangat tegas keras dan sumeh (murah senyum), walaupun dimasa kempemimpinanya beliau ada kesalahan itu wajar karena beliau juga manusia biasa yang tak luput dari dosa dan kesalahan. yang seharusnya sangat bejat dimata masyarakat itu bukan Pak Harto tapi yang bejat adalah kroni kroninya, kita ukur aja dech dari pada kita sesama anak bangsa mendebatkan masalah ini, sekarang dimasa kepemimpinan pak harto ada tindak korupsi TAPi Rakyatnya makmur sejahtera mudah mencari pekerjaan TIDAK ada yang namanya krisis sandang pangan! intinya RAKYAT MAKMUR SEJAHTARA, setelah sang jendral besar lengser di kepemimpinan selanjutnya smp sekarang ini juga ada yang namanya korupsi tapi apa yang terjadi rakyat susah bahkan cari pekerjaan susah krisis pangan banyak kejahatan, perampokan, pemerkosaan, penjahat dimana2, dan yang lebih parah bangsa kita sangat rendah dimata dunia. dari kutipan diatas silahkan anda merenungkan betapa sangat berjasa Bapak pembangunan kita, seharusnya kita bangga pernah mempunyai pemimpin yangbisa mensejahterakan rakyatnya. saya salut dan semoga amal ibadahnya diterima dan diampuni segala dosa2 nya, ISTIRAHATLAH DENGAN TENANG WAHAI GURU BANGSAKU JASA JASA MU AKAN KAMI KENANG SELAMANYA.

    • tinokio13 mengatakan:

      Tapi siapa yg akan bayar utang indonesia segitu banyaknya??????????bener kehidupan rakyak makmur sentosa,,,,,,,tp imbasnya kita2ini???yg akan nanggung semua,,,,sekarang waktunya kita bayar semua nya???contoh orang habis mabuk2an,setelah mabuk pasti bayar khan??????sama kyak jaman dahulu sehabis enak bayar kemudian???

    • thoyo mengatakan:

      Amerika menghormati kita karena emas kita di freeport disikat ama mereka, yg jelas mereka lebih segan terhadap kita disaat era soekarno , dan kita menjadi kacun mereka di era soeharto .. Najis amat jadi kacung amerika cs

  41. bonny cipta mengatakan:

    mr.bonds berkata;
    desember 11-12-2008

    siapa bilang bpk.soeharto itu sangat kejam n’ sangat diktator,yg saya tau soeharto itu adalah pahlawan pembangunan di segala bidang antara lain; pertanian,pembangunan di sektor perikanan,pembangunan kota yg sangat cepat juga di pedesaan. haruskah kita sangat membenci bpk.pembangunan tersebut???? Andai tidak ada BPK.PEMBANGUNAN mungkinkah kita sebagai generasi muda akan maju??? kalau mau kasih saran n’masukan jangan seenak nya dewek…pikir dulu, kalau gak ada SOEHARTO sampean bisa liat dunia gak….mas ADITYA!!!!!!!!!

    • masbejo mengatakan:

      ya ,bisa,dong bonny ,karena allah telah mentakdirkan aku ,jadi manusia,bukan soeharto yang mentakdirkan aku lahir, bodoh,ya cuma,mungkin lebih baik lagi kalau nggak ada soeharto,memimpin negri ini selama 32 tahun,dan mungkin selam 32 tahun itu kalo bukan soeharto pemimpinya ,indonesia ini sudah ,seperti korea ,jepang atu ,china, sayang? bahkan mungkin malah lebih hebat.

  42. cuci otak mengatakan:

    Soeharto adalah Pahlawan . . . . Pahlawan Apa dulu ………………….. ????????????????
    Tetangga saya juga pahlawan dia sudah menyelamatkan seekor tikus dari gigitan kucing.

  43. andre mengatakan:

    kita harusnya bertrimakasi sama pak Harto,dia sangat berjasa untuk bangsa ini.
    bukannya ikut-ikutan memfitnah dia,buktinya slama dia adi priseden kita aman-aman aja tu g kaya skarang ,miskin,susah dapat kerja dan cuma jdi pengemis ma negara lain

    slamat jalan jenderal besar, Kau akan slalu ada di hati kami

  44. ulil mengatakan:

    SOEHARTO >>>> ada yg pro dan ada yg kontra, kenapa sih?????
    Demokrasi >>>>> Sudah tercapaikah demokrasi? Yang seperti apa? (Gerakan mahasiswa, orasi – orasi, atau hanya sekedar ikut teriak2 doang dijalanan) mana buktinya
    buat mas adhitya yg pertama kali koment diatas wah bener2 salut gua sama koment lu yg bisanya cuma nyalahin Mbah Harto, hati2 lo mas ntu aja dah banyak yg ngomentarin sampean lo, ya emang sih ada juga yg ngebelain ente tapi gua rasa ntu orang2 yg ngebelain ente juga sama aja seperti ente GAK PUNYA RASA TERIMA KASIH DAN GAK BISA NGEHARGAIN JASA DAN PENGORBANAN ORANG LAIN apa lagi pengorbanan dan jasa Nya itu untuk negara tercinta ini yang hasilnya juga kalian nikmatin
    wah wah wah parah lu cuy.
    Udah gitu ente abis komen dah g muncul lagi, kenapa? karna banyak yg nentang komen ente? jgn takut dan jgn jadi penakut hadapi mereka dan buktikan pernyataan anda bisa dipertanggung jawabkan, sekalian dah sama yg ngebelain mas adhitya di blog ini, gua tunggu koment2 berikutnya soal Pak Harto dan demokrasi kucinggarong kebanggaan sebagian bangsa ini (sori gak termasuk gua)
    WASSALAM……..

    • masbejo mengatakan:

      ulil kamu itu masih kecil nak nggak nutut memakai pikiran aditya itu kelasmu itu masih pemikiran yang lugu dan nyata yang dapat kamu lihat dengan mata kepalamu sendiri saja ,jadi pikiranmu ,itu belum nyapai berpikir politik yang ber belit2 zaman soeharto , saya rasa aditya itu nggak takut, cuma merasa ,nggak ada yang sepadan pola pikirnya dengan dia,kaya kamu itu ,uli masih mentah pikiranya dan kurang luas pengalaman lah?jadi percuma, gitu loo?

    • thiyo mengatakan:

      contoh korban orba yg bobrok… pengorbanan apanya ? yang lair taun 19xx an seneng. sementara yang anak-anaknya cuma ditinggali ampasnya doang, mikir dong !

      • masumantriboszlenz mengatakan:

        soeharto itu emang banyak salah, tapi dia juga banyak jasa. Jadi, silahkan caci maki karena kesalahannya, tapi jangan lupa berterima kasih atas jasa-jasanya. Menurut saya, PKI dan orang bodoh yang ditipu PKI-lah yang coba membalikkan sejarah bahwa suharto itu dalangnya. soeharto itu, tidak punya catatan sejarah sebagai komunis. Dia itu nasionalis. Saya coba objektif dalam hal ini. Namun, dia juga punya kesalahan karena mewarisi sistem korupsi yang kuat. Tapi, dengan adanya reformasi, malah membuat korupsi berpindah tempat (menyebar) dari sentralisasi korupsi menjadi desentralisasi korupsi. sekarang korupsi di daerah gila-gilaan loh. Dulu DPR tidak separah sekarang, sekrang DPR jadi sarang koruptor. Masih bangga dengan produk reformasi seperti ini? BERHENTI menyalahkan siapa2. sekarang mau dibawa negeri ini, ITU YANG DIPIKIRKAN

  45. ulil mengatakan:

    Demokrasi kok sampe mati
    Demokrasi kok sampe menelan korban jiwa
    Demokrasi kok sekedar teriak2 dijalanan
    Demokrasi kok malah banyak kerusuhan di mana2

    Era Soeharto >>>>>> Banyaknya hutang luar negeri tapi keutuhan negara pasti
    Era presiden Setelah Soeharto >>>> kok malah kehilangan pulau yg merupakan suatu keutuhan NKRI, Kok malatambah banyak kerusuhan, kok malah tambah mahal, walaupun hutang luar negeri sudah bisa diatasi

    Semoga aja Rakyat bisa memilih pemimpin negara ini dengan benar dan dengan pemikiran yang tepat, bukan karena keindahan lambang partai atau pelicin2 yang diberikan partai (emang oli pelicin).
    Semoga Pemimpin negara saat ini bisa lebih baik dari sebelum nya, namun bukan berarti yang lalu2 tidak baik tapi bagaimana meningkatkan kejayaan INDONESIA dimata dunia, dan bukan menyalahkan kepemimpinan terdahulu.
    Marilah kita sebagai anak bangsa sama2 membangun negeri ini dengan pemikiran2 yang handal (asal pendidikan gak mahal aja biar semua bisa pinter) tanpa menggunakan kekerasan dan sok demokrasi yang gak jelas maksudnya (demokrasi kucinggarong)

    • masbejo mengatakan:

      korban pemerintahan zaman seoharto itu sebenarnya malah banyak ulil cuma masa itu tertutup selain berita masih jarang setiap berita yang miring dan mengancam pemerintahandi sekat dan liputan midia masih dalam batas batas tertentu berbeda jauh dengan sekarang di rimba papua pun pasti sampai di jakarta.sebenar pembangunan masa soeharto itu hanya di sebatas jakarta jawa dan sekitarnya saja.gitu orang mengatakan bapak pembangunan. lucukan?

  46. assasins mengatakan:

    ingat dosa dosa kerusuhan mei siapa yang mau tanggung???????????

  47. cangcut merah mengatakan:

    Tuhan sudah menghukum sesuai perbuatannya, sekarang buktinya anak cucu menanggung aib kan

  48. eks tapol mengatakan:

    saya babak belur di penjara sedangkan soharto dan ank anaknya 35 tahun menjadi orang super kaya,
    neraka sudah siap menanti kalian soeharto dan family, tenang ajaa setan neraka doyan makan daging orang jahat seperti kalian

  49. nurul mengatakan:

    kalau ada yang bilang pak harto berjasa memeng benar.tp dia berjasa buat dirinya sendiri ya buat ngumpulin duit . tp yo wes ben lah wong orangnya udah modar rasah dibahas meneh .sekarang bantai aja koruptor2 biar negara kita makin maju

  50. soekarno mengatakan:

    kalao tau saya mau dilengserkan dari jabatan saya lebih baik dulu saya tidak berjung buat negara ini.biar kita tidak merdeka dan saya yakin wajah kita2 sekarang ganteng2 minimal mirip david beckham ngak kayak kamu2 yang pro asuharto

    • masbejo mengatakan:

      cocok aku juga pro soekarno mas
      kenapa para bapak pendiri bangsa itu ada kalo hanya untuk kemakmuran soeharto dan kroninya sehingga yang besar itu bukan indonesia tapi hanya orde baru bukan rakyat indonesia seperti cita cita beliau ,semua seolah olah tertutup oleh orde baru,seolah olah pendiri indonesia ini soeharto .

      • thiyo mengatakan:

        stuju mas , jaya soekarno !
        soekarno lebih banyak kontribusinya kepada RI di mata dunia daripada Soeharto
        , di era soekarno, indonesia jadi leader negara negara non blok ..
        sementara di era soeharto, soekarno dikurung dan kita jadi budaknya blok barat .
        nasib.

  51. maruyo mengatakan:

    Bagi yang anti soeharto,lebih baik tinggal dihutan aje karena segala sesuatu saat ini merupakan produk orde baru

  52. malaikat mengatakan:

    g usah ributt hii….penghuni bumi mereka{suekarno sama asuharto} sudah ketemu di neraka jadi kita yg masih hidup harus rukunn…

  53. m'boy pagasta mengatakan:

    dasar kalian anak kemarin soree gak tau apa2 coba kalian menjadi pak harto….mikirin rakyat yang gak makan, beliaulebih baik di cap jelek daripada melihat rakyat sengsara, cuiiih itu yang namanya adithya sok pinter, dulu waktu pak harto menjabat gakada tuh yang namanya demonstrasi yang bikin rusak fasilitas, saya yang ngerasaiin loe semua kagak pernahkan ngerasaiin gimana rasanya,,sakiit, takut, cemas, satu lagi bagaimanapun zaman pak herto dan yang sekarang jauh berbeda………..

  54. […] jelasan sejarah adalah informasi yang didapat dari situs internet tentang Soeharto dan G30S PKI(Antara Soeharto dan G30S PKI) tidak begitu dapat dipercaya karena saya mendapat informasi dari situs lain(Soeharto dan […]

  55. Lilla banguna mengatakan:

    walau bagaimanapun. Sukarno dan Suharto pernah berjasa bagi negara ini, jangan jasa dan dosa disatukan. yang permata tetap permata, di suatu sisi keduanya adalah manusia yang tidak lepas dari suatu kesilapan ataupun dosa, mereka bukan malaikat. sedangkan malaikat aja pernah berbuat dosa, yaitu malaikat Harut dan Marut yang hidup setelah nabi Sulaiman di daerah Babil, keduanya rela mabuk dan membunuh demi memperebutkan puteri Zuhrah. apalah lagi seorang Sukarno dan Suharto yang yang notebene nya adalah manusia yang biasa dan tidak sempurna, keduanya sekarang telah tiada dengan meninggalkan ukiran sejarah baik yang manis maupun pahit. tinggal lah sekarang pemimpin-pemimpin baru yang harus menjadikan kisah Sukarno dan Suharto sebagai pedoman, jangan sampai kesalahan sejarah terulang ke sekian kali karena hanya keledai dungu saja yang selalu jatuh ke dalam lubang yang sama

  56. Sovie Imoet mengatakan:

    waduh..pak harto emaNG PKI..

  57. codot mengatakan:

    org yg anti pak harto orang tolol goblog begooo!!! ga tau trima kasih….ga tau sejarah !!!! tanya bapak lo!!! biar lo tau siapa pak harto !!!!jgn tanya penghianat negara!!! yg bisa cuma komentar, provokasi , adu domba, ngerusak negara!!! bego dipiara

  58. bapaknya codot mengatakan:

    codot anakku…. ga pakek ngotot ya nak, suharto itu mafia berdarah dingin nak…. klo ngomong hati2 anakku. untung skr di era sby, klo masih era suharto,qt ngomong kliru bisa2 di ciduk ama koramil nak. klo codot d tahan d koramil bapak jg kan yg susah. untuk nebus masak mau jual sawah anakku. udah d rmh aja jangan ngomong yang macem2…. ya…

    • Bapak dari Bapak Nya Codot mengatakan:

      Hai anak ku, cucu betul, Pak Harto sangat berjasa kepada Negara ini, kalau tidak karena jasa beliau,komunis pasti tumbuh di negara kita dan mungkinnya kita jd bangasa yg tidak ber Tuhan, tidak beragama. ngerti kamu nak. jd Cucu itu betul… kamu yg goblok bisanya nyalahin aja.

  59. cakrawala mengatakan:

    ya….kita bersyukur,kita teruskan demi bangsa kita.untuk saat ini kita hanya pandai berkomentar saja.dimana2 adanya komentar.tapi tidak bisa diujutkan dengan nyata.makanya jual cocot lebih murah dari pada jual kentut.dari jual cocot kita tidak kenal sopan santun,tatakrama,berpikiran picik,tidak kenal dosa,kalau kita sebenarnya orang yang beradap.kalau kita tahu Refosmasi seperti ini,kita adalah gagal,….?kita ber Agama paham PKI tidak cocok dengan Bangsa kita.tapi idiologinya masih bercokol dipikiran generasi-generasi kita,kasihan kita tak akan bisa maju……./?semoga Pak Karno,pak harto hanya Allah yang tahu,Mereka sebagian perjalanan Bangsa kita.kita Doakan diterima disisi Allah termasuk pejuang2 lain bangsa kita.selama 32 th aman2 saja.sekarang kita kena cobaan berapa ratus juta rakyat meninggal ratusan juta men?ini adalah azab dari Allh buat kita.untung yang kena sunami tidak kalian22…..kita bersukhur doong,..?

  60. cakrawala mengatakan:

    ya….kita bersyukur,kita teruskan demi bangsa kita.untuk saat ini kita hanya pandai berkomentar saja.dimana2 adanya komentar.tapi tidak bisa diujutkan dengan nyata.makanya jual cocot lebih murah dari pada jual kentut.dari jual cocot kita tidak kenal sopan santun,tatakrama,berpikiran picik,tidak kenal dosa,kalau kita sebenarnya orang yang beradap.kalau kita tahu Refosmasi seperti ini,kita adalah gagal,….?kita ber Agama paham PKI tidak cocok dengan Bangsa kita.tapi idiologinya masih bercokol dipikiran generasi-generasi kita,kasihan kita tak akan bisa maju……./?semoga Pak Karno,pak harto hanya Allah yang tahu,Mereka sebagian perjalanan Bangsa kita.kita Doakan diterima disisi Allah termasuk pejuang2 lain bangsa kita.selama 32 th aman2 saja.sekarang kita kena cobaan berapa ratus juta rakyat meninggal ratusan juta men?ini adalah azab dari Allh buat kita.yang mati kena bencana selama reformasi.untung yang kena sunami tidak kalian22…..kita bersukhur doong,..?

  61. cakrawala mengatakan:

    ya….kita bersyukur,kita teruskan demi bangsa kita.untuk saat ini kita hanya pandai berkomentar saja.dimana2 adanya komentar.tapi tidak bisa diujutkan dengan nyata.makanya jual cocot lebih murah dari pada jual kentut.dari jual cocot kita tidak kenal sopan santun,tatakrama,berpikiran picik,tidak kenal dosa,kalau kita sebenarnya orang yang beradap.kalau kita tahu Refosmasi seperti ini,kita adalah gagal,….?kita ber Agama paham PKI tidak cocok dengan Bangsa kita.tapi idiologinya masih bercokol dipikiran generasi-generasi kita,kasihan kita tak akan bisa maju……./?semoga Pak Karno,pak harto hanya Allah yang tahu,Mereka sebagian perjalanan Bangsa kita.kita Doakan diterima disisi Allah termasuk pejuang2 lain bangsa kita.selama 32 th aman2 saja.sekarang kita kena cobaan berapa ratus juta saudara kita meninggal puluhan juta men?ini adalah azab dari Allh buat kita,yang mati kena bencana selama reformasi.untung yang kena sunami tidak kalian22…..kita bersukhur doong,..?

  62. cakrawala mengatakan:

    ya….kita bersyukur,kita teruskan demi bangsa kita.untuk saat ini kita hanya pandai berkomentar saja.dimana2 adanya komentar.tapi tidak bisa diujutkan dengan nyata.makanya jual cocot lebih murah dari pada jual kentut.dari jual cocot kita tidak kenal sopan santun,tatakrama,berpikiran picik,tidak kenal dosa,kalau kita sebenarnya orang yang beradap.kalau kita tahu Refosmasi seperti ini,kita adalah gagal,….?kita ber Agama paham PKI tidak cocok dengan Bangsa kita.tapi idiologinya masih bercokol dipikiran generasi-generasi kita,kasihan kita tak akan bisa maju……./?semoga Pak Karno,pak harto hanya Allah yang tahu,Mereka sebagian perjalanan Bangsa kita.kita Doakan diterima disisi Allah termasuk pejuang2 lain bangsa kita.selama 32 th aman2 saja.sekarang kita kena cobaan berapa ratus juta saudara kita meninggal puluhan juta men?ini adalah azab dari Allah buat kita,yang mati kena bencana selama reformasi.untung yang kena sunami tidak kalian22…..kita bersukhur doong,..?

  63. ANTI PKI mengatakan:

    POKOKE SUHARTO TU PKI!!!

  64. Sykes mengatakan:

    yang saya tau, soeharto walau uddah jadi pahlawan dalam G30S/PKI, adalah salah satu diktator yang gak beradab, gimana enggak, pegawai negeri harus milih dia…
    mana demokrasi?

  65. noname mengatakan:

    entah suharto itu dalang pki apa ga, tapi dia bertanggung jawab mengaburkan sejarah. mana naskah supersemar yg asli? mana bukti kalo presiden sukarno yg dalangin tu pemberontakan ato dukung tu pemberontakan pki? aneh aja masa pres. sukarno dukung pemberontakan g/30/s/pki atas dirinya sendiri….. anehhhhh. bunuhin jendral2nya, buat apa? apa untungnya? pki juga partai yg bukan mayoritas saat itu, ngap dia berontak apa modal dia. dan pemberontakannya cepet amat dipadamin kaya ga terencana dgn baik. jasa pak harto emg banyak tapi yg salah tetep salah yg bener tetep bener. apalagi kaya istrinya ibu tien kok bisa2nya diangkat jadi pahlawan? jasanya apa sih. istri pak karno banyak yg berjuang buat bangsa ini dari ibu inggit yg banyak mendukung perjuangan sampe ibu fatmawati yg jahit bendera dan pastinya ikut terlibat persiapan proklamasi. ga tau sih tapi kesannya kkn kuat banget di jaman pak harto dan gw sedih sejarah kita kabur.

  66. noname mengatakan:

    selain itu nih, kita2 bisa aja hepi karena kita di jaman dia lumayan aman karena kita ga macem2. tapi gmn orang ga berdosa yg ikut mati pas jaman penumpasan pki dl? yg anggota pki aja blm tentu bnr2 ngerti politik apalagi orang2 awam yg tiba2 dituduh pki dan dibunuh. saya tau banyak orang2 yg mati dan keluarga yg trauma karena pki sehingga menutup diri terhadap lingkungan. jaman dulu katanya tinggal diteriakin pki udah cukup buat kita mati tanpa bukti2. kita harus belajar dari sejarah supaya ga berulang.

  67. hartono mengatakan:

    SOEHARTO MEMANG GEMBONG PKI YG SEBENARNYA

  68. Rin mengatakan:

    Saya lihat komentar-komentar di sini pengen ketawa. Ada yang kayaknya tahu banget soal sejarah, ada yang emang bener-bener tahu, ada juga yang nyolot. Lucu, deh. Apa orang Indonesia baru ketemu internet, ya?

    Sesuatu itu ‘kan mesti ada sisi baik sama buruknya, jadi wajar kalau ada yang bilang Soeharto pahlawan, juga ada yang bilang Soeharto itu penjahat. Sejarah bagi tiap orang juga tidak sama, makanya lebih baik kita saling menghormati pendapat masing-masing.

    Kalau menurut saya pribadi, Pak Harto memang raja yang membangun kerajaannya dengan cara yang misterius. For me, it seems that he’s on the way of ‘New World Order’. Semua ini sebuah lingkaran besar, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

    Satu hal lagi yang ingin saya katakan pada mereka yang marah-marah pada komentar orang lain atau bicara macam-macam… tolong belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar dulu, baru setelah itu komentar macam-macam. Tanda baca, huruf besar, huruf kecil… apa tidak pernah diajari di SD? Kalau tulisannya saja kacau begitu, siapa yang mau percaya sama omongannya?

    • masbejo mengatakan:

      rin kamu kamu sendiri juga anggak bisa menghargai bahasa indonesia dengan baik kamu juga termasuk orang munafik kamu tulisamnu untuk siapa orang indonesia apa orang inggris pakailah bahasa indonesia jangan kamu campur bahasa asing goblok, aku juga mau ketawa mbaca tulisan ,pura pura dewasa ,eee ternya mutunya anak anak hahaha lucu ahh

  69. sudahlah mengatakan:

    hadist mengatakan:jangan ngomong-ngomongin jelek/nggrendengi orang2 yang sudah meninggal dunia.sungguh dosa yang gak terampuni itu.

  70. joen mengatakan:

    kalian semua tau apa tentng pa harto!!!!!cb pkr2 lg dia yang membangun bangsa ini dari implasi setelah supersemar..wajar seorang pemimpin yang memimpin bangsa selama 32thn menjadi orang yang kaya,kalo baru 5tahun baru itu jelas2 korupsi.pokoknya pa harto itu pahlawan..yang gak suka berarti PKI

    • masbejo mengatakan:

      joen kamu ternyata tolol juga ya ,mungkin kamu nggak merasa di bohongi ama soeharto karena mungkin bapakmu juga ambil perana dalam korupsi di masa orde baru ,kalo kamu sekarang kaya ,kekayaanmu mungkin juga warisan korup kali.indonesia jadi kayak gini ini akibat dari pemerintahan soeharto goblok. karena ,selama pemerintahannya 32 tahun banyak melindungi tukus kurupsi ,mungkin termasuk bapakmu joen. ha ha ha

      • Bapak Nya Bejo mengatakan:

        Hai Bejo anak ku, kamu jngn sok tahu lah, tentang Pak Harto, apakah kamu mau PKI merajarela di Bumi Indonesia ini, apakah kamu mau melihat banyak orang yg dibantai PKI,jadi jangan asal nyalahkan Pak Harto, Bejo apakah kamu gak ngerasakan zaman Pak Harto lebih enak hidup, dari pada zaman sekarang. coba dong rasakan pikirkan. pye toh sampaian.

      • bapaknya bapaknya bejo mengatakan:

        Hai anakku.
        janganlah kamu asal nyocot aja karena dijamanmu hidup enak.
        Tapi sadarkah kamu dibalik nikmat hidupmu itu tersimpan hutang dan kesengsaraan bagi cicit cicitku nanti?

  71. jadul mengatakan:

    Koq yg ga suka sama pak harto dibilang PKI?.Berarti saya PKI dong?.
    Siapapun yang jadi menteri , presiden dll, kalo sistemnya tidak didasari kepada dasar yang benar, ya seperti sekarang negara kita ini.
    Pejabatnya banyak yang menjadi khianat, merasa benar,merasa paling penting ( contoh dijalan saja kita disuruh minggir dan berhenti sementara dia lewat duluan ). Emang jalanan punya Engkong loe?…

  72. markamah mengatakan:

    pki atau tidak yang jelas era suharto menelorkan korupsi tak bisa di pungkiri akhirnya bangsa kita mudah dikibiri sama luar negeri

  73. masbejo mengatakan:

    otak kamu blom jauh semua wawasanmu kecil ternyata sebab akan di ikuti akibat aku ajarin kamu dengar dan cam kan dalam otakmu wahai putra putri indonesia agar kamu tidak di katakan bangsa melempem tolol . bodon ,bangsa tempe.

    • Bapak Nya Bejo mengatakan:

      Bejo kamu diam aja deh, sok tahu…anak baru gede …udah sok tahu…baru lahir kemaren sore , udah komentar yg macam 2 deh. dasar anak ingusan.

  74. masbejo mengatakan:

    akibat hancurnya ekonomi indonesia ini di sebabkan masa pemerintahan orde baru goblok
    kebijakan kebijakan pemerintah orde baru lah, yang menggeroggoti kekayaan indonesia.

  75. Jabon mengatakan:

    sebenarnya yang benar yang mana ya…?

  76. darul amanah mengatakan:

    salam kenal saja dari saya darul amanah

  77. INGATLAH mengatakan:

    Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai Jasa Para Pahlawannya…kita jangan cuma pandai ngomong doank, lebih besar Jasa dari Kesalahan, ya namanya Manusia yang pasti punya kesalahan, tp jangan pandang Orang dari Kesalahan, apa lagi buat generasi baru, jangan bisa hanya menyalahkan..Semua Manusia punya dosa dan kesalahan, jangan merasa kita yang paling benar,lihat dulu dosa dan kesalahan kita, apa yang telah kita perbuat, buat Negeri dan Bangsa ini. jadi Hargai lah Orang telah berbuat banyak buat Negeri ini dengan Jiwa Raga, pikiran dan tenaga jadi hargai itu, jadi Pemimpin itu bukan Mereka itu senang tapi banyak yang mereka kerjakan dan korbankan jadi INGATLAH Itu.

  78. Dani mengatakan:

    Oke lah Soeharto Pahlawan waktu itu…thanks Pa Harto qt2 bisa idup tanpa Paham Komunis d Negara ini…tapi napa seh Lo Korup duit pinjeman buat ngebangun INDO??? knapa??? jawabannya ya anak2nya Beliau yang GOBLOX2…apa susahnya coba klo qt SITA za smua harta kluarga Kencana??? takut ma MAFIA Kencana ya?? hahaha…parah…and yg gw ga suka beliau tu Boneka nya CIA…mengerikan…d balik smua ni tuh ya CIA..napa? Amerika takut ma Bapa Gue…Papah Karno…jelas2 mnentang Amerika ma Soviet jg…NON BLOK CUYzZzz…bnyak negara2 yg Merdeka karna BUNG KARNO…truz taon 97 dah bagus waktu itu pa Harto d ganti ma BJ. Habibie…Dollar turun…eh dasar MAHASISWA TOLOL…malah d suruh lengser lagi gara2 Timor Timur doank…pdhal kputusan tepat itu…lambat laun TT bklan lepas dari INDO…mending d lepas sgera drpd sia2 banyak mnumpahkan darah TNI…lagian ada masukan Duit k INDO??? kagak cuyzZz…truz Habibie skarang d luar Negri napa??? krna d INDO di ancem…takut dia ma MAFIA Kencana…TAE DAZAR antek2 Soeharto…haduh…kapan ya Negara ni d pimpin ma Pmimpin yg kaya Soekarno atow Habibie…huft…coba klo gaji Presiden/MPR/DPR UMR geto??? gmn??? pasti PARTAI pada bUb4r dah….huahahahahah….ANYING2 KAPITALIZ….Enyah kau dari muka BUMI…LoL…gw harap NEGARA ni jadi KERAJAAN….!!!…kputusan yg TEPAT mnurut GW…!!!…yg ga dukung = TOLOL banget dah!!!…napa?? Lo Pikir za ndili…Negara ne dah kacau cuyzZz…Negara DEMOCRAZY…bner dah CRAZY BANGET DAH…Negara ni butuh 1 pemimpin yang bisa benahin smua…NEGARA INI MAJU klo PEMIMPINNYA bner and ga cuman mimpin 10 tahun doank truz ganti…gakan BNER…!!!…INGA…ga da NEGARA yang bisa MAKMUR dalam 10 tahun kaya INDO skarang INI…ga da TOLOL…jadi jangan brfikir TOLOL..ASOLE…LoL!!!..,.yu ah….mari dukung Pemimpin yang Cerdas…inga bukan yang Cerdik….CERDIK = MALING…!!!

  79. DODOL mengatakan:

    klen smua anjnik liat apa yg klen lakukan pada org chinese. klen diskriminasi kan padahal apa salah org chinnese. loe liat utang luar negri soeharto numpuk gt banyak ampek kita sengsara skarang. mang pa bukti kuat klo pasti PKi yg buat tu kejadian napa gk d usut, gk ada sidang ataupun yg laen ny, napa???
    loe bil PKI suka bunuh org mang pa bedanya klen ma mereka pasca jatuhnya ordebaru?? . banyak warga chinnese d perkosa, d bunuh, d jarah, apa salah mereka.
    klen sama ja ma PKi juga kn. napa tidak d bunuh aja klen mayat nya d anyutin d sungai kek PKI hah.
    apa dlama agama klen boleh diskriminasikan suku laen,
    klo memang iya udah rendah amat agama klen.
    soekarno d tahan ama soeharto apa alasan ny. soeharti pas sakit d rawat pake fasilitas terbaik, pas soekarno sakit klen pikir soeharto kasi perawatan kesehatan kek mana, wa denger dari karon dlu menagatakan, soekarno d rawat dengan fasilitas org miskin kejam gk itu loe bil.SKARANG GW MO NANYAK PASCA JATUH NY ORDE BARU BANAYK AMAT WARGA CHINESE MATI DPERKOSA D JARAH, PARAH PELAKUNYA KNA BANYAK NAPA GK D BUNUH JA SMUA KEK SOEHARTO BUNUH PKI KN GK SMUA ORG PKI IKUT BUNUH TP KNAPA SMUA KN HUKUMAN MATI, JADI SEHARUS NYA KLEN SMUA D MATIIN JA KAN???

    • Damien mengatakan:

      setuju bang. sana orang yang g terima, USUT dulu tuh tali yang gak jelas kelilit kayak gimana. asalnya aja g jelas dari mana.

  80. DODOL mengatakan:

    N wa stuju amat ma DANI, pada jama soeharto bayank mat smua org dlm pemerintahan ny yg lulusan dr amrik. pasti nya ada tuh.N soeharto udah banyak jual smua aset negara kita, liat ja tambang emas d papua , blum lg pertambangan minyak kita smua d pegang ma org eropa, klo soeharto hebat napa bs oon + bloon gt dia.
    yg ada ny org eropa pada takut pas soekarno mo ganyang malaysia, malaysia kn boneka ny inggris.
    alasan napa soekarno mo ganyang malaysia karna malaysia d duga kuat d bangun untuk merusak tanah air kita, ganggu kedamaian kita. lia tu skarang malaysai mulai beraksi kn, klo skarang mo ganyang malaysia dah terlambat cok, isap jempol ja bs ny ,liat tanah ibu pertiwi kita d ambil ma mereka.
    mo perng udah kalah senjata kita, mo jalur hukum lewt PBB gk bs malaysia d dukung ma inggris, klo lawan inggris harus lawan amrik cok. liat tuh amerika negara rakus yg loe banggain ternyata setan.
    klen bil negara cina sbangai negara yg rendahan karna PKI asal ny sana. liat Cina gk pernah menjajah negara2 kecil cok gk kek amerika presiden ny Obama sama aja
    lepas Irak jajah yg laen lg apa ny yg damai. Obama loe bangga2 in kek idola sama ja gk bs apa2 tu org.
    napa harus kerja sama ma amerika padahal indonesia slalu d rugi kn. Cina mo investasi ke indonesia loe TOLAK oon klen smua, mentang kami makan babi yg d agama loe gk boleh loe jauhi kami.
    klen ja makan hewan yg hidup d dua alam, d air ma d darat napa gk haram wa tau tu kan haram hukum ny contoh kepiting.
    laki2 ma perempuan yg gk terikat pernikahan kn gk boleh peganggan tangan kn hukum ny haram napa loe lakuin. klen cman tau haramin babi aja, biar bs bil kami ” ih makan babi haram ” tu ja yg loe slalu sebutin. kn agama wa gk ngelarangin, kepercayana ku adalah yg terbaik buat ku N kepercayaan mu yg terbaik buat ku mari kita saling menjaga.
    kami agama chinnese gk pernah buat masalah ke kalian napa klen harus buat masalah ke kami???
    padahal dlm pepatah agama klen ada yg menyebut kn ” tuntut lah ilmu sampai ke negeri cina ” tp loe malu sebutin ny.
    Nabi Muhammad SAW memiliki bnayk istri karna ia ingin menolong para janda tua agar mereka punya harga diri d masyarakat tp klen punya bnayk istri buat nafsu setan klen, istri bukan ny janda tua tp gadis muda smua. itu namanya baek. wa gk pernah ragu kn kebaikan ajaran agama klen tp gw lebih percaya agam gw. agama klen puna aturan yg sangat baek tp org2 ny setan smua

  81. mbah_harto mengatakan:

    orang-orang yg menyalahkan Pak harto itu g ngrti apa-apa!!!

    bisanya cuma mencaci maki orang saja!!!

    liat sekarang demokrasi yg diinginkan para mahasiswa goblok,,hasilnya y demokrasi yg goblok n kebablasan…!!!

    • Damien mengatakan:

      heh, lo mikir dulu. pikiran lu belum tentu bener. orang lain juga belum tentu bener. yang kita tau fakta! tuh liat tuh fakta! berita juga. atau jgn” g pernah ngeliat berita ya? wah3. sana balik ke sd dulu. berita aja g tau apa. apalagi fakta! yang namanya cuman percaya dan hanya isu itu hanya 50% benar. kalo berita dan fakta, nah! itu baru 100% benar.

  82. mbah_harto mengatakan:

    kamu ae yg jadi presiden dan,,ntar kalo salah biar ditembak m rakyat indonesia,,hahaha…
    orang kok bisanya mencaci maki ae???!!!

    mank kamu ngrti Pak harto yg korup,bkn kroni-kroninya???!

    makan bangku kuliah g???!!!

    kerajaan???
    mau jadi primitif lagi,hwkwkwkwkwkwkwkw…..

  83. mbah_harto mengatakan:

    jo,,bejo…
    ngomong itu ditata dulu,,gak pernah ngenal bangku sekolah ta???
    wiz kamu jadi presiden juga sama kayak dani ta???
    coba rasain jadi presiden gimana,,susah atau gak?

  84. dexsa mengatakan:

    saya nggak ikut2 cuman liat komentar rin “omongnya segede gajah” , Nyolot tu nggak ada di kamus bahasa indonesia apalagi bahasa bahasa aneh mu… memalukan, ngajarin orang eh dianya malah melanggar sendiri, mbok ya ngaca dulu sebelum koment, memalukan sekali…sangat memalukan, sekali lagi malu maluin

  85. Damien mengatakan:

    pada goblok semua yang nulis kalo pak harto benar” membantu indonesia. Liat sana di sejarah. Orang Cina pada dihabisin. orang yang asli dari indonesia malah diberi kekuasan dan menyalahgunakan kekuasan itu untuk melakukan perbuatan semena-mena terhadap orang Cina. mana perlakuan yang adil? Pak harto adalah orang yang bertanggung jawab atas krismon di tahun 1998. alm soeharto sendiri juga mencuci otak para rakyat indonesia. bukan cuma itu. beliau menghilangkan sejarah silsilah keluarganya. memang tidak diketahui siapa yang benar karena pada zaman pak harto memimpin, tidak ada orang yang berani menyentuh sedikitpun menyindir karena akan langsung dihabisi olehnya. KKn terbesar di sejarah Indonesia pun ada pada jaman pak harto memimpin. mungkin bagi orang Inedonesia pak harto sangat membantu tetapi bagaimana dengan nasib orang cina? pada saat krismon, hanya orang cina yang diperkosa dan dibunuh oleh para orang indonesia. apa orang Cina mempunyai suatu kesalahan sehingga perlu dibunuh? di sisi lain pak harto adalah seorang pahlawan, di sisi lain, anda juga harus bisa mengakui bahwa pak harto bukanlah pahlawan.

    • Suharyanto Denmas mengatakan:

      Karl Mark, juga pandai mencuci otak Lenin, Stalin, Mao Zedong. Mao Zedong juga sangat lihai mencuci otak Kim Il Sung, Pol Pot, Muso, DN Aidit. DN Aidit dan para koleganya justru jauh lebih pandai menghipnotis para Buruh, Petani agar mencoblos Palu Arit biar bisa hidup makmur seperti dalam dunia impian mereka. Padahal PKI sudah berbuat bejat di tahun 1926, 1948 kok mau-maunya ditipu DN Aidit. DN Aidit tdk pernah merasakan suka dukanya bergerilya melawan Penjajah, tidak pernah membangun secara kongkret kepada bangsa, hanyalah sibuk belajar dan mencari ilmu radikal(Komunis,sosialis) di luar negeri (Uni Soviet, China)untuk dibawa ke Indonesia.Pak Harto tdk perlu belajar keluar negeri, cukup belajar dari pengalaman pribadinya yang berasal dari desa dan pengalaman bangsanya serta pengaruh dari Sang idolanya (Pangsar Jendral Soedirman. Kalo ditanya apakah Pak Harto mempunyai kesalahan, jelas ada karena dia juga manusia biasa bukan nabi atau malaikat, terlebih bila dihadapkan pada gelagat tidak baik Aidit CS yang sangat membahayakan negara atau bahkan dihadapkan langsung pada kondisi seperti pada G 30 S pastilah ada resiko dan konsekuensi logisnya. Coba bayangkan bilamana saudara hidup pada situasi jaman itu, bagaimana sikap saudara bila para Jendralnya dibantai PKI? Sanggupkah saudara membendung gerakan2 PKI yang lebih lanjut? Sanggupkah saudara membasmi biang keladinya seperti kejadian PKI berontak di thn 1926, tahun 1948….? Nah, bagaimana nasib kita selanjutnya seandainya tidak ada yang berani tampil kedepan(mengingat pada waktu itu PKI sangat ditakuti lawan dan jadi anak kesayangan Bung Karno) ?

      • arief setiawan mengatakan:

        aneh ya, orang melawan Belanda pada 1926 koq disalahkan? Klo gt, tindakan perlawanan thd kolonialisme oleh PKI pada 1926 salah ya? Wah, jika salah, berarti sejarah kita ada yang ga beres. Masak orang melawan penjajahan dan inginkan kemerdekaan disalahkan, bahkan divonis sebagai biang kerok (khusus 1926). Jika memang begitu, kita memang bangsa yg sedang sakit. Para pejuang pada 1926 rela dibuang ke Boven Digul, tapi mereka oleh para penerusnya disalahkan, dianggap pengkhianat.

  86. Damien mengatakan:

    1 hal lagi, pada jaman alm pak soeharto memimpin, banyak fakta yang telah dihilangkan demi kepentingan politik yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan RI sama sekali. memang banyak jasa yang telah dibuat, tetapi sudahkan anda melihat daftar utang negara dan keadaan negara pada saat itu?

  87. rafael mengatakan:

    wahai para pembenci suharto…..
    ingatkah engkau waktu skolah tk/sd?
    guru kalian nanya “siapa presiden kita anak-anak?”
    jawab kalian sambil NYENGIR KUDA “bapak suhartoooo”
    nyengir lu smua sampe gigilu kering!!!!!!
    jaman begini masih nyalahin si engkong harto….
    itu urusan dia ama TUHAN…. cukup kita kenang aja..
    mending tidur…. besok kerja……

  88. rafael mengatakan:

    kalian smua klo jadi suharto jg pasti pd KKN… ya gak?
    ngakoee…ngakoee….ngakoee…ngakoee…..ngakoeee….

  89. rafael mengatakan:

    beli film pengkhianatan g30spki dimn yah??? kangen neh pengen ntn lg

  90. arief setiawan mengatakan:

    Suharto memang bener2 pahlawan bagi keluarga dan kroni2nya…..Tapi klo buat Indonesia, tunggu dulu….:)

  91. jodiks mengatakan:

    pak harto adalah orang yang tak baertanggung jawab. demi kedudukan beliau mengorban negara kita dgn politik BUSUK,rakyat tidak berani bicara langsung di tumpas, pak harto mencuci otak rakyat meninabobokan rakyat dengan politik. demi negara kita mri kita tumpas orang-orang seperti pak harto

    • Suharyanto Denmas mengatakan:

      Mao Zedong juga pandai mencuci otak Pol Pot dan DN Aidit. DN Aidit jauh lebih hebat mencuci otak dan menghipnotis para petani dan buruh Indonesia agar nyoblos palu arit biar bisa hidup makmur sesuai dunia impiannya, padahal palu arit sudah berulang kali membantai orang-orang tak berdosa ( th 1926 dan 1948 ).

  92. jodiks mengatakan:

    negara kita lahir di atas penderitaan…..darah dan pilihan kematian jadi jaminan….jgn biarkan itu terulang kembali ingat zaman pak harto di kenal dengan pembanggunan di lihat dari segi mata biasa memang indonesia maju dan baik di mata dunia…..tetapi rupanya dia adalah gerombolan pki…dgn politiknya dia berhasil menipuh rakyat dengan menumpas pki tapi ketahuilah itu hanya politik doaang jgn biarkan ajaran politik nya hidup lagi demi rakyat mri kita tumpas para koroptor dgn menghargai uud dan pancasila

  93. afek mengatakan:

    UUD 45 TETEP,,,,,,,,,
    Pancasila jadi dasar negara yang mutlak tidak bisa diubah dan NKRI harga mati

  94. afek mengatakan:

    kita ga bisa salahkan para pendahulu kita yang telah memperjuangkan indonesia jasa meraka sangat besar, sebenarnya ini adalah tanggung jawab kita sebagai penerus bangsa, kalau kita renungi lagi jiwa nasionalisme kita sangatlah kurang, pernahkan kita berkorban untuk negara kita? padahal para pendahulu kita mengobankan seluruh yang dimilikinya tanpa pamrih…ayo kita sebagai generasi muda marilah kita teruskan perjuangan para pahlawan kita…. kita pertahankan BUDAYA KITA yang sering diklaim oleh negara lain.

  95. arhoem mengatakan:

    HIDUP SOEHARTO……………….!!!!!!!
    DARIPADA SBY YG GK BISA NGURUS NEGARA MASIH LEBIH VISIONER SOEHARTO DALAM MENGURUS NEGARA……BERAS MURAH AMAN GAK ADA BOM2AN………INDONESIA MALAH LEBIH BOBROK DAN MENGERIKAN SELAMA DIPIMPIN SBY….BARU 2 PERIODE JADI PRESIDEN SERASA SUDAH 50 TAHUN MENGERUK UANG RAKYAT……

  96. boszlenz mengatakan:

    Menurut saya, PKI dan orang bodoh yang ditipu PKI-lah yang coba membalikkan sejarah bahwa suharto itu dalangnya. soeharto itu, tidak punya catatan sejarah sebagai komunis. Dia itu nasionalis. Saya coba objektif dalam hal ini. Namun, dia juga punya kesalahan karena mewarisi sistem korupsi yang kuat. Tapi, dengan adanya reformasi, malah membuat korupsi berpindah tempat (menyebar) dari sentralisasi korupsi menjadi desentralisasi korupsi. sekarang korupsi di daerah gila-gilaan loh. Dulu DPR tidak separah sekarang, sekrang DPR jadi sarang koruptor. Masih bangga dengan produk reformasi seperti ini? BERHENTI menyalahkan siapa2. sekarang mau dibawa negeri ini, ITU YANG DIPIKIRKAN…oeharto itu emang banyak salah, tapi dia juga banyak jasa. Jadi, silahkan caci maki karena kesalahannya, tapi jangan lupa berterima kasih atas jasa-jasanya.

  97. wahab56 mengatakan:

    Bung Adhitya, apa karya dan jasamu yang sudah kau berikan untuk negeri ini..? Apa kau sudah pernah berbuat untuk orang banyak, dan dirasakan manfaatnya oleh orang lain!?

  98. ama-chan mengatakan:

    pendapat mas adit ga sepenuhnya salah. dia berhak kok ngeluarin pendapatnya dia. indonesia kan negara demokrasi. jadi ga usah diskriminasi orang karena suatu pendapat.

    saya ga bisa bilang dia salah ato bener. karena ga ada yang tau, dia dalangnya ato bukan. bahkan guru saya pernah bilang dulu dia pahlawan bangsa, tapi sekarang dia pahlawan bangsat. saya juga ga ngerti kenapa kea gitu.

    saya juga ngga setuju kalo ada yang ngejelek-jelekin pemerintahan siapapun trmsk SBY. karena skrg era makin modern permasalahan makin kompleks, kebutuhan mningkat. maka’a masalah di era SBY banyak, apalgi bencana alam yang parah. dulu ngga ada tuh bencana kea tsunami di pemerintahan pemimpin sebelumnya.

    patut dihargailah jasa ato kerja kerasnya selama ini.

  99. Riflaw Lawyer mengatakan:

    Apa yang telah kita perbuat untuk negara Republik Indonesia

  100. didy mengatakan:

    muantab jaya….
    hahaha….

  101. davo mengatakan:

    Gak ono seng Tegas, Cepat dalam bertindak kecuali Soeharto sebagai pemimpin negara kita.

  102. herman hoo mengatakan:

    anda semua merasa tidak?soeharto memerintah dengan gaya komunis serba seragam serba indoktrinasi,penculikan ,penghilangan aktivis pembungkaman pers dll yang semua itu cuma dilakukan negara2 blok timur yang sosialis komunis

  103. Hanafi Dwi Saputro mengatakan:

    kalau boleh tahu, jika kita sebagai orang netral pendapat tentang PKI itu bagaimana?

  104. bima mengatakan:

    aman dan nyaman mana hidup waktu dipimpin pak harto dibanding sekarang…hayoooo….jujur aja…. ga usah pada eyel-eyelan adu pinter yg ga berguna samasekali bagi negara ….

    • dengkullemes mengatakan:

      Saya di jaman suharto beli sepeda aja susah ! Nah sekarng , mobil , motor dll bisa saya beli !!! Sekrng contoh kecil Brooo , kalau ente menggantikan pemimpin perusahaan yg lama , tp perusahaan sdh sekarat dan banyk utang , apa yg ente perbuat ???

  105. sifat sejati dari rakyat indonesia itu ialah mudah melupakan kebaikan , lantas sangat pintar menggembar-gemborkan keburukan,,,,,,,,

  106. dengkullemes mengatakan:

    Bagi saya itu adalah kewajiban pemimpin negara utk membangun negri !!! Kalo jasa menurut saya adalah berbuat sesuatu tanpa pamrih !!! Tolong di pelajari kata dari JASA itu !!!

  107. Murka penghabisan mengatakan:

    Elu2 pade lagi ngomongin apa si?? Ane kaga ngerti!! Ane taunya soeharto the killing machine

  108. Practical information and facts. Lucky me personally I discovered your internet site by mistake, that i’m amazed the reason this chance failed to occurred earlier! I added the item.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: