Maag-ku sembuh berkat Kunir…..!!

Bulan puasa selalu kurayakan dengan penuh syukur. Bukan apa-apa karena di bulan puasa ini saya terbebas dari kunir1.jpgpenyakit maag-ku yang telah kuderita bertahun-tahun.. Cerita lengkapnya begini. Perlu diketahui, aku besar di Kediri Jawa Timur sebuah negara bagian dari Indonesia yang terkenal dengan masakan pedasnya, utamanya berbentuk Pecel. Saya pun termasuk penyuka pecel ’pa lagi jika dicampur dengan krupuk ’cithing’ hingga terbentuk masakan kuliner bernama pecel krupuk. Sangking edannya makan krupuk pecel, saat SD aku sempat kena penyakit disentri….gara-gara terlalu sering makan krupuk pecel yang ada di depan rumah….gimana gak sakit, wong makannya krupuk pecel, minumnya es campur….begitu hampir setiap hari….so…seperti gelas yang kena panas dan dingin….kalau gelas saja pecah maka lambungku ya sakit…….

Sakitku bisa sembuh sih….sayangnya gak bisa tuntas-tas-tas…..Saat beranjak remaja dan dewasa….lambungku itu sering rewel hingga maag menjadi langgananku kalau aku gak ati-ati makan…..terutama saat makan yang pedes-pedes dan kondisi badan sedang capek…..Biasanya dengan obat-obatan maag yang dijual bebas di toko-toko maag-ku bisa sembuh….but jika ’salah manajemen’ makan lagi….maag-ku bisa kumat….So….dimanapun aku selalu bawa obat maag buat jaga-jaga…..Cuman susahnya…. semakin tambah umur, frekwensi kambuhnya penyakit maag-ku semakin sering…. Bahkan saya sampai puasa kagak makan lombok buat jaga-jaga…..sesuatu yang menyebalkan karena pedas adalah rasa favoritku….

Pada suatu bulan Puasa…..tiba-tiba maagku kambuh…..lambungku terasa sakit banget…. tapi berhubung sudah jam 2 sore….mau mbatalin puasa buat minum obat terasa eman-eman….males nyaure…..so tak tahan-tahan dulu sambil klelat klelet menahan sakit….Jam empat sore….njanur gunung temenku Abet datang…..seneng juga soalnya sudah hampir 6 bulan kita nggak ketemu…..Saya minta istriku nyediain minuman buat nemenin ngobrol…….buat Abet tentunya yang memang tidak berkewajiban berpuasa…..Ngobrolnya sich asyik…..cuman yo aku rodo pringas pringis menahan sakit hingga mengundang pertanyaan dari Abet…..

”Lagi loro yo….?! ”
”Iyo ki…..biasa…maag-ku lagi kambuh. Arep minum obat, nanggung wes meh Magrib”
“Pernah nyoba diobati nggo Kunir…”
“Wah gak tau je….ra mudeng. Piye carane….”
”Gampang…..kunir diparut….njur parutane diperes. Peresane diminum setelah dicampur madu ben ra pait…”
“Wes ngono thok…. “
“Heeh. “

Begitulah, istriku cepat-cepat tak minta nyari kunir, diparut dan diperes plus madu. Dan setelah puas berbuka puasa, kira-kira jam tujuh perasan kunir madu itu saya minum….. boleh percaya atau gak tapi ini benar-benar menimpa saya…..jam 11 malam penyakit maag-ku sembuh…..Hebat bukan….?! Biasa saja ya…bagaimana kalau saya katakan bahwa penyakit maag-ku tidak pernah kambuh lagi sampai sekarang….setelah 6 tahun….!! (Tak beri kesempatan buat nggumun dulu….) Setelah itu saya rutin minum jamu kunir madu….terutama saat badanku agak capek-capek padahal lagi pengen makan yang pedes-pedes….Bahkan tahun-tahun terakhir ini saya malah gak pernah minum jamu kunir madu lagi….malah rajin makan yang pedes-pedes…..Maag-nya….?! Gak pernah nongol….paling maksimal ya….mansur thok…..wes….Believe it or not…..
infokunir.jpg
Tambah manteb aku dengan obat maag-ku setelah membaca khasiat kunir pada majalah Intisari….yakni Rimpang Kunir dapat menyembuhkan luka pada lambung dan tidak hanya sekedar menetralkan asam lambung saja….Lebih lanjut diterangkan, khasiat penyembuhan luka lambung itu lebih manjur jika memakai rimpang kunir putih….. Kata orang sich namanya obat itu cocok-cocokan….ning dengan kunir madu….penyakit maag-ku sembuh hanya dalam 4 jam….!!

About these ads

272 Balasan ke Maag-ku sembuh berkat Kunir…..!!

  1. macanang mengatakan:

    alhamdulillah, obat tradisional memang manjur ya.. mantap

  2. Emil mengatakan:

    Hello,

    Saya menderita sakit maag akut selama 3 bulan ini, disamping itu saya sesak napas, tengorokan sakit susah menelan dan sering sendawa kalau habis minum.
    Saya baca pengalaman anda, dan mencoba minum extract kunyit 4x sehari sebelum makan. Sudah berjalan 5 hari. Memang ada perbaikan cuma saya masih merasa mual, kurang nafsu makan dan banyak dahak di tengorokan.

    Apakah anda juga mengalami hal yg sama dan apa solusinya.

    Terima kasih, harap kasih kabar

    Salam,

    Emil

  3. dadang mengatakan:

    Coba rajin makan lidah buaya dikupas, dicuci lalu tambah madu. Dimakan setiap hari atau dua hari sekali. Moga cepet sembuh

  4. jo_roxs mengatakan:

    ak sdh cb brbgai obat tp gak smbh jua mash serng kumat ja mnta obt yg paten dunk ……………………………………………

  5. seegatez mengatakan:

    Mungkin si mas karena puasa dulu kali.. makanya langsung sembuh.. dan katanya sih.. puasa bisa bikin maag sembuh.. katanya sih.. bbener gak ya?

  6. Cici mengatakan:

    Hi semua para korban maag…
    Iya niy aku jg mau curhat, dah 4 bulan ini aku sakit maag, 2 bulan pertama pe opname 2 kali..n ganti dokter 4x, parahnya.. pe habiz belasan juta..
    Sekarangpun masih perawatan dengan dokter subspesialis gastro, spesialis lambung gitu. Bahkan endoscopy pun dah aku lakoni, bulan depan ini endoscopy ke-dua. Hasil endoscopy pertama, kata dokter seh ada radang akibat bakteri, satu-satunya bakteri yang bisa hidup karena asam lambung. Trus tenggorokan lengket krn ada radang akibat asam lambung yang naik.
    Kata beliau bakteri ini bisa disembuhkan dalam kurun waktu evaluasi 8-12 Minggu. Yah sekarang masih lewat 2 bulan.
    Perut berasa ditekan, ulu hati juga, pe napas terasa pendek2 alias dada sesak, sendawa terus, menstruasi juga ga lancar.

    Saran dari Saudara Ipar seh minum air perasan kunir putih sebelum makan. Tapi saran ini belum kucoba, kt dia seh manjur, buktinya dia sakit maag selama 3 bln sembuh, malah obt dr dokter gak manjur.

    Untung Suamiku sabar dan pengertian, dengan sakit maag niy ada hikmahnya, dy makin sayang, cinta, perhatian sm aku.
    Tapi ya githu…maag sialan ini masih mengganggu!!!!

    Help me, what should I do??!!!!!!
    Doakan aku cepat sembuh ya…!!!!!!

    • pramudya mengatakan:

      hai cici
      klo boleh tau, sekarang kondisinya gemana? apa dah sembuh total? trus sembuh dg cara apa?
      aku jg lgi ngalamin yang mirip gitu, kmaren habis endoskopi, lg nunggu hasil apakah ada bakteri hp atau ga.

    • dikki mengatakan:

      aku do’a in,, kamu spaya cepet sembuh,,,, dan supaya bisa bcanda lagi sama keluarga mu,,,, salam kenal,,, “romans”

  7. Cici mengatakan:

    Mas, oleh po ra aku diweruhi alamat email’e Mas Emil; aku arep meguru masalah lara maagku iki; soale kok yo keluhane podho plek!!!
    Ta eneteni nang emailku yo..
    Balesen..
    Matur Nuwun

    –Cici–

  8. Masashi Onakawa mengatakan:

    Bagus juga, tapi kok tante saya nggak sembuh pakai kunir?

  9. Hadiat Iskandar mengatakan:

    Penyakit maagku sembuh setelah minum ekstrak kunir selama seminggu bertutut-turut satu kali sehari sebanyak 300 cc secara teratur setelah makan pagi. kalau maagnya sudah terlalu akut mungkin harus lebih dari seminggu. Memang kunir dapat menyehatkan badan, memperlancar metabolisme tubuh dan menahan pengeluaran asam lambung yang berlebihan. Boleh coba deh!

  10. Alfan mengatakan:

    Bikin aja 3 rimpang kunir @ 5 cm + 1 rimpang Lempuyang @ 5 cm (yg sudah dikupas dan dicuci) lalu tumbuk. Setelah halus taruh digelas dan tuang 150 cc air mendidih. Biarkan sampai hangat (bisa tambah sedikit asam jawa atau jeruk nipis) lalu diaduk dan disaring.
    Tambahkan madu 2 sendok teh. Aduk dan minum hangat-hangat 2X sehari.
    Ini resep yang rutin aku bikin karena suka pedas, kopi dan kerjaan yang stress tinggi. Alhamdulillah lantaran resep ini kondisi selalu fit dan segar tanpa khawatir nyeri lambung.
    Jangan lupa berdoa dan minta kesembuhan pada Yang Kuasa sebelum minum ramuan ini. Selamat mencoba…..

    Catatan: Lempuyang bisa diganti temulawak. Tapi lempuyang efeknya lebih kuat. Boleh dicoba dibandingkan. Terutama yang ada komplikasi lambung dan liver.
    Penulis adalah alumni penderita liver, lambung, radang usus dan typus.

    • siswati mengatakan:

      Maaf untuk penyakit mag salah satu sebabnya adalah makanan pedas dan asam , jadi tambahan asam atau jeruk nipis harus selektif banget. artinya bg pendrita peny mag kronis akan sangat menderita bila menggunakan asam atau jeruk nipis , tks

      • arief mengatakan:

        iya bener masa sih bisa pake asam n jeruk nipis lagi,..bgm awalnya mas alfan reaksi lambungnya waktu pertama kali minum ramuannya? apa pada saat minum maagnya gak lagi kambuh kali ya?
        atau pas kambuh n parah2 nya,…
        mhn dijawab ya,…

  11. Saragosa mengatakan:

    “Amjal” Kunyit memang sangat manjur, Adik gua yang kerjanya dibidang swasta dan pola makannya pun tidak teratur serta jauh dari kedua orang tua dan saudara, seminggu mengalami sakit maag yang sangat parah dan kemudian adik nelpon ke orang Tua tentang maag yang diderita, lalu Orang Tua memberitahu resep pengobatannya yaitu ” Ambil Kunyit 3 siung ( batang kunyit ) kemudian diiris tipis-tipis lalu dikeringkan ( Matahari pagi 07-11 ) selama 2 hari ( ! untuk menghilangkan getah kunyit ), setelah kering disimpan ditempat yang aman dan bersih, mengkunsumsinya sebelumnya ” mengambil 7 iris kunyit lalu campur 2 gelas air lalu dimasak sampai sisa air 1 gelas, biarkan dingin lalu diminum, dosis 1 x 1 s/d sembuh ).

  12. Hens Macho mengatakan:

    Gua pengalaman abis2 san, dipukul tuj ma sakit asam lambung, hampir sama dengan maag beda dikit, yaitu semua terasa penuh, sering sendawa, banyak angin dlm tubuh akkibat gas asam lambung meningkat, pokoknya udah ancur1th, obatnya terbaik yaitu rocher+gastro ad+ultylox suspensi jika perlu tambahah frisium utk jaga jaga jika ingin tenang dan semua rasa sakit dll ilang, buktikan

  13. linda mengatakan:

    maag memang sangat2 mengganggu!!!! klu lg kumat weleh..weleh..perut kembung dan besar disertai sesak nafas…gw jg pernah dirawat dirumah sakit..saat ini obat dr dokter impepsa tp gw jg lg nyoba minum kunyit+madu….ya siapa tau bs beres penyakitnya…sambil berdoa tentunya mohon ama Allah swt….semoga kita bisa terbebas dr penyakit MAAG!!!!

    • anton mengatakan:

      sya jg gt, menderita sakit magh da 6 bln, 3bln trakhir da mendingan tp skrng da mulai kmbuh lg. pert trasa mual,sesk nafas,jantung berdebar2,kdng2 sampai pikiran tkt mati gtu.. da yg nyaranin tuk berobat k dokter psikiater krn mungkin asam lambung meningkat akibat stres. tpi blm aku cba, kira2 sebaikx hrs gmn ya??? da cpk nich ngrasain mual2 trs.. mohon saranx trimakasih…

      • suharni mengatakan:

        sy jg mgkn sakit maag, rasa begah, kembung, sendawa, perih, pusing, jtg debar2, s.d TD naik, ada yg punya pengalaman ini ? sy lg stress, sakit maag kok TD naik? minum inpepsa syrup lgsg enak, dan TD turun, ada saran? tks

      • erwin mengatakan:

        Bener banget, ternyata maag, dapat berdampak pada gangguan psikis lantaran, berefek pada saraf,
        Sehingga timbul ketakutan.

        Tanganku aja masih kuning niih, gara2 ngupasin kunyit.
        Aku jg sempet merasakan yg kayak gtu.
        Alhamdulillah….. Sekarang, perlahan2 udh membaik.
        Aku udh berhenti mengkonsumsi obat dokter atas saran seorang pak haji, yang membuka praktek pengobatan dgn herbal dan Doa-doa.
        Alhamdulillah….. Berkat beliau, pikiran dan perasaan takut yang ekstrim banget, sampe merinding ga karuan. udh hilang.
        Hanya dalam satu kali kunjungan.

        Dan aku disuruh mengkonsumsi, Jus Kunyit, yg terbuat dari Biang kunyit.(Induk kunyit) setiap hari aku kosumsi, pagi siang dan malam.
        Setiap kali minum jus kunyit.
        Alhamdulillah….. Perasaan lebih enakan, dan aku masih terus mengkonsumsi kunyit, pokoknya sampe benar bener sehat.
        Ga masalah tangan kuning,
        Kunyitnya aku blender, kemudian diperas, lalu aku masukkan kedalam botol plastik bekas air mineral, simpan dlm kulkas, agar ga repot setiap kali mau minum.
        Semoga semuanya cepet sehat kembali yaahh.

        Jgn lupa juga makan teratur.
        Jangan sampe telat makannya.
        Kosumsi aja Jus kunyit (pilih biangnya) dipasar tradisional banyak kok.
        Bentuknya agak bulat. Dan biasanya sudah dipisah oleh sipenjual dengan kunyit u/bumbu masakan biasa.

      • erwin mengatakan:

        Bener banget, ternyata maag, dapat berdampak pada gangguan psikis lantaran, berefek pada saraf,
        Sehingga timbul ketakutan.

        Tanganku aja masih kuning niih, gara2 ngupasin kunyit.
        Aku jg sempet merasakan yg kayak gtu.
        Alhamdulillah….. Sekarang, perlahan2 udh membaik.
        Aku udh berhenti mengkonsumsi obat dokter atas saran seorang pak haji, yang membuka praktek pengobatan dgn herbal dan Doa-doa.
        Alhamdulillah….. Berkat beliau, pikiran dan perasaan takut yang ekstrim banget, sampe merinding ga karuan. udh hilang.
        Hanya dalam satu kali kunjungan.

        Dan aku disuruh mengkonsumsi, Jus Kunyit, yg terbuat dari Biang kunyit.(Induk kunyit) setiap hari aku kosumsi, pagi siang dan malam.
        Setiap kali minum jus kunyit.
        Alhamdulillah….. Perasaan lebih enakan, dan aku masih terus mengkonsumsi kunyit, pokoknya sampe benar bener sehat.
        Ga masalah tangan kuning,
        Kunyitnya aku blender, kemudian diperas, lalu aku masukkan kedalam botol plastik bekas air mineral, simpan dlm kulkas, agar ga repot setiap kali mau minum.
        Semoga semuanya cepet sehat kembali yaahh.

        Jgn lupa juga makan teratur.
        Jangan sampe telat makannya.
        Dan Kosumsi Jus kunyit (pilih biangnya) dipasar tradisional banyak kok.
        Bentuknya agak bulat. Dan biasanya sudah dipisah oleh sipenjual dengan kunyit biasa u/bumbu masakan

  14. rul Kolaka mengatakan:

    kalau aku maagku sembuh berkat makan coto makassar setiap pagi dan tengah malam. ampuh bo….

  15. can can mengatakan:

    sembuh engaknya obat tradisional tergantung keyakinan, kesabaran dan ketelatenan,… gitu kali… soalnya kasus tiap orang beda-beda si… jadi musti yakin sabar dan telaten…. tapi kalo aku sih dukung banget pengobatan tradisonal…

    ibu kostku dulunya juga sakit maag…akut baget lagi,… tapi dia disaranin orang untuk minum ramuan kunyit parut, diperas dengan ari hangat, ditambah garem sejumput, trus diminum pagi-pagi sebelum makan, rutin sampe 5 bulan berturut-turut….

    akhirnya sampe sekarang 7 tahun setjak sakit maag akutnya itu dia gak kambuhan lagi,….

  16. edo mengatakan:

    kunir tuh yang kaya gimana yah? ada yg punya gambarnya ta?

  17. Helenana Nopy mengatakan:

    Saya ada pengalaman dengan minum kunir temulawak probiotik sekarang saya sudah tidak sering kebelakang buang air besar dan mual-mual. Saat ini sudah berani makan yang pedas pedas, hasil kotoran juga normal dan tidak bau. Badan terasa segar dan mudah tidur nyenyak terus jarang terserang flu. Alhamdullilah dengan mengkonsumsi kunir temulawak probiotik jadi sehat. ada yang mo ikutan seperti saya? Monggo

  18. ninta mengatakan:

    Waduh ternyata obatnya gampang ae to….aku tak nyoba ah….selama ini tiap puasa aku selalu menahan sakit yang mual, kembung dan segala rasa gak karu2an lainnya di perutku. Ampe bingung mau berbuat apa, udah ke dokter tapi tiap obat habis, penyakit datang lagi padahal aku sudah menjauhi segala yang dilarang dokter aku hampir putus asa…. Tapi setelah membaca tulian ini aku mau bangkit lagi aku gak boleh nyerah dalam urusan maag ini….Aku mau minum kunyit…terima kasih ….

  19. Helenana Nopy mengatakan:

    Iya bagi yang mau mengkonsumsi kunir temulawak probiotik bisa SMS ke saya di 08121625651 nanti tak kasih tau, Okey? Pokoknya sip deh
    Salam,
    Helenana Nopy

  20. ati galib mengatakan:

    bagaiman kalau mkn obat dr dokter,gpp ya minum perasan kunir itu?apalagi aku jg mkn vermint n susu kedelai.jd aku makan obat dokter,minum susu kedelai,minum vermint…gpp kah?

  21. ayu candra mengatakan:

    sakit maag bener2 udh menyiksa hidupku.. jd g bisa beraktifitas, tidurpun susah klo pas lg nyeri ulu hati seseknya minta ampun ampe punggung sakit bgt….emang bener makin tua makin sering frekuensi maagnya kambuh sebulan bs 5kali. malah pas hamil pernah opname gara2 maag akut, pokoknya udh hopless bgt gonta ganti obat ga ada yg mempan…ampe disaranin minum suplemen dr tianshi, sembuh sih…tapi begitu hbs 1 botol 2minggu kmdan kambuhnya mlh makin parah badan jd sakit semua. Pasti aku coba ramuan kunyit madu mdh2an manjur. pernah kepikiran ga sering konsumsi obat maag ada efeknya gak ya??

  22. chabi mengatakan:

    Pengalaman saya nich…memang betul kalau minum ekstrak kunyit perut terasa nyaman lebih cepat daripada minum obat maag yang biasa dijual bebas …asam lambung yang berlebih juga cepet dinetralkan dengan adanya kandungan minyak atsiri dan kurkumin pada kunyit…yang pengin sembuh dari maag..silakan buktikan sendiri yaa..

  23. ismail mengatakan:

    sya sih g pernh sakit ulu hati… cman mual, mengganggu momen penting d aktiftasku…

  24. rachel mengatakan:

    maag!¡aku benci!!smua pnyakit yg berhubungan dgn perut!sudah hmpir sebulan ini magh ku smakin akut,haid gak lancar,bdan pegel2,mual,kembung..pgn nangis rsnya!kedktr ga mempan!huks!!T_T insyaAllah bsk sy coba resep tmn2..

  25. hasibuaj mengatakan:

    Aku menderita maag dr tahun 1998 hingga sekarang 2009, 11 tahun lamanya cobaan ini aku rasakan. Sudah berobat ke berbagai dokter tak kunjung sembuh, uang, waktu dan tenaga tlh banyak dikorbankan untuk kesembuhan, namun Allah SWT belum memberikan kesembuhan. Aku mulai meminum obat tradisional yaitu kunyit + madu, mudah2han mendapat kesembuhan dan kesehatan tetap terjaga. Memang sakit maag sangat mengganggu dan menyiksa, kl ada yg berpengalaman sembuh dr maag tlg dong share dengan kita2 yg menderita maag. Terima kasih

  26. febri mengatakan:

    aku menderita maag udah lama bgt ga tau dari kapan tapi kali ini yang paling lama udah mau 2 minggu aku mual eneg dan muntah aku ga bisa nerima makanan atau minuman pasti akan keluar lagi aku ga kuat. kunir itu kunyit yah aku blm paham

  27. imelda mengatakan:

    Perut kembung, ulu hati nyeri skali, punggung sakit luar biasa , napas sesak…….apakah ini sakit maag yach…..benar-benar mengganggu aktifitas, muali besok akan kucoba kunyit dan madu…mudah-mudahan rasa sakitnya bisa hilang. TKS resepnya…

  28. Icha fitri mengatakan:

    MAAG… Saat ini maagku kambuh sdh hampir 1 minggu. bener2 mengganggu aktifitasku…apa lagi ne, aku lg ada baby yg harus di kasih asi. Mau minum obat takut pengaruh ke asi ku. Aku jd gak bisa makan. Tiap makan dikit aja dah suakit nya minta ampun. Dah putus asa jg mo ke dokter. Tp Alhamdulillah, akhrnya aku nyari2 di mbah google obat tradisional u/ maag ku. Tengkyu atas info nya…aku mo coba. Semoga sembuh n aku bisa aman nyusuin babyku krn obat tradisional maag ini

  29. Trendnet mengatakan:

    Saya udah sakit maag dari 5 tahun yg lalu udah minum obat dokter tapi tidak kunjung sembuh. kalau lagi kambuh ulu hati dan kepala sakit sekali. saya akan coba kunyit plus madu ini siapa tahu sembuh. thanks atas tipsnya.

  30. yuaninda fyp mengatakan:

    udah bbrp bulan ini sakit maag sblmnya ga pnh, kuat2 ajahh makan yg pedes2…bru ngerasa 1 bulan terakhir ini,,ga bisa puasa krn mlilit trs perut nya, mual, kmbung, akhhh ga enak bgd.. nanti dechh aq coba semua resep tmn2…n bagi yg udah bisa sembuh..share2 yahh k kita2…thx

  31. kei mengatakan:

    Ternyata saya banyak ‘teman’nya ya.. Saat ini ampir jam 12 malam saya msh blm bisa tidur pdhal besok jam 5 sudah harus bangun untuk kerja.. Perut bergas, sesak nafas, punggung sakit jadi sulit untuk tidur, tidurpun tidak nyenyak, sebentar2 bangun… Kondisi ini baru saya alami 3 minggu belakangan ini, karena memang saya sedang stress dengan pekerjaan..

    Saya juga baru tahu lho kalau maag membuat sesak nafas, kl selama ini gejala maag saya ‘hanya’ seputaran nyeri ulu hati saja…

    Saya akan coba tipsnya besok, thanks info-nya ya.. :))

  32. Arex Patria mengatakan:

    Nek ngono meh podho karo sing tak rasakno. Tak nyobo ngombe peresan kunir karo madu yo…. Bantu dongane wae…..

  33. akhmad sanusi mengatakan:

    maag saya lg kambuh dlm seminggu ini.saya ingin coba minum kunir.tapi saya gak tau itu kunir.apakah kunir itu kunyit.tol informasinya

  34. Elah Sukaeti mengatakan:

    iya neh.. sudah seminggu saya ga masuk kerja..gara2 penyakit maag itu rasanya badan lemes banget ga da tenaga trus puyengnya minta ampun ..seloyong2 gt penglihatan kunang2 emang sangat menyiksa..makanya sekarang saya mau coba ramuan kunir itu di tambah da info lagi makan krupuk dorokdok (benar ga ya) soalnya saya juga blm nyoba..klo dah ada yang pernah nyoba ditunggu infonya..Thanks

  35. Abah mengatakan:

    Penyakit yg satu ini memang bikin orng serba salah.. makan gk nafsu gk makan makin sakit.. Aq udah kena penyakit ini dri smnjak msh sekolah.. klo menurut pengalaman aq orng yang menderita sakit maag perlu pengawasan dri orng lain (ortu/sdra) untuk pola makan dan kedisiplinan jam makan.. krna meski seseorang udh sembuh dri sakit maag, sewaktu-waktu bila dia mulai tidak disiplin pola makan dan jam makan penyakit itu akan hinggap kembali..Thanks.

  36. rijanto mengatakan:

    betul kunir madu bisa sembuhkan sakit maag, sakit maag ku sekarang lagi kambuh lagi sudah hampir sebulan ini… setelah lebih dari lima tahun sembuh…berkat kunyit madu…sekarang balik lagi rajin minum kunyit madu.. perlahan ada perubahan… walaupun lambung masih suka terasa perih dan mual..

  37. kunto mengatakan:

    makan singkong rebus tanpa garam disertai minum madu cukup baik mengatasi maag. Dan jaga kestabilan emosi perasaan dan pikran. jng makan / minum pedas , masam, kurangi garam-2an. lakukan olah raga ringan.

  38. sarhendy mengatakan:

    saat ni maag ku lg kumat kepala sakit ulu ati sakit mualnya ndak ketulung tangan kaki dingin nafas sesak ni dah lebih sepuluh tahun kujalani mpek capek ganti dokter indoscopy dah 2kali ke Alternatif dah keliling mpek ke dr psikiater udah…tp belum sembuh juga ada obat herbal yg ampuh ndak ya ntuk maag ku… lontooong….mudah2an perasan kunir ampuh aku coba aaahhhh….

  39. linda mengatakan:

    keluar masuk rumah sakit gara-gara maag sudah biasa…ke dokter minum obat sembuh sementara dan kemudian kambuh lagi begitu seterusnya..sampai pada saat itu ibuku dapat tips dari tetangga kalau aku dianjurin minum parutan kunyit setiap hari,dan aku minum sampai kurang lebih tiga bulan,sekarang aku makan pedes,telat makan udah ga masalah lagi,tapi untuk saat ini aku harus berusaha untuk orang yang sangat aku sayangi yang kebetulan dia juga menderita sakit maag,temen2 doain ya aku berhasil sembuhin orang terkasihku dengan parutan kunyit…..

  40. AZIS mengatakan:

    Saya udah 4 taun kena maag.dlam 4 taun itu pula saya harus pilih2 makanan alias berpantang tetapi kadang kambuh bila saya stres obat dr dokter udah banyak tapi belum kunjung sembuh.tetapi ada teman saya ngasih tau obat tradisional yg mudah d jumpai kunyit di parut di campur sm madu,skrg lg d coba mudah2an berhasil ya amin.

  41. DONNY mengatakan:

    saya menderita maag dan sendawa sudah hampir 1.5 tahun
    kadang kadang pada saat ambil nafas sulit.tapi pas sendawanya keluar rasanya napas plong tidak sesak lagi.
    diulu hati rasanya penuh gas .dan sudah saya coba saran
    anda di atas tapi belum ada hasil mohon advisenya kawan
    bagaimana cara penggunaanya , sebelum atau sesudah makan
    minumnya. thanks

    • arief mengatakan:

      sebaiknya bro minum perasan kunyit+madu+kuning telur kampung sebelum makan kalo perlu 1 hari 3 kali pagi siang ama sore. soalnya aku jg mengkonsumsinya. sama lagi kambuh maag nya.

      • eron mengatakan:

        klo di minum nya setelah mkn ngga boleh ya???dan emang harus ya di campur kuning telur???

  42. nugraha mengatakan:

    Wah saya juga kena sakit maag samapai sesak nafas dan klo jalan sempoyongan sampai kalau sedang nyetir gak konsen juga otot mata terasa menegang hingga pandangan buram. Lumayan lama sekitar 2 tahun mengalami hal ini. Sekarang saya akan coba perasan kunyit mudah2an segera sembuh, bantu doa ya . Tkanks. Nugraha

  43. aris widodo mengatakan:

    Oke juga Bos artikelnya bisa di cona nih

  44. ika mengatakan:

    wah artikelnya menarik.kebetulan saya juga sedang menderita maag..sebelnya udah minum obat mendingan sih..tapi klo udah tetep aja kambuh lagi.trim’s saran dari artikelnya, saya akan coba juga.mudah-mudahan sembuh.amin..

  45. novian ermawan mengatakan:

    Q punya magg ,,,
    tp sekarang Q ndak kawatir So Sekarang gak mendingan setelah rutin minum jamu tradisonal KUNIR,yaitu EMPU

  46. Us mengatakan:

    Ok juga nih artikel ini mudah2an bisa saya coba and berhasil mohon doa nya ya….thx

  47. johan arifin mengatakan:

    Hampir smua paparan gejala yg dialami o/ teman2 smua persis seperti yg kurasakan….mulanya aku berpikir yg enggak2 kalo aku mengidap penyakit tertentu spyt jantung krn napas terasa sesak, dan migrain krn kepala tersasa pusing sekali.

    InsyaALLAH akan aku coba resep kunir+madu/gula aren, mudah2n dpt menyembuhkan penyakit maag ku.

    Mohon doa nya ya….

  48. meico mengatakan:

    Hi …

    hO…ho…spertinya Maag jg ‘ngefans’ neh sm aq.. sampai2 aq ga bs bedain antara maag dg kehamilan. skrg maag aq lg kumat abizz..ulu hati sakit, sendawa, mual, sesak nafas n nyeri di dada..mana aq lg mabok hamil muda..ampuuuuuun deh ! rencananya ntr sore bis ngantor aq mw cek ap k dokter, tp stlh baca situs ini kayakny aq urungkan deh niat u k dokter, nanti aq kan coba perasan kunyir + madu dulu deh…

    mohon doanya ya u kesembuhan aq, kasihan si de2 yg ada di perut aq..ga bs makan… ^_^

    Thanks,

  49. sucipto mengatakan:

    PSIKOSOMATIS VS KUNYIT

    5 Bulan ini saya keluar masuk opname Rumah sakit, dari rawat inap ICCU Jantung sampai Paru-paru sampai Poly Jiwa.. Eh ternayat Gangguan asam lambung. Saya diduga menderita psikosomatis.. karena semua observasi jantung, paru tidak ada ditemukan adanya penyakit/penyumbatan, tapi merasa sesak nafas dan perut penuh.. Akibat Kerja keras terlalu berlebihan,banyak utang..hehe.. makan ngga teratur ampe stress itu bikin otak kita menyerang Lambung, memproduksi asam meski tidak ada makanan, bikin napas pendek2 dan merasa sesak. Apalagi kalau mikir penyakit macem2.. malah panik dan lambung makin keras menggelembungkan udaranya kedada dan seluruh rongga perut.. Alhamdulillah.. ternyata obatnya KUNIR / KUNYIT diparut kasih Gula (Kalau ga ada madu) pagi dan sore.. dan selingi juga sama SUSU., SUSU Sapi itu menetralkan asam lambung.
    Alhamdulilah,, saya yg 5 Bulan ini hanya kepikiran Kematian sekarang sudah mulai memikirkan Kehidupan..hehe.

    • aan mengatakan:

      wah ternyata gejalanya sama dengan yang aq rasakan saat ini, bisa minta emailnya gak mas banyak yg ingin aq tanyakan, tks

      • ASRAF mengatakan:

        MAS SEPERTINYA SAMA DENGAN SAYA MOHON EMAILNYA MAS ADA BEBERAPA HAL YANG INGIN SAYA TANYAKAN

    • 1wan mengatakan:

      Mas , Apa yang anda rasakan persis sama yg aku rasakan, dari th 1994- sampai saat ini. kadang kambuh . Thn 1994 aku dirawat , 2 Minggu , Dr bilang nga ada penyakit yang serius , Dan setiap aku ke dr bilang depresi, kecemasan tinggi, aku mau tanya’ berapa lama mas, minum kunyit itu masih kambuh nga.trims.

    • Fitri Manggara mengatakan:

      Ada blog or something buat tukeran info ga? soalnya suamiku jg udah lebih setahun sakit maag, opname di RS sudah 8 X, sampe terakhir di tangani sm dokter ahli jiwa. Tapi sampai saat ini masih sakit bahkan suamiku merasa kayanya makin parah aja. Sering sendawa dan perut di bagian atas kadang sakit dan rasa panas. Juga bunyinya kriuk-kriuk terus. Tolong informasinya ya mas, thanks before…

      • Arief sholihin mengatakan:

        …aku jg sama penderita maag kita jg memang butuh sekali share antar sesama penderita supaya beban psikis kita berkurang karna kita pasti kepikiran yg macem2 termasuk penyakit2 lain yg menghantui,…fitri bisa baca comentku di bawah tgl 3 januari ada jg alamat fb nya kok. ditunggu ya,…

    • uyik mengatakan:

      Mas Cipto kunirnya diparut lalu diperas ya lalu airnya diminum atau gimana ya mas..lalu berapa takarannya?, tks ude kalimantan

  50. puspa mengatakan:

    maag aku sangat mengganggu sekali dr mual,sakit kepala,mata udah mulai burem,bdn pd sakit,sampai2 mengalami syok……cape rasanya mudah2an berkat kunir aku bisa sembuh…..amin…..

  51. tomi mengatakan:

    kalau temulawak tablet itu bagus juga ng u sakit maag?
    Terimakasih

  52. Sari mengatakan:

    ass, Aq udh punya penyakit maag dari aq sma…dn semenjak aq kuliah sembari kerja maag ku makin sering kambung dan skrg tambah parah udah hampir 3 bulan perutku sakit banget, mual, pengen muntah, kepala pusing dan sering berkunang2. aq jg jd ga msuk2 kerja selama 3 bulan ini, udh bolak balik kedokter tp masih gini2 aj, udah makan berbagai macam obat tp masih jg gini aj, oh ya…aq jg sering sendawa dan haid ku jd gga lancar.Pada hal saat ini aq lg ngadepin skripsi….jd lengkaplah sudah penderitaan aq…setelah aq bawa artikel ini aq pengen coba minum kunyit + madu…insyaallah bisa sembh.
    sbb terus terang aj aq udh putus asa banget dengan penyakit ini…aq kyk org yg sakit parah yg ga ada obatnya.
    pokoknya semoga temen2 yg punya penyakit yg sama kita sama2 doain semoha lekas sembuh….amin

    • 1wan mengatakan:

      Maaf Bu, Ingin nanya, gimana maaghnya setelah coba pengobatan kunyit , ada perobahan nga. mudah mudahan sembuhyah. Amin. Soalnya sama keluhanku dengan ibu Malah aku kadang serangan panik datang , perut jadi cepat kembung, dan rasa takut , semakin menjadi.ini kurasakan semenjak tahun 1994 sampai sekarang ini . ke dr. aku sudah sangat bosan, tetap nga ada perobahan. Balas.

    • Ade Irwan mengatakan:

      amin.

  53. Riski mengatakan:

    Ga nyangka saya kena mag, 2 hari ga bisa tidur perut melilit, sering kentut pula.. Besok saya kepasar cari resepnya deh.. hiksss

  54. djokosay mengatakan:

    Dear Pak Moderator, saya memiliki kemampuan penyembuhan maag melalui hypnohterapy karena dari pengalaman, maag kebanyakan disebabkan oleh problem pikiran.

    Apa boleh kita bertukar link? bagi yang sudah mencoba berbagai obat tidak bisa sembuh, mungkin sebenarnya masalahnya ada di dalam pikiran, mungkin saya bisa membantu. website saya http://www.hypnohterapyclinic.biz

  55. djokosay mengatakan:

    maaf salah ketik, yang benar http://www.hypnotherapyclinic.biz

  56. must mengatakan:

    emmm…. kalo aku belum tau pasti aku kena penyakit maag ato bukan atu udah tiga hari ini aku mengalami gejala lambung sakit dan nyeri tapi kalo buat tengkurap sakitnya hilang. n aku juga sering MC (mencret berlendir) n satu lagi aku jadi sering berkeringat dingin. apa ini gejala maag y tolong minta bantuannya semua. klo ini memang gejala maag, bagai mana cara mencegahnya? coz aku kurang suka minum jamu-jamuan.
    sebelumnya terima kasih ya

  57. danie mengatakan:

    aku menderita sakit magh da 6 bln tpi gk kunjung sembuh.. keluhax mual,pusing,muntah,klr kringat dngin,jantung berdebar2, badan lemes,cepet ngantuk,muka pucat.. k dokter da ber kali2 tp gk da yg manjur.. segala pantangan gk pernah aku langgar tpi keluhan2 ini gk kunjung hilang.. capek tiap hri ngrasain mual2 trus.. mudah2an dng kunir aku bs sembuh total.. amien….

    • arief mengatakan:

      bgm mas danie kondisinya apa dah baikan setelah minum kunir + madu??? berat badannya turun gak selama 6 bln mengalami maag? makannya setiap hari berapa kali pada saat sakit? menunya apaan? soalnya keluhannya sama banget tapi aku ada radang tenggorokan juga. mohon dijawab

  58. asiah mengatakan:

    sekarang saya lagi sakit mag. sampai-sampai saya berfikiran mungkin umur saya tidak panjang. saat pikiran kacau kucoba buka internet. kudapatkan cara ampuh mengobati maag. insya Allah akan kucoba minum kunir dan madu. semoga membawa hasil. terima kasih buat yang memberi saran dan ilmunya tentang obat herbal penyembuh mag

  59. ayiex mengatakan:

    Akhir2 ini maag-ku sering kambuh kalo lg maen internet
    kadang2 keringat dingin keluar, sesak napas,trus sebah rasanya selama ini aku pake resep dr dokter Dikasi Obat Braxidin (sblm Makan} Dan Ranitidin (sdh makan)+ minum Susu kredelai awal2nya sih emang manjur ngilangin maag-ku. Tapi kadang2 jg kambuh lagi, mulai skr aku mau coba resep KUNIR + MADU moga2 sakit maagku bs sembuh thank’s ya infonya…….

  60. ayu mengatakan:

    kirimi aku resep obat maag yg pling sderhana donk…

  61. REY_O mengatakan:

    @danie
    gmn pak..? apa berkhasiat kunirnya…? soalnya ayah saya juga mempunyai gejala yang sama….trims atas balasannya,,,semoga cepat sembuh

  62. ilham lihu mengatakan:

    tgl 3 april lalu sya tersrang jantung tiba2..dibawa ke doktr umum diagnosis jantung,2 hari kmudia sembuh tpi 2 hri kmudian panas tinggi 40 derajat,sy ke dokter internis katanya gejala dmam berdarah,obat sya tebus 1 hri panas turun,tpi kondisi msih lemah,3 hari kmudian jantung kumat lagi,sy periksakan ke internis ktanya bukan jantung tetapi blm diketahui penyakit apa,sarannya istirahat,ternyta setelah beberapa minggu baru tersa keluhan maag…..dan sdah bnyk obat dokter yg diminum tetapi blum maksimal,ternyata disarankn minum kunir oleh ibu saya dan membaca artikel ini sdah 4 gelas terasa lumayan ………alhamdulillah sdah bisa makan nasi ,tahu dan tempe……hehehehe
    saya hampir 1 bln ini keluhannya terserang jantung,pusing,lemah,letih,kringat dingin,tangan dan kaki berkeringat dingin,nafas tersengal sengal

  63. Rahmah mengatakan:

    Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk Mengobati Maag Kronis, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

  64. wilyg@woh mengatakan:

    ya Allah maag! ntu bener bener menyiksa ya,baru aja tanggal 10 April 2010 Maag aq kambuh lagi mulai dari badan aq yang demam kemudian muntah muntah beberapa hari, setelah muntah muntah berhenti di susul diare ada kurang lebih satu mingguan ditambah kepala pusing,susah makan bru aja nasi mau di masukin ke mulut langsung mual,perut nya perih pokok nya campur aduk deeh rasanya pengen nangis…tapikan dah tua kan malu he3!
    bagi dhunz sobat obat trdisionalnya yang manjur….

  65. chintya mengatakan:

    hem papa ku kan sakit maag gitu. tp ko pinggang nya juga ikutan sakit ya? kasian papa ngerintih mulu, ada yg tau obatnya ga? sebelumnya makassih.

  66. abu maha mengatakan:

    gejalanya kok semua sama?.ane coba deh resepnya. Sukron..

  67. unsha mengatakan:

    Saya juga sudah hampir 1 thn ini kena maag,dari mulai gejala awal,tiba2 tiap makan perut cepat kenyang dan begah..itu terjadi 2bulanan,karena gak ngeh itu sakit maag,sy biarkan,padahal seharusnya langsung berhenti makan pedas dan asam,sampai akhirnya 3 bulan berikut maag saya kambuh perut perih,ulu hati perih,tiap sendawa asam lmbung ikut naik,udara naik ke dada, bingung antara sakit maag atau sakit jantung,sakit sampai ke punggung,pusing,lemes…1minggu num Mylanta,istirahat& makan dijaga,sembuh…makan normal 2minggu kambuh lg,diobatin +jaga makan 2 mgg..sembuh..makan aneh lg kambuh lagi gituuuuuuu teruss selama 1 thn ini….intinya minum obat apapun kalau makan ga dijaga pasti kambuh…kerasa bgt minum kunyit itu perut adem,enakan kayaknya luka2 diperut pakai kunyit itu sembuh ya,kan antibiotic jg itu kunyit..tp intinya jaga makannya itu alias pemeliharaan itu yg harus agak lama…brdasarkan pengalaman itu maka PEMELIHARAAN LAMBUNG dr fikiran yg bikin stress & makanan aneh2 harus dijaga selama mungkin..sampai perut kita kuat..insyaallah terbiasa berteman dengan maag dan bukan tidak mungkin sembuh seperti sedia kala..pernah denger kan orang bisa sembuh dr maag.KITA jg BISA!!!!yuukk kita peliharaaa lambung kita (neez_lanidre@yahoo.com)

  68. Ade Irwan mengatakan:

    aku menderita sakit mag sudah 4 bulan, awalnya aku menderita sesak nafas, batuk terus menerus, perut kembung, agak perih diperut dan badan yang lemas, lalu aku coba periksa kedokter, setelah dironsen kata dokter aku diduga menderita TBC, cuma faktor fisik tidak mendukung klo aku menderita TBC dikarenakan berat badan yang tidak berkurang, malahan badan ku beratnya bertambah, lalu dokter menyarankan untuk periksa kelabor, ternyata hasil labor mengatakan kalo aku negatif sakit TBC, kemudian aku periksa kembali kedokter dikarenakan belum tau penyebab penyakitnya, lalu aku cek kembali kedokter ternyata aku menderita penyakit mag, dokter memberikan ku obat mag, tapi setelah obatnya habis penyakit tersebut tidak juga sembuh, sudah banyak obat yang aku makan dan dokter yang aku kunjungi tapi hasilnya masih sama, malahan gejalanya bertambah, sekarang aku gampang lapar setiap 3 jam aku harus makan, klo tidak diisi perutku rasanya perih bercampur aduk dan badan lemes, segala pantangan gk pernah aku langgar tpi keluhan2 ini gk kunjung hilang.. capek tiap hri ngrasain perih dan harus makan trus.. mudah2an dng kunir aku bs sembuh total.. amien…. dan klo ada yang bisa mohon bantuannya trima kasih wasalam…………..

  69. Aly_juna mengatakan:

    assalammu’alaikum wr.wb.
    salam sehat buat para penderita maag!!
    sekedar sharing aja. aku jg penderita maag kronis. hingga kini masih terapi kunir+madu,
    sedikit saran dari saya, semua penyakit ada hbngannya dgn sifat kita, bgt jg dgn maag. jika dikaitkan dgn sifat kita. maag biasanya di derita oleh orang-orang yg tidak mau dinasehati, cuek dgn nasihat2 orang lain yg peduli pdnya, so jika ingin sembuh dari maag, disamping terapi kunir+madu, ada baiknya kita benahi sifat kita yg satu ini…
    semoga bermanfaat
    wassalam….

  70. esti mengatakan:

    aku mau coba resep ini.. siapa tau cucok ky mas salimin’s.. cos aku dah g tahan lg pengen sembuh… tp yg namanya maag itu kan ada hubungannya sm pikiran kita.. nah kl lg stress gini.. waduh.. obatnya apa ya?
    yg bs ngobatin maag sekaligus stress.. hhii.. ada saran gak..???

  71. tamtomo mengatakan:

    Ini adalah hari pertama puasa, Ramadan 1431 H. Semalam aku nyaris putus asa (atau minim merasa sangat khawatir) kalau hari ini aku tidak bisa puasa karena kemarin sakit maag saya kumat berat. Oh ya saya punya maag sejak kuliah (th 1982 an, jd sdh lama banget ya..)Setelah kutemukan tips ini, kucoba dan Alhamdulilah, maag saya reda dan aku bisa puasa hari ini. Kemarin sore saya minum 1 gelas ramuan kunyit madu ini. Terus semalam sebelum makan sahur minum sekali lagi. Insya Allah akan saya rutinkan selama minmal 3 hari ke depan.

    Oh ya ada beberapa hal yang bisa sy tambahkan mengenai resep ini:
    1. Sebaiknya yang dipakai adalah ‘empu’(bhs jawa)dari kunir.
    2. Untuk menambah kemanjuran, bisa tambahi kuning telur jawa (susah juga ngedapatinnya)
    3. Ada juga resep yang mengatakan ditambahi sedikit ‘injet’ (jawa) itu lho kapur sirih utk menginang (?)

    Salam buat sesama penderita. Merasa senang jg ‘ketemu’ dan membaca kisah para penderita maag dan solusinya.

  72. bondan mengatakan:

    assalamualaikum…..
    terimakasih sekali buat infonya.
    semoga semuanya bisa sembuh dari maag.amin,.,.,.,.,.
    saya akan mencoba resep ini.terima kasih.

  73. H YATNA mengatakan:

    H Yatna Mengatakan
    september 4,2010 Pukul 4:30 Am

    saya mengalami keluhan yang orang orang pernah rasakan tentang penyakit MAAG.hampir semuanya sama betul.masuk rumah sakit pun pernah..minum obat pasaran ga ada yg nyembuhin..tapi setelah minum air perasan dari Kunyit rutin tiap pagi sebelum sarapan pagi,malah ada perubahan enak.kembung hilang.sesak napas tidak ada lagi.mulai terasa enakan biasanya 3 hari setelah mengkonsumsinya….bagi yang belum mencoba,silahkan deh mencobanya..mudah mudahan cepat sembuh .Amin

  74. Bobby G mengatakan:

    saya sekarang mengalami sesak napas, apalagi pada saat mau tidur.. semakin menjadi – jadi sesak’ny, seperti orang mo d panggil Tuhan..
    terkadang napas dalam2, dada saya nyeri sedikit, jantung berdebar – debar, perut suka bunyi..

    saya tny k ahli pengobatan, katanya lambung saya bermasalah..
    merah2 serta ada busa sedikit..

    apakah itu maag yg menyebabkan saya sesak napas??

    pengobatan dalam artikel d atas,
    kunyit putih + air + madu
    bgtu ya?

    terima kasih

  75. Redy prihardani mengatakan:

    Aku sakit mag kronis istilahnya gastritis opname di Rumah saki kurang lebih 1 bulan mulai indoscopy pun udah aku jalani,sejak 2004 yang lalu,berbagai macam obat dari dokter ke dokter lainnya hanya sembuh sementara,ke alternatif pun aku jalani,kalau sudah sakit di ulu hati.jantung berdebar debar,sesak nafas keringat dingin keluar,kalau sudah begini sering mengganggu pekerjaan bahkan sering cuti gara-gara sakit ini, aduhhh bagaimana solusinya …. ya para sohip yang senasip ,,,,,, aku akan mencoba memakai ramuan kunyit+ madu insya’ Allah sembuh Amin

  76. jaka adytya mengatakan:

    sob gw mau nanya nih,apa sakit maag jg bs bkn dada kiri nyeri soale ak kmren kirain kena jantung tapi ak ke SPJ dia bilang negatif da 8 bln ak sakit dan biayanya jg ga dikit tlng solusinya

  77. Ocha mengatakan:

    Aku sakit maag kronis udah dari SMA… Klo dulu kambuh yang sakit paling2 hanya perih doang tapi makin kesini makin parah aj… Kepala pusing, perut panas, perih, mual, kembung, punggung sakit, tulang belakang sakit, sesak, ga nafsu makan duh pokoknya perasaan ky udah ga punya harapan idup… Kemarin ini aq baru dari dokter (lagi), tumben baru sekarang ini nemu dokter yg komunikatif menurut si dokter ada beberapa makanan yang harus dipantang ma orang2 yg punya penyakit maag seperti :
    - Minuman/makanan dingin
    - Teh
    - Kopi
    - Coklat
    - Madu = Sarikurma
    - Santan
    - Soda : Fanta, cocacola, sprite, pepsi…
    - Makanan Pedas : Lada, jahe, cabe, menthol
    - Minuman/makanan Asam : Apel, anggur, pear, mangga, nanas, jambu, jeruk, sirsak, tomat, manggis, strawberry, rambutan, saos, belimbing, yakult, pizza, vit C, ademsari, nutrisari, pocarisweat, extrajoss, asinan, sayur asem, mizone, duku…
    - Tape
    - Ketan
    - Sosis
    - Pare
    - Jamu
    - Emping
    - Buah : Durian, nangka, pisang, salak
    - Sayur : Kangkung, kacang, katuk, kentang / ubi, daun singkong, daun pepaya, jagung, jengkol/pete
    - Susu bercalcium tinggi / berzat besi tinggi : Hilow, anlene, boneeto, calcimex, susu cap beruang…

    Selama 6 bulan harus pantang makanan/minuman di atas selain itu jadwal makan juga berubah biasanya makan 3 kali sehari ini harus 6 kali sehari (porsi 1 kali makan dibagi 2) dan makanan utamanya harus NASI g boleh di ganti ma yang lain (walaupun bubur/lontong sekalipun). Klo perut udah normal / kuat lagi baru makanan di atas boleh dimakan lagi itupun kl mau makan makanan diatas sebelumnya harus minum obat maagnya dulu supaya lambung g langsung bereaksi…

    Emang sih aq juga blom ngerasain khasiatnya karena baru aj dapet infonya, itu juga masih suka ngelanggar (secara makanannya favorit aq semua.. ^_^)

    Dan dapet info diatas soal kunyit + madunya aku jg mau coba tuh.. Siapa tau jadi kombinasi yang dasyat tuk ngusir penyakit maag selamanya dari hidup aq…

    Selamat mencoba y teman2… Semoga kita semua cepat sembuh dari penyakit maag yang menyebalkan ini…

  78. cardo mengatakan:

    Mohon penjelasan mengenai cara & dosis minum nya,
    sesudah/sebelom makan ???
    trus 1 hari berapa kali minum ???????
    mohon bantuannya ya…thanks

  79. abex mengatakan:

    saya juga mengalami skt maag,, udah 4thn gak kunjung smbuh2 jg,, berbagai cara dan obat udh sy coba tp hasilnya tetp sama alias gak ada perubahan,, gimana caranya supaya saya terbebas dr penyakit ini,, mhn bantuannya,, terima kasih.. by abek.

  80. Yuskinandar mengatakan:

    klau bicara sakit maag udeh bosen deh….keluhannya sm dgn temen2 semua, klau boleh saran minum trus kunyit+madu tp klau kuat di sertai puasa senin kamis insyaAllah dgn niat yg ikhlas dan minta disembuhkan oleh Allah SWT mudah2an sakit maag kita bs disembuhkan…tidak ada penyakit yg tdk bs disembuhkan kecuali atas izin Allah

  81. andi mengatakan:

    saya juga mempunyai sakit maag yg aneh?bdn panas klo gk makan lambung nyeri,sesak nafas,saya juga sering minum perasan kunyit

  82. Adit mengatakan:

    Wah ternyata sama ya.. aku juga udah cemas ni kepikiran yg macem macem.. melem2 aku bangun langsung sesak napas kaki ma tangan dingin. emang sakit maag mempengaruhi psikologis penderitanya.

  83. Ramli attabe mengatakan:

    ternyata keluhannya sama semua saya sudah hampir satu bulan ngalamin hal seperti kawan2 semua….sampai pengaruh ama psikologis rasa takut….tolong obat maag yang paling manjur apa???

  84. wah…wah…ternyata penderita maag banyak ya,termasuk aku.tadinya maag ku g pernah datang lagi setelah aku pulang dari mendaki gunung semeru padahal makan ga teratur n cuma dikit lg tapi mag ku malh g pernah kambuh bahkan obat mag yg bw dr rumh g di minum sedikitpun.tapi beberapa bulan kemudian eeh…kambuh lagi.apa lg setelah tahun baru kemarin sepulang dari mendaki gunmung ciremai di kuningan maag ku sering banget kambuh bahkan sakit dan nyerinya sampai berhari2.aku mau buktiin kunir benar2 ampuh g?

  85. irma agestriana mengatakan:

    kecemasan yang parah selalu datang kalau maag ku kambuh, badan bergetar, otot kadang2 jadi kejang, muka jadi pucat, mual, pusing, di ulu hati sakit, tangan kami dingin, mata mulai buram itu yang sy rasakan sekarang. awal kejadian oktober 2008 sampai 2011 ini penyakit maag ku belum kunjung pergi.dirawat di rumah sakit sudah 5 kali cari ke alternatip udah sering, jadinya cape dan bosan. kemarin sy baca artikel langsung sy coba, alhamdullilah hari ke dua sudah sedikit ada perubahan nah yang pengen sy tanyakan maag sy ini sudah parah malah suka bikin tak sadarkan diri segala. untuk kasus sy ini kira2 harus berapa kali sehari minum parutan kunyit+madu dan berapa lama?…. mohon komentarnya terima kasih.

  86. Arief sholihin mengatakan:

    hampir semuanya gejala2 maag teman2 diatas sama, saya mulai punya maag tahun 2007 awalnya minum obat radang saluran kencing (anyang-anyangen) eh ggak taunya malah kena lambungku, malam2 bangun perut seperti ditusuk sakit banget kirain keracunan obat jadi malam2 minum air kelapa muda, keringat dingin besoknya berobat ke RS jadi dirawat inap selama 1 minggu divonisss sakit maag, radang saluran kencingnya sembuh eh malah maagnya gak sembuh total. jadi kalo makan hati2 banget kalo gak pasti bakalan kambuh sampe sekarang tanggal 20 desember 2010 aku kena radang tenggorokan minum obat radang, antibiotik, nyeri+pegal, vit jam 9 malam trus jam 1 malam bangun kena serangan jantung (berdebar2) napas pendek2 keringat dingin dilarikan kerumah sakit UGD dicek jantungnya gpp tekanan darah normal jadi ditanya ama dokter jaganya habis minum apa trus dikasih tau gak usah minum obat radangnya karna bisa membuat jantung berdebar2. cukup antibiotik, nyeri n vitnya. trus pulang gak dikasih tau apa2 ternyata beberapa hari kemudian baru terasa kalo lambung saya bermasalah kambuh maag ku, sekarang tgl 02 februari 2011 radang tenggorokannya masih ada berarti sdh 1 bln lebih nih radangnya blm sembuh ditambah sama maag yg sdh 3 mingguan blm sembuh juga. minum obat antasida sdh abis 4 btl 100 ml belum kelihatan hasilnya. jadi selama 3 minggu itu 1 minggu minum obat dari dokter trus disaranin ama ortu coba minum kunyit 1minggu minum ditambah garam sedikit eh agak mendingan trus dikasih tau lagi supaya pake madu 1 minggu kunyit + madu lg sampe 2 minggu minum kunyit oplosan. hari ke 15 pagi2 saya lihat tenggorokan saya kok seperti ada bintil sebesar kacang ijo berwarna kuning sebelah kiri pusing lagi saya radang belum hilang ada lagi tonsil bilang dokter THT dikasih obat antibiotik, vit n obat kumur plus obat2 maag jad kembali lagi minum obeat kimia, kunyit ditinggal. 5 hari saya konsumsi obat tuh semua tapi gak sembuh obat dokter habis. saya gak kembali kedokter saya nekat aja minum kunyit + madu lagi mulai hari ini dasar emang rezeki n jodoh mungkin mau sembuh kali ya (Amin) pas jalan2 ktemu tetangga dikasih madu asli dari pedalaman/hutan. minum jam 11 siang telur ayam kampung+madu (1 sendok)+kunyit enak rasa dibadan tapi begitu minum yang sore jam 4 kunyit+madu (1 setengah sendok) kepala yang rasanya berat lemes pandangan agak kabur2 langsung keringatan deres dari kepala trus kepundak sampe kebadan hanget rasanya kepala ringan lgsung sujud syukur badanku terasa enak banget berarti tergantung madunya asli apa gak. sekarang aku mau minum kunyit+madu lagi jam 8 malam biar enak kalo tidur. mudah2 an Amin ya rabbal alamin,….lanjut lagi nanti kbrnya,….kita hanya bisa ikhtiar Allah juga yg menentukan. salam sesama penderita Maag.

  87. Arief sholihin mengatakan:

    …tadi malam tidurnya lumayan nyeyak banget dibanding malam2 sebelumnya. oh ya selama hampir 1 bln nih aku sakit berat badan ku turun 6 kiloan apakah tuh normal ya? apakah teman2 penderita maag juga berat badannya ada yg turun? share dong. mungkin karna makan nya yg banyak dipantangin kali ya,…aku makan tiap hari nasi sayur bening + lauk telur rebus ayam kampung (1/2 iris) nasinya juga separuh kadang2 nasinya sisa gak habis karna perutnya dah penuh n sdh sendawa. sebentar2 harus dimakanin nasi lagi setip 1-2 jam. capek memang sih yaaaa,…. temen2 sesama penderita pasti pingin sharing juga, begitu pun aku nih alamat facebook ku arief sholihin/ sholihin.arief@yahoo.co.id

  88. masta mengatakan:

    siang mas, salam kenal for all by firoh

  89. oka mengatakan:

    aku jg tinggal di kediri, bertahun2 aku kena maag sampe sekarang belum sembuh….aku tertarik nih ama yg namanya kunir…doakan ya biar cepat sembuh

  90. feby mengatakan:

    sama gejalanya sepoerti saya,,, saya coba duluh ah kunirnya mudah2an d izinkan oleh allah,,, aminn.. makasih ya infonya

  91. huda mengatakan:

    @sucipto alhamdulillah.. moga kamu sehat dan gak kumat

  92. riasmoko mengatakan:

    sakit maag memang sangat menggangu, psikis sangat tertekan sampe2 berdiri sepuluh menit ae mau sempoyongan…
    kalo kunir yang dipake kunir putih gimana itu bro??

  93. riana mengatakan:

    saya jg br keluar dr rs stlh 9hr dirawat krn typhus,e pulang smpe skr mlah kena maag,setelah bc ini langsung kupraktekin resepnya kebetulan ortu kemaren bwain madu asli dr kediri,semoga ini obat yang terbaik dr Allah,amin..

  94. aryanto mengatakan:

    tipss yang perlu saya coba nih mas

    makasih udah mau berbagi,pengalaman pribadi nya

  95. Mas Agus Sulis mengatakan:

    urun rembug.
    saya udah diatas 50 th, baru kena maag atau asam lambung tinggi 10 th terakhir, sekarang baru coba KUNIR + DAUN SIRIH (kunir diparut peras airnya tambah air dikit + daun sirih beri air dikit di blender terus keduanya dicampur)
    resep ini saya peroleh dari teman yg tekun setiap hari kerjaannya dzikir setiap habis solat 5 waktu, dan mendapat hikmat berupa suara dan penglihatan agar saya minum ramuan kunir + daun sirih.
    Setelah saya minum saya iseng2 selancar ke internet ttg khasiat kunir eh ternyata nemu blog ini dan ternyata apa yg diterima teman saya dan apa yg ada di pengalaman banyak orang kuno/sekarang ternyata kunir obat manjur untuk sakit perut/maag/asam lambung dsb.
    semoga hikmat yg didapat teman saya dan resep nenek moyang kita ini menjadi obat yang betul mujarap TENTU yg PERLU diperhatikan adalah DOSIS disesuaikan dengan berat ringan sakitnya. klo berat yg bikin yg kental, dan ambil angka ganjil : mis : kunir 3 rimpang sebesar jempol dan 7 lembar daun sirih.
    dan klo udah sembuh berhenti dulu jangan terus menerus minum nanti bulan depan minum lagi 1 atau 2 minggu terus stop, bulan depan lagi.
    semoga hikmat Tuhan menyembuhkan.

  96. dalijodoang mengatakan:

    mudah2an bermanfaat buat ibu ku yang sedang kena maag,amien…

  97. Hamid mengatakan:

    Saya sakit sejak 2 bulan yang lalu, oleh dokter saya didiagnosa kena thypus, saya sampai opname 3 hari di RS, setelah cek lab lagi, thypusnya sudah negatif, tapi saya masih merasa lemas banget, jalan sampai sempoyongan sehingga sangat mengganggu kerja saya sebagai PNS…ternyata setelah saya membaca komen2 diatas gejalanya mirip dengan yang kurasakan yaitu perih di lambung, nyeri dada, nafsu makan menurun, kadang mual2, kadang suhu badan naik dan sering bersendawa dan terasa lemas kalau habis makan….apakah ini maag ????

  98. Ade mengatakan:

    aku hampir sebulan kena asam lambung. perkiraan ane kena gara2 minum soft drink saat bangun tengah malam perut kosong pula. perasaan badan gak enak, perut tidak sakit, ulu hati tidak sakit, tidak mencret juga, tidak mual tapi dada sesak napas pendek jantung deg2an dan gampang cemas.

    sekali kedokter dibilang asam lambung baikan seminggu kumat opname 2 hari di RS karena takutnya ada masalah jantung parno ama sesak didada. tes rekam jantung tidak ada masalah dokter bilang asam lambung, seminggu baikan kumat lagi.

    terakhir ke dokter dikasi lambucit dan ranitidin mendingan, tapi obat habis dah 3 hari ini dada sesak lagi, kepala nyut2an. kalo sendawa nyaman banget dah.

    perut sih gak ada yg sakit/nyeri meski ditekan sekalipun (cuma kerasa kembung), hanya kadang kalo jam kerja sekitar jam 10- 2 siang muncul gejala sesak di dadanya ini menggangu untuk bernafas padahal saya udah selingi makan sedikit2 setiap 2 jam sekali.

    udah 2 minggu ini tiap pagi dan malam saya minum kunyit+madu+habbattasuda. kunyitnya yg biang/umbinya bukan yg beruas dan gak diparut, tapi dipotong sebesar dadu dan digepengin+madu 2 sendok makan dan disiram air panas 1/3 gelas diaduk kemudian ditambah air hangat sampai 3/4 gelas. nanti warna airnya bakal coklat tua dan kelihatan minyak astiri dipermukaannya.

    biasanya habis minum langsung sendawa besar2an, kalaupun ada rasa nyeri diperut redanya lebih cepat daripada antasida. mungki minggu ini mau saya tambahkan 1 ruas temulawak biar efek penyembuhannya lebih cepat. moga2 kita diberikan kesembuhan oleh Tuhan. Amin….^_^

  99. Charizcha mengatakan:

    assalamu’alaikum,
    saya slh satu penderita magg

    prnh waktu puasa thn kmrn magg mnyerang hmpir satu bln saya tidak puasa brobat kmn2 tpi tidak ada hasilx tiap makan perut rsax skit.
    sampai akhirnya saya mncba makan buah KURMA tiap lapar hnya KURMA yg saya mkan alhmdulillh prlhn2 tpi psti skit sudah mulai sembuh, mngikuti ptunjuk rasulullh dg mkan 3 biji kurma tiap lapar.

    msalhnya saat skit ini kmbuh saya tak lagi bisa mndpatkn kurma krn tdk brtepatan dg puasa.

    tolong beri saya solusi krna skrng magg saya kmbuh.
    trimakasih

  100. amel mengatakan:

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُه
    Sya penderita maag udgh ckup lma,saat ni Ŀǎĝĭ sering kambuh ,smpe2 kemaren di rawat di UGD 1 malam_karna dada sesak ,nafas susah,klo udh kmbuh,hnya ak_&Allah aj ƳĞ tau_krna drmh g α∂α org,suamiku krja,dan akhirnya sy di rekam jantung n paru2,smuanya normal.tiap hr cemas,sprti org ktakutan,krna muka pucat bdn lemas,muntah2 trus tiap kena mkanan,sya pengen bgt coba ap ƳĞ di katakan teman2 dgn memakan kunyit,tp_sy Ŀǎĝĭ pengen hamil,ktnya kunyit mengkeringkan rahim?trus ap ƳĞ musti sy minum y slain kunyit? Mohon bantuannya y saudara smua,krna sy dah sgt takut dgn maag sy, tlg add my Fb ƳĞ mau ksh jawaban y: Amel fauzan husun (melfasta@gmail.com) pin:30B4CCFC Ym:amel.mela@ymail.com
    وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ
    وَبَرَكَاتُهُ

  101. ulfaa mengatakan:

    mukjizat kali ! soalnya udah aku udah nyoba kyak bgituan tpi gk mempann ! pdhal maag ku n=blum parah2nya wktu itu !

    tpi skrg ckckc, ya ampunn maagkuu udahh stengah mammpuss ..

  102. wanda mengatakan:

    salm kenal saya suka sekali dengan herbal,mampir juga ya ke web saya:http://batikcirebonan.wordpress.com
    ada info obat herbal disitu.

  103. cica mengatakan:

    perut_q anehH klo gak di kasih makan skt klo di kasih makan pun sakitnya bukan maen,,,sering merasa sebah,skt pada ulu hati hampir setiap aku makan.. itu buat ku tersiksa,sampai aku tidak masuk sekolah gara” penyakit maag yangterus menyeranq..
    tak coba obat”an warung sampai dokter yg ahli pada bidangnya tetap saja KAMBUH_KAMBUHan..
    bingung…

  104. filo_sofi mengatakan:

    oalah……kon iku ganteng-ganteng n’ ayu-ayu kok yo po podo keneng maag, mangkane mangan sing teratur rek, kon ojo ngopi disik tapi yen udud yo gak opo-opo. kakakakakkkkkkkkk

  105. filo_sofi mengatakan:

    ni resep ampuh dari nenek moyang, ;minum air putih yang hangat sebanyak2nya ampe terasa mau muntah. minumnya waktu agan2 baru bangun tidur dipagi hari, pokoknya bangun tidur langsung minum air putih hanat sebanyak-banyaknya kalo muat 3 liter jg boleh, dijamin segala macam maag bakalan kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr………

  106. Budi Hertanto mengatakan:

    Saya mau nanya nih
    Berapa jumlah buah kunir yg hendaknya kita parut ?
    Berapa pula madu yg hendaknya kita tambahkan dalam air perasan kunir tersebut ?
    Apakah perlu juga ditambahkan air dalam perasan kunir tersebut ?
    Dan air perasan kunyit sebaiknya diminum sebelum ataukah sesudah makan ?
    Sekian dan terima kasih

  107. sukma mengatakan:

    ni ak lg menderita karna maag.. semalaman ga bsa tidur, uluhati sakit skali, lambung perih, nafas sesak, tenggorokan rasanya ga bisa buat lewat udara… aduh tersiksa banget… udah satu tahun lebih ak menderita penyakit, tp ga jelas tuh sakit apa… gejalanya nafas sesak, tangan dan kaki kadang dingin, ga bisa makan banyak, kenyang dikit sesak. sudah priksa ke dokter, ada dokter internis, jantung, paru, ga da yang hasil. udah cek ekg 2 x, rontgen, cek lab berkali-kali, dr cek kolestrol, gula, sampe asam urat… jantung normal.. malah didiagnosa ada alergi krn sesak nafasnya, tp ga jelas tuh alergi apa.. minum obat, sesaknya hanya ilang sementara. Sampe diagnosa terakhir tuh saya kena maag, perut rasanya diperas-peras, uluhati sakitnya minta ampun, nafas sesak, dada sakit. Kata dokter sih, sesak nafas yang sy alami krn maag. Sya mau coba tuh resep kunirnya, smoga berhasil.. doakan saya ya… dan saya bisa terbebas dari sesak nafas, yg membuat sy berfikir akan kematian setiap malam…

    • phie mengatakan:

      ciri2ny sama ma sy..disuruh general cek jg sama dokter..n sy jg berpikir soal kematian tuch…ampe ada yg blg ketempelan makhluk gaib…
      tp sjk sy ke dokter spesialis internis sy ga kepikiran bgt..dokter sy blg maag…
      n sy lg mau mencoba kunyit + madu ny..moga berhasil…

    • uchien mengatakan:

      bararti mbk sktnya sm percis sama saya g ad bedanya sama skli…saya jg pengen cb mudah mudahan bs sembuh amin…

  108. sugiyanto mengatakan:

    ass. maag? Alhamdulillah saya pernah mengalami, 3 tahun bahkan lebih maag kronis. hampir semua gejala yang disebutkan temen-teman pernah mengalaminya, bahkan yang paling menakutkan adalah hampir setiap hari mimpi yang sangat menakutkan, tidak bisa tidur, takut karena diguna-guna orang, takut mati, emosi tinggi ingin marah terus, semua orang kayaknya pada gak peduli, dsb. Ingin curhat? atau ingin resep sehingga saya Alhamdulillah bisa sehat kembali? hub./sms : 081327556592

  109. firda mengatakan:

    gimana dengan penyembuhan perut buncit dan kembung

  110. nurul mengatakan:

    nyoba kunyit plus madu harus rutin kayaknya. sehari dua hari doang nyobanya belum terasa kali ya. Jadi gak boleh bosen. biar cepat sembuh. tks.

  111. INUNK mengatakan:

    sakit maag memang luar biasa sekali,saya sudah merasakanya sejak 3 bulan terahir ini.gejala dan dirasakan tidak jauh berbeda dengan temen2 diatas,gejala yang saya rasakan pusing,dada nyeri ,sesak nafas,jantung berbedar2 kalo udah gitu pasti mual dan muntah,saya pernah melakukan EKG,lalu ke dokter spesialis jantung,sampai di treatment jantung hasilnya negatif.dikasih vitamin jantung sampai sebulan minumnya,tetapi nyeri di dada masih berasa,baru nyadar kalo maag ketika browsing di internet.lalu berobat ke rs lagi dikasih obat maag ,tetapi g sembuh juga,lalu beralih ke herbal kunyit, + madu alhamdulilah agak mendingan,tapi sekarang lagi kambuh lagi gara2 kemaren habis pijit & makan siang nasi nya keras….balik lagi ke awal:perut sakit,nyeri dada,pikiran hanya mati saja…mudah2an yang lagi pada sakit maag lekas sembuh,…krn memang luar biasa sakit ini..

    • Dwi Rahayu mengatakan:

      salam kenal buat inunk…
      aku juga mengalami hal yg sama dengan km. dua kali opname di rs dikira ada masalah dg jantung tp semuanya normal aj. tapi setelah 2x opname kata dr. itu gejala GERD. Aku jg mengalami sesak nafas, jantung berdebar-debar, dan ketakutan yg luar biasa. waktu pertama dikasihnya obat antasid, ranitidine, ma vitamin gitu. agak mendingan tapi pikiranku masih kacau, akhirnya aku balik lagi ke dr. dikasihny obat omeprazol 20mg dosisnya !x sehari dan inpepsa sirup 3-4x sehari sebelum mkn. alhamdulillah enakan, sudah ga ketakutan lg, tapi ini masih 5 hari mgkonsumsi obatnya. terapynya harus sampai 8-12mgg. jadi kadang masih muncul perasaan cemas, dan ketakutan itu, jika perasaan itu muncul aku coba untuk berdzikir atau sholat sunnah tasbih. bukannya aku sok suci atau gimana tapi memang dg sholat itu pikiranku jd tenang. kita pasti bisa melewati cobaan ini meskipun ini tersa berat buat kita penderita gerd. bukannya ALLAh MAha tahu apa yg terbaik buat hambanya. “Tidaklah Allah menguji para hambanya melainkan sesuai dengan batas kemampuannya “. jadi kita tawakkal aj. Ga usah terlalu memikirkan kematian, semua manusia jg akan mati, sudah sunnatullah. tp kita harus tetep semangat,optimis, berusaha sebaik mgkin mnjd manusia d mk bumi ini (maaf ya ga bermaksud ceramah ,yg berbicara ini blm tentu lbh baik dr km) oh ya selain obat2 di atas aku jg mngkonsumsi habbatussauda 2x sehari 2 kpsul. aku baca di internet jnten htm tsb mampu mengobati depresi akibat asam lambung. memang bener aku dah coba. semoga kita semua diberikan kesembuhan oleh Nya Amin.Amin ya Rabb….

  112. awip mengatakan:

    Assalamualaikum teman2 semua, mau berbagi cerita..
    Saya jg mengalami hal yg sama, dr sekitar 2bulan yg lalu, udah lima kali ke Dokter (3 dokter internist, 2 dokter umum), sampe ke UGD jg. Awalnya setelah saya makan angkringan, saya jam 2pagi kebangun, jantung berdebar, muntah2, dikerokin abis itu badan enak n bs tidur lg. Seminggu kemudian badan saya begitu lg (stelah kmarennya makan pempek n nasi padang), saya pikir masuk angin, saya minum tolak angin gak mempan, 2hari badan gak karuan, setelah itu saya minum obat maag warung, langsung sendawa banyak. Namun badan masih gak enak, jantung msh berdebar, saya ke dokter internist, dibilang sakit maag akut, dikasih obat racikan, terasa enakan, makan berantakan lagi. Beberapa hari kemudian, mlm2 jam 10, muntah2 n jantung berdebar,dibawa ke UGD, saya dibilang maag akut lg, dikasih obat, namun gak ada perubahan signifikan stelah obat abis. Skitar 2minggu kmudian kumat lg, ke dokter lg dibilang asam lambung tinggi menyebabkan GERD (asam lambung naek ke tenggorokan yg menyebabkan jantung berdebar dan sesak), dikasih obat (omeprazole), sampe skarang msh minum obat n agak membaik, makan sudah teratur, udah jauhin semua pantangan, namun msih suka sesek nafas, kembung, sendawa n masih suka lemes (tidak selemas sebelum2nya), kadang2 msh cemas dan suka takut maut menjemput. Saya sampe resign kerja karena ini penyakit. Saya mau coba ramuan ini.. Insya Allah bs menyembuhkan penyakit ini.. Amin!!

    *teman2 jangan lupa selalu berdoa untuk kesembuhan yah :)

  113. Guntur mengatakan:

    Assalamualaikum,
    Kita sesama penderita pnyakit maag,selain kunir+madu,kalo ditambah telur ayam kampung gmna??trus kunir+madu diminum brpa kali sehari??dan kunirnya berapa??madunya berapa sendok??
    Saia sudah 3hari ini disiksa sakit maag,lama gak kambuh sekalinya kambuh semua makanan keluar lagi dri mulut,mual,perih…tolong kalo ada obat lain informasikan ke saia yaa!!
    Ini Pin Bb:274D8172
    Almt FB: Mumu baker chum chum
    Terima kasih,.

  114. Dwi Rahaya, Amd. Keb. mengatakan:

    Assalamualaikum,….
    sejak bulan April lalu aku menderita penyakit GERD yaitu asam lambung yang naik ke kerongkongan. gejala awalnya sering sendawa,jantung berdebar2. ketika tidur sering sesak nafas,kadang juga di dada terasa ada yang mengganjal. nyeri pada lambung dan ulu hati,cemas, gelisah luar biasa seakan2 malaikat maut hendak menjemput, siang itu aku masuk ke UGD, dipasang infus, dan dilakukan EKG hasilnya alhamdulillah bukan penyakit jantung. dua kali masuk rumah sakit dengan gejala yang sama akhirnya dr spesialis penyakit dalam menyimpulkan bahwa itu adalah GERD. lebih parah dari penyakit maag. sudah minum berbagai macam obat sperti antasid, ranitidine, dan vitamn FORNEURO. agak mendingan mudah2an aj sembuh. aku akan coba tipsnya. ramuan herbal kunyitnya plus madu aseli. mohon doanya …
    eh iya kacang hijau bagus juga buat penderita maag…
    terima kasih
    alamat fb : dwi saifuddin

  115. dede mengatakan:

    makasih bro atas informasinya

  116. Ari kurniawan mengatakan:

    Ass.ww saya udah sejak th 2002 menderita penykit maag yg gejalanya hampir sama dngn teman2 semua.sudah banyak pengobatan yg saya lakukan baik kedokter maupun pengobtn alterntif tp si maag ini ngak mau pergi jg…tp sejak mencoba ramuan kunyit + madu +kuning telor ayam kampung di minum sebelum srpan pagi.alhamdulillah simaag udah mulai reda..

  117. Prayitno mengatakan:

    Tadi pagi jam 9 saya minum air kunyit+kuning telur ayam kampung+madu… alhamdulillah, jam 12 siang rasa mual2 dan nek di perut hilang…
    Jauh beda dng yang saya rasakan 2 minggu terakhir dan juga selama ini.. sehingga saya sdh lama tidak minum kopi lagi..

    Resep tadi dari staff kelurahan sewaktu datang ke rumah, yang pernah mengalami maag akut sampai ngga kuat jalan.

    Saya akan coba tanpa telur ayam kampung, tetapi akan saya coba ditambah lempuyang..
    Pada dasarnya saya mulai kecil sudah lemah di lambung.. mendadak suka mules…

  118. Agus Waluyo mengatakan:

    BOLEH JUGA TU KUNYIT…

  119. Firdaus mengatakan:

    Terimakasih… Info yang sangat menarik untuk sedang menderita penyakit maag, semoga bisa menyembuhkan.

  120. kuni khoirodzirifah mengatakan:

    makasi banget insyaallh kan ku coba,
    wah ini yg ku cari se4jak 2 th yg lalu, doakan smoga berhasil.

  121. masrizal mengatakan:

    terima kasih informasinya , aku akan mencoba…

  122. astrid mengatakan:

    artikelnya bagus…. numpang beken yackk…

  123. Meylcha Bashyer mengatakan:

    ass…teman” saya jg kena penyakit maag dah 2x masuk RS mau nanya nich pake kunyit putih apa kunyit kuning ……………

  124. Papake mengatakan:

    Obat tradisional memang maknyuss… mantap dan murah meriah… bertambah lagi salah satu obat penyakit maag… saya pernah mengidap maag akut juga, tetapi sudah sembuh total dengan obat tradisional ramuan keluarga…. bisa teman2 cek di blog saya

  125. cantara mengatakan:

    terimakasih informasinya, saya juga saat ini sedang mengalami hal tersebut, rasanya makanan semuanya tdk enak, bahkan setelah makan bisa langsung muntah2 . saya akan coba dg kunyit, mudah2an cepat sembuh :(

    • astri mengatakan:

      ass….teman” skrg nie sy lg kena maag…aduh perasaan nya ga enak hati mulu mana perut sakit ,atas perut perih pokok nya campur aduk deh….palagi klo udah kumat deg2an ma nyeseknya….mulai deh pikiran yg engga2 sampe keringetan dingin……ampun deh rasa nya kaya yg mau mati….tiap hari nangis truss……makasih yah buat info nya ,mau di coba….doain aku yah semoga cepet sembuh…..

  126. Michael Herlambang mengatakan:

    Di jaman sekarang untuk mencari obat yang murah dan mujarab memang agak sulit. Tapi hanya dengan ramuan kunyit / kunir sangat mujarab untuk mengobati maag apalagi digabungkan dengan suplemen madu atau yang lainnya. Disamping itupula agar terapi yg kita jalankan bisa berhasil dan penyakit maag nggak kambuh lagi.

    Agar tahu bagaimana caranya mencegah sakit maag tidak sering kambuh, kita perlu tahu faktor apa saja yang paling sering menjadi penyebab munculnya nyeri lambung. Ini dia:

    1. Kopi, teh atau minuman lain yang mengandung kafein
    Kafein dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan gas di lambung naik hingga kerongkongan.

    2. Coklat
    Coklat mengandung konsentrasi teobromin (sebuah senyawa yang secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi), yang akan melemaskan otot LES, memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

    3. Makanan Berminyak dan Berlemak
    Makanan tersebut cenderung lambat dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. Hal ini dapat membuahkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.

    4. Tomat dan produk Berbahan Dasar Tomat
    Makanan tersebut semuanya meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik

    5. Alkohol
    Alkohol bekerja melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan. Alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.

    6. Rokok
    Bahan kimia pada asap rokok dapat melemahkan katup saat dia melewati paru-paru masuk kedalam darah.

    7. Makan dalam jumlah Besar
    Perut yang ‘penuh’ dapat memberikan tekanan ekstra pada katup LES, yang akan meningkatkan peluang terjadinya kejadian berbaliknya sejumlah makanan ke kerongkongan.

    8. Buah asam dan Jus
    Buah-buahan yang berasa asam berikut produknya, seperti jus, berperan dalam melenturkan LES.

    9. Makan antara 2-3 Jam Sebelum tidur
    Berbaring dengan perut penuh dapat menyebabkan isi perut menekan katup LES, meningkatkan peluang terjadinya refluks makanan ke kerongkongan.

    10. Pakaian Terlalu Ketat
    Pakaian yang memeluk terlalu ketat di sekitar perut akan menekan perut, sehingga makanan akan terdorong naik mendorong katup LES. Pakaian yang dapat menimbulkan masalah semacam ini antara lain korset dan mengencangkan ikat pinggang terlalu ketat.
    Makanan yang Harus Dihindari
    Sakit maag paling umum disebabkan oleh makanan dan minuman yang memang seringkali menjadi pemicu datangnya nyeri ulu hati. Agar tak diganggu sakit maag, lebih baik Anda hindari makanan-minuman sebagai berikut:

    1. Alkohol
    2. Kafein (kopi), minuman karbonasi (misalnya coke)
    3. Coklat
    4. Buah berasa asam, juga jusnya
    5. Makanan berbumbu tajam, pedas, produk susu tinggi lemak
    6. Tomat dan Saus Tomat
    7. Pepermint dan spearmint

    Jika daftar makanan-minuman di atas berhasil Anda hindari (minimal dikurangi), segera ikuti dengan perubahan pola makan. Menurut heartburn.about.com perubahan positif pola makan yang membuat Anda dijauhi sakit maag antara lain:

    1. Makanlah dalam porsi kecil. Kenapa? Karena lambung yang penuh (saat Anda makan banyak sekaligus) akan memberikan tekanan ekstra pada katup lower esophageal sphincter (LES, katup yang terletak antara lambung dan kerongkongan), sehingga meningkatkan peluang terjadinya aliran balik asam lambung ke kerongkongan (refluks).
    2. Hindari langsung tidur dalam 2-3 setelah makan.
    3. Berbaring dengan lambung penuh hanya akan menekan katup LES yang membuat asam lambung gampang berbalik ke kerongkongan.
    4. Minumlah banyak air, khususnya setelah minum obat

    Semoga bermanfaat

    Michael Herlambang

  127. nurullafifa mengatakan:

    ya aku juga kena maag sakitnya minta ampun

  128. maman sudarman mengatakan:

    Ass, saya penderita saki mag, saya suda kelur masuk rumah sakit, sampai2 saya tidak bisa bangun dari tempat tidur akibat lemasnya tubuh ini, sering sesak, kaki sering dingin dan pikiran rasanya mau dicabut nyawah ni, tapi alhamdulilah sekarang ada kurangnya saya sudah bisa berjalan dan tidak sesak lagi nafasnya, akibat minum kunyit. tapi penyakit ini saya syukuri juga akibat datngnya penyakit ini saya jadi lebih giat lagi beribada, karena semua penyakit datangnya atas izin allah swt dan atas izinnya juga penyakit apa saja yg kita derita bisa sembuh. yang saya tanyakkan apakah banyak-banyak minum kunyit muka kita jadi pucat dan kuning

  129. rio mengatakan:

    Apakah klo sering mnum kunyit ada efek sampingnya?trims

  130. acells mengatakan:

    saya 2 minggu lalu merasa gejala2 seperti teman2 di atas, sampai ke ugd dan dirawat 3 hari. dr ngasih obat utk asam lambung. efeknya lumayan dikit, tapi secara umum msh mengganggu. saya mau tanya apakah boleh sambil minum obat dokter, kita minum ramuan kunyit? berbahaya tidak? terima kasih sebelumnya. penyakit ini bener2 bikin gimanaaaaaa banget :(

  131. r3r3n mengatakan:

    aku juga kena, dua minggu lalu dada nyeri, aku kira keselek makanan, ternyata sejak itu ada rasa ganjel di dada dan tenggorokan, emang aku punya mag, dan aku bersendawa terus, tadi pagi waktu sikat gigi pas bersendawa kok keluar cokelat2, apa darah? :(

  132. r3r3n mengatakan:

    para sesama penderita mag dan GERD add fbku ya, biar bisa share :(( fb : Lidya Renny Chrisnawaty thkz males ke dokter nih, pengen pake cara alami aja, nanti nyoba kunyit + madu

  133. nE mengatakan:

    I’ll try…

  134. ridho kroya cilacap mengatakan:

    Alhamdl.akan saya coba dech

  135. dandyes mengatakan:

    terima kasih banyak..nanti saya coba..

  136. jimmy gondronk mengatakan:

    mari sesama penderita maaq kta bangkit jgn menyerah dgn penyakit ini kta coba obat alami kunir + madu insyallah kta smua bs sembuh…..amin

  137. yunik mengatakan:

    dah beberapa hari ini maag ku kambuh perut kembung dan sesak nafas, aplg melakukan kerja agak berat rasanya ngos-ngosan, makan gak nyaman, dah minum obat maag tp kok gak ngefek… bgamana cra ngobatinya ya…

  138. donny mengatakan:

    aq penderita gerd sudah sering keluar masuk rumah sakit dan terakhir sy di opname baru keluar 1 bulan yll, awalnya aq cobain kunyit+kuning telur soalnya kalau pake madu saya sarankan lebih baik dicoba2 dulu takutnya perutnya tambah panas kaya saya dan perasaan berdebar2nya malah makin jadi, tapi kalau memang cocok gpp. nah dari pemakaian rutin kunyit+kuning telur tiap pagi dan sore lambung sy lumayan enak dan nafsu makan bertambah, cuma rasa was2 dan jantung berdebar,susah tidur, tensi labil akibat was2 agak sulit …… intinya itu efek cemas dari asam lambung yg naik. awalnya sy sempat ke psikiater di bandung dan jakarta, memang rasa cemas itu hilang tapi kalau obat psikiater dihentikan maka rasa cemas dan jantung berdebar akan datang lagi. takut mengkonsumsi obat dokter yg pasti efeknya kurang baik akhirnya sy kombinasikan pemakaian kunyit+kuning telur dengan pengobatan sinshe duta hong di jelambar utk menghilangkan sesak nafas, jantung berdebar dan was2 yg belum juga hilang dengan kunyit+kuning telur, tapi untuk ademin dan tenangin lambung sy akui kunyit dan kuning telur manjur. hingga skrg sesak nafas, was2 dan jantung berdebar sy berkurang setelah sy kombinasikan pengobatan tsb, yg penting PANTANG makanan, terkadang kita merasa udah enakan tapi yg namanya lambung msh tahap pemulihan bila kena makanan yg mengandung gas,lemak dan pedas …….. ampun2 lsg dibayar kontan sakitnya. dan untuk masalah susah buang air besar rajin2 minum jus pepaya dan agar2 tiap hari karena terus terang pantangan makan kita banyak sekali sedangkan kita butuh asupan serat dan buah supaya lancar bab dan yg penting perbanyak minum air putih. ingat sekali lagi sebagus apapun pengobatan kalau gak pantang makanan tetap aja nyiksa, soo hindari kopi,susu,daging kecuali ayam, gorengan, makanan keras2, soda, dll cari di internet karena buanyak bangetttttttt ……….. !!!! dan jangan lupa karena kita sering konsumsi kuning telur yg tinggi kolesterol usahakan tiap hari kita olahraga mengeluarkan keringat dan membakar lemak, jgn smpai maag kita sembuh nantinya malah kolesterol yg naik ……. hehehehe. sy jg skrg msh belum sembuh benar karena kemaren sempat kunyit dan telur sy hilangkan cuma pemakaian 1 minggu saja. skrg mo balik lagi dikombinasikan biar sembuh total doakan semoga pemulihan ini bisa sampai tuntas sembuh total, dan teman2 yg senasib bisa juga sembuh ….. bila ada teman yg butuh info atau mau kasih saran ke sy bisa sharing di 08159531428. donny

    • caesar mengatakan:

      buat donny.gue mau nambain dikit .rasa cemas bisa datang dari stress.tdi udah baca klo donny ke psikiater karna kecemasan.tp kecemasannya bisa dtg klo gak minum obat.gue saranin berhenti minum obta psikiater krn itu bisa membuat motion less. coba deh ke Hipnoterapi .penyembuhan mental tanpa obat.dijamin (pengalaman pribadi).gue jg kena penyakit sama lambung krn stress,pikirnya udah mau mati tp setelah hipnoterapi kecemasan udah hilang tinggal maag yg di akibatkan stress kemarin yg harus disembuhkan.saya saranin spt ini .

    • dwi mengatakan:

      untuk donny kasusmu sama kaya aq,GERD disertai anxiety.(kecemasan) tp mgkin km anxietyx blm terlalu parah. klo anxietyq kumat kaya kena serangan jantung, rasax mau mati. tapi alhamdulillah skrang sdh smbuh total GERDx ma nxietyx jg sdh ga kambuh lagi. resepx ternyata mudah. yaitu puasa. (aq coba puasa sunnah )pertama memang sakit tapi lama-lama malah sembuh. yakin dech sama aq coz aq dah ngebuktiin sndiri. dan untuk ngilangin anxietyx ga usah minum obat-obat yg dari psikiater takutx ketergantungan. aq saranin metode SEFT dan banyakin dzikir. insya Allah sembuh. amin

      • nur mengatakan:

        Assalamualiakum… salam kenal untuk temen2 semua n mb wi…!

        mb wi….. saya mau tanya metode SEFT tuh seperti apa mksdnya?

        mohon blasannya ya mb……trimakasih sebelumnya….!

      • IGN Kompyang Putra mengatakan:

        pake obat apa ya Mbak? saya jg kasusnya sama pingin sembuh jg

      • indrew mengatakan:

        Assalamualaikum,
        Mba dwi boleh minta alamat email atau no tlp nya kah??

  139. Revi Mariska mengatakan:

    selain kunyit ada ga yah ramuan lainx yang biqn maag sudah akut sembuh total ?

    • nur hardjanto mengatakan:

      Insya Allah ada mb revi, kt tmn sy pati kirut cpt utk kesmbhn skt maag. kl sy mnm tepung kanji/sagu diksh air hangat dan gula aren pagi dan sore. Alhamdulillah mknnya sdh enak. slmt mencoba dan smg cpt smbh….. amin

  140. rian mengatakan:

    thanks buat pengalaman.ya
    manfa.at bnget
    terimakasih

  141. Aura cantika mengatakan:

    tipsnya boleh di cb neh murah meriah lg,,,mg bermanfaat&maagku yg bandel itu bs sembuh hingga q ga kwatir krn efek dr maag bnr2 bwt ga enax d ulu hati,,,thanks yah

  142. Merapi mengatakan:

    cm satu resep yg jitu
    jangan telat makan dan jangan ngerokok

  143. vadilla putri juliant mengatakan:

    ♍Ω̶ύ tanya: cowok kku punya sakit maag sebelum maag nya kambuh kami berdua minum soft dring coca cola terus setengah jam kemudian maag na kambuh lalu ǺƘύ kasih minum obat antasida, ɑ̤̥̈̊ρ̲ɑ̤̥̈̊ ƍªќ bahaya yah efeksampingnya, sy takut terjadi sesuatu sm dia, mohon jawabannya

  144. ana mengatakan:

    ass.mohon infonya dong buat semuanya,sy udah lama punya penyakit magh,kalau kumat kepalanya pusing mual lemes,n yg paling parah c smpe pingsan,dan serasa dada saya tuh panas perih gitu sakit bgt,berobat kerumah sakit k dokter udah sering,tapi tetep aja kumat lagi,kumat lagi,mohon solusinya yah buat semuanya

    • nur mengatakan:

      coba minum perasan kunyit mb..dicampur ama madu klo ada, klo gk ada ama garem aja sejumput…coba dirutinkan minum kunyit itu pagi, siang, sore, kunyitnya yg indukannya ya..yg besar2…tau kan takarannya buat aja segelas teh gitu….moga cepet sembuh ok!!!

  145. tara mengatakan:

    hy,,,mint info donk…
    pcr ku pny maag…ksian ngeliatnya kl lyat dy ska ngeraung ke sakitan,,,prutny perih,mual,n muntah kl di isi mkanan.

    udh priksa k dokter tp nihil….
    mhn solusinya guys…

  146. nur mengatakan:

    Assalamualiakum… salam kenal untuk temen2 semua n mb wi…!

    mb wi….. saya mau tanya metode SEFT tuh seperti apa mksdnya?

    mohon blasannya ya mb……trimakasih sebelumnya….!

  147. ana tasya dwi pertiwi mengatakan:

    tpi gmn sama org yg g sk ma jamu wlpn it cm kunir,

  148. mia sapriani mengatakan:

    ternyata bukan diriku sendiri yg mengalami penyakit maag,semua sudah aq alami manyangkut masalh maag,bener loh kunir + madu bisa mengurangi rasa sakit yg di akibatkan meningkatnya asam lambung,
    saya punya tips selain dngan kunir + madu, dan menghindari makanan2 yg dapat meningkatkan asam lambung,jam mkn ditambah menjadi 5x dlm sehari,terapi dg air putih
    caranya,bangun tidur jangan makan apa2 dulu langsung minum kunyir + madu,lalu minum air putih sebanyak 2 gelas,lalu usahakan sarapan makanan padat jangan leawat dr jam 7,nasi,roti tawar, setelah sarapan minum lg dua gelas,jam 11 kita harus udah makan lg sebelum mkn usahan 1 gelas air putih dulu setelah makan 2 gelas,kemudian jam 3 soreh makan lg sama setelah mkn air putih 2 gelas,jam 6 malam mkn lg,jam 10 malam mkn lg dan minum air 2 gas setelah makan,lalu sebelum tidur minum dulu kunir + madu dan minum air 2gelas,
    efek samping kencing terus karena asam lambung akan keluar melalui urin dan satu lagi obat hanya perantara tetap tawakal pada yg kuasa karena dialah yg punya penyakit maka dylah yg akan menyembuhkan,
    segalah penyakit

    moga bermanfaat n lekas sembuh,saling doain aje deh biar kita yg punya penyakit cepet disembuhin ame yg kuasa

  149. anggoro mengatakan:

    Mustinya kita bikin web buat para penderita maag, agar bisa saling mengutkan. Saya sangat diberkati oleh kesaksian kalian semua. Jadi punya semangat hidup lagi, kr saya berpikir kl sakit maag bawaannya pingin mati, kr tdk bisa tidur dan selalu cemas+khawatir kaki dingin jantung berdebar dan nafas sesak. Tq kita bisa berbagi

    • didie_dandieku mengatakan:

      iya setuju buat web aja utk para penderita maag, biar bisa saling berbagi pengalaman dan mencari solusi yg terbaik….

  150. bifaza mengatakan:

    Maag yang kita takutkan adalah rasa cemasnya,seperti saya yang sampai masuk rumah sakit dan depresi yang cukup lama……..mari kita berdoa buat teman yang kini sedang sakit maag samapi depresi ….semoga cepat sembuh……jika diperlukan saya siap ber bagi untuk mensiasati rasa cemas yang amat sangat.

    • nur mengatakan:

      salam kenal ms/mb bifaza…
      saya juga penderita maag saya mau tanya..berapa lama anda merasakan kecemasan n ketakutan karena maag itu dan bagaimna keadaan anda skrang apa sudah tidak pernah kumat lagi kecemasan n ketakutannya krna saya pun mengalaminya?
      mungkin hampir semua yang pernah kena maag merasakan hal yg sama. mohon shareny ya….
      makasih…….

    • wiwied mengatakan:

      yah nich bagi2 dunk gmn caranya mensiasati rasa cemas dan ketakutan ini.add di fb aq yuk qta share ttng penyakit maag wiwiednaswa@yahoo.com

      • bifaza mengatakan:

        ang saya rasakan pada saat sakit MAG

        1.Mual
        2.Pusing
        3.Demam
        4.Pandangan tidak jelas
        5.Dada sakit dan sesak napas
        6.pegal pada tengkuk leher
        7.sakit pada pinggang dan persendian
        8.lemas.
        9.jantung berdebar
        10.tidak bisa tidur
        11.keluar keringat dingin
        12.dalam perut terasa dingin.
        13.Gemetar
        14 .perasaan takut yang amat sangat.
        15. terasa sepi.
        16. dan bangun tidur yang selalu gemetar.

        YANG SAYA LAKUKAN PADA SAAT ITU HINGGA SEKARANG BISA BER AKTIVITAs.

        1.Jika datang rasa takut , saya jalan-jalan ringan keluar rumah
        (pinggir kebun sawah) setiap langkah iringi dengan zhikir.

        2.Disaat bangun tidur gemetar .saya lari lari kecil keluar rumah
        sambil lihat pemandangan (memang perasaan takut pingsan itu ada tpi
        saya tidak pernah pinggsan pada saat lari kecil) diiringi zhikir

        3. makan tentunya jangan yang pedas atau berminyak.

        4. sering minum jus wortel/buah buahan
        5.minum Parutan Kunyit yang diperas tambah air hangat dan madu.2×1
        hari
        6.Jika sudah jam tidur baringkan tubuh di kasur atau dimana saja yang
        nyaman (jangan diniatkan tidur) berzhikirlah sebanyak-banyaknya dengan
        sendirinya akan tertidur, lakukan setiap hari lama kelamaan jam tidur
        akan bertambah dan semakin lelap dan bangunpun tidak gemetar lagi

        Masih banyak yang saya lakukan untuk mengatasi semua itu. tapi maaf
        saya tidak pandai mengungkapkan secara tulisan. mudah2 bermanfaat

        FB.bifaza@yahoo.co.id

      • lourdes mengatakan:

        aku juga penderita mag akut.sering jadi langganan UGD dan dirawat inap.gejalanya semua sama dengan yg teman-teman alami.semua obat tradisional sudah saya coba sampaitadi siang saya menemukan situs ini.kebetulan juga tadi siang pas lagi kambuh kambuhnya,saya coba minum parutan kunyit campur madu.reaksi awal memang terasa semakin ga enak,tetapi perlahan lahan mulai keluar keringat hangat dari kepala dan seluruh badan sampai basah keringat.pelan pelan juga mulai terasa enak di badan.malam ini setelah makan aku mau coba minum lagi.semoga bermanfaat juga bagi teman teman sependeritaan

  151. bifaza mengatakan:

    saya akan buat web untuk penderita maag yang samapi defresi di FB……Judul DEPRESI KARENA MAAG

  152. Ruskaya mengatakan:

    Mau tanya perbandingn air kunir yang udah di peras m madunya berapa ??

    • bifaza mengatakan:

      5 buah kunyit diparut diperas tambahkan air hangat 1/2 gelas langsung diminum (diminum pagi hari dan sore sebelum makan boleh tambah madu) itu yang saya lakukan. dan berdoa jga berkeyakinan akan sembuh.

  153. Ribut diyari nindyana mengatakan:

    kalo direbus gimana? sama gak khasiatnya. Lo diparut tangan suka kuning smua

  154. Andhi mengatakan:

    wonderful, thanks a lot

  155. tabah mengatakan:

    untuk rekan2 penderita maag..saya menyarankan kita membuat komunitas penderita maag..agar mudah untuk share info pengobatan terbaru.karena saya sendiri menderita maag sudah 6 bulan belum tuntas..saya minum nexxium 20mg..agak mendingan tapi harga per tabletnya mahal Rp.30000.soalnya belumada versi generic nya.nexxium masih mengantongi merek dagang usa.coba rekan2 minum nexxium 20mg.beli di apotik saya minum manjur sekali.dan obat ini masuk kategori rejimen baru..dari jenis obat maag yg sudah ada.bahkan mencari diapotik pun agak susah.yg ada cuma di apotik kimia farma.itu yg saya tau.atau dirumah sakit besar.seperti RSPC.rekan2 penderita maag tolong add FB saya.Insya Allah bermanfaat kita bisa saling tukar fikiran..ini FB saya.mohon di Add.dan kirim pesan..kalo anda penderita maag..agar saya tidak bingung…Tabah_ikhlas1@yahoo.com

  156. abahmarjan mengatakan:

    ﺟﺰﺍﻙ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﺍﻛﺜﻲ ﻳﺎ ﺍﺧﻲ

  157. ito mengatakan:

    minum kunyit + temulawak jangka panjang ada efek keginjal gak sih…. cz aku jadi ragu mau meminumnya. tolong dibalas ya temen2

  158. IGN Kompyang Putra mengatakan:

    coba gabung di GHIM INDONESIA

  159. Kha Takeyounx mengatakan:

    saya juga mengalami penyakit yg sama tapi anehnya kox saya bza ngerasa perasaan yang takut akn mati dan selalu cemas bila ingat hal itu???mohon di jwb apa itu gra2 penyakit magh dan apa solusinya share with fb nee email q kha_tri89@yahoo.com,,thanks

    • didie_dandieku mengatakan:

      Salam kenal mba kha… saya juga sama sprti mba, udah hmpir sebulan ne ngerasa hal2 yg g enak…udah berobat 2 kali k dokter tapi blum sembuh2 jga…sempat putus asa, bingung sakit apa…

    • achie mengatakan:

      iya kha saya juga awal nya seperti itu ga enak hati inget nya mati mulu…cemas klo udah kepikiran yg aneh2 sampe2 nangis setiap hari klo udah kaya gt….dan ternyata pas ke esokan harinya badan lemes deg2an,sesak nafas pokoknya ga enak perut..dan pas diperiksa maghnya udah kronis…jadi asam lambung naik ke atas makanya sesak nafas deg2an dan perasaan hati juga ga enak….

      • seno mengatakan:

        kalo marut2 kunyit ribet dah kayaknya,diganti pake kiranti bisa ga yah,kan kunyit juga tuh

      • nur hardjanto mengatakan:

        kl inget mati itu namanya msh bagus biar ibadah kt tmbh bagus dan sll ingat sm Yang Kuasa, Allah SWT. sy sdh hampir 1 bln kena maag, pd awalnya jg sm pikirannya ini skt apa bs smbh apa tdk? tp utk memantapkn hati, sy shlt, mohon sm Allah yg terbaik dan jg mhn ksmbhn dariNYA, tp Alahamdulillah skrg byk perubahan, sdh tdk mual dan suka ngemil. mudah2an tmn2 jg optimis dan cpt smbh. amin…….

  160. Lilik widarto mengatakan:

    Empat tahun yang lalu, saya pernah telat makan dan perut saya sebelah kiri nyeri banget. Saking nyerinya sampai ke punggung. Waktu itu saya minum promag 2 hari sudah sembuh. 4 hari yang lalu isteriku membuat sambel yang sangat pedas. Saking sukanya sama sambel dan biasanya ‘no problem’ aku lahap sambelya. Hari senin perutku sebelah kiri nyeri lagi …sangat nyeri. Perut jg kembung..belum tak periksakan ke dokter, kata teman aku di suruh minum parutan kunyit. Airnya dengan air hangat. Di tambah browsing di mbah google, akhirnya aku suruh pembantu utk membelikan empu kunir dan memarutnya. Kemudian di peras airnya dgn air hangat. Lebih afdolya di tambah dgn kuning telur, untuk mendinginkan perut. Setelah aku minum selang 1/2 jam nyeri di perut sebelah kiri berangsur angsur hilang. Wah…aku terusin nih minum air kunyitnya.

  161. nur hardjanto mengatakan:

    sdh hampir satu bulan sy kena maag, br tahu kl sdh kena maag tuh ky gitu to……. skrg sdh Alahamdulillah sdh mulai berkurang sktnya, sy pake resep ibu sy, kl pagi dan sore sy mnm tepung kanji/sagu 2 sendok mkn trs diberi air hangat kl suka diksh gula merah. kl sore sy bantu jg dg mnm air kunyit, utk cpt penyembuhan.

  162. indrew mengatakan:

    Assalamualaikum,
    Setahun kemarin saya pernah mengalami asam lambung… sekitar 3 bulan lamanya…sudah bolak balik dokter..sudah EKG, sudah berbagai macam obat..
    gejalanya sama..ditambah perih di lambung..bahkan minum air putih pun sakit sekali..dimulai kerongkongan sampai lambung pasti perih…
    Alhamdulillah skrg sudah jauh membaik..walau sering muncul begahnya apabila makan tdk teratur dan tidak baik.
    Waktu itu saya berfikir sembuh akibat obat ezomeprazole dan propepsa, tetatp waktu terapi obat tersebut pun sedang bulan puasa tahun kmrin… entah kenapa setelah hampir 3 bulan sakit yang luar biasa… semenjal puasa hilang pelan pelan…mungkin memang sudah takdirnya sehat alhamdulillah..

    sekarang suami saya yang sedang mengalami asam lambung GERD ini, saya terapi pakai obat yang sama tdk berhasil.
    mau saya coba pakai kunyit + madu , atau Kunir + madunya
    semoga Allah melimpahkan kesembuhan untuk suami saya dan teman2 semua

    *been there*
    tau banget rasanya sakit asam lambung ini, semua kerasa..dr sesak, berdebar, perih, pusing dll masya Allah

  163. tri slawi mengatakan:

    Aku akan mencoba semoga berhasil. Sebab aku sering bersendawa satu hari lebih dari 5 kali apalagi jika puasa.

  164. NUR mengatakan:

    asikk….. aku tmbh semangat ni…..

    trims teman2 semua ats infonya…….

    mulai td pagi saya sudah minum perasan kunyit+madu

    doakan saya cepet sembuh ya teman2.GBU’

  165. gve arick mengatakan:

    Salam kenal buat smuanya…
    untung aku nemuin ini….gejala yg sama aku rasakan bulan puasa kmaren, sampe bolong puasa 11 kali, setelah periksa ke dokter ternyata maag akibat stress kerja terlalu keras lupa waktu…dpt obat dr dokter ud mulai sembuh, tp ketika bbrapa hari ga minum obat ternyata mulai kambuh lg…pdhal kerjaan ga bisa di tinggalin, coba mau minum kunyit aja…semoga aku jg bisa cepet sembuh…minta doanya ya tmen2…..

  166. makiyemlestarie mengatakan:

    stelah membaca ulasan teman2 rasanya jd bersemangat tadinya bingung saya kena penyakit apa,trimkasih ya ALLAH

  167. 'Afiif Fatkhurrohman mengatakan:

    Karena sakit ini (sepertinya saya juga maag) saya sampai beli tiket return (Cairo-Indonesia-Cairo), saya tidak menyalahkan sakitnya karena hikmah yang saya dapatkan jauh lebih banyak dari sakit yang saya derita.

    Sedikit bercerita (berbagi)

    Berat memang, apalagi saya jauh dari keluarga. Saya muslim (saat itu saya istikhoroh {mencari pilihan antara pulang dan tidak) dan saya yakin, memutuskan untuk pulang. Orang tua kabar saya sakit, sepertinya ikut sakit*. berkali-kali sms menawarkan -bahkan- menyuruh pulang.

    Tapi pernah dalam keadaan “bagaimana mau pulang dengan keadaan seperti itu?” Selain jauh, juga sendirian. Saya dalam keadaan yang sulit.

    Pernah saya pasrah ketika saat orang-orang bergembira merayakan hari raya ‘iduul fithri saya merasakan kesulitan dan kesakitan (Oh Tuhan).

    Saya akupuntur satu kali dengan orang indonesia (di Cairo) dan ada perubahan dan dianjurkan minum kunyit. Akhirnya kunyit dicampur madu jadi pilihan.

    Sekarang (malam ini {waktu Cairo}) saya mungkin bisa dikatakan sehat walau mungkin kadang masih beberapa kali ada yang saya rasakan tidak nyaman.

    Tiket sudah pesen, kesehatan sudah bagus. Tetep pulang kampung…^_^, Saya akan berusaha berbagi kebaikan-kebaikan dimanapun mengingat hidup adalah untuk Tuhan….^_^

    Kasih sayang Tuhan dekat dengan orang-orang yang berbuat baik, menghadapi kematian pun serasa lebih siap jika ada cinta kepada Tuhan dalam jiwa kita.

    Hal tersebut akah lebih mendamaikan, walau sebagai manusia biasa kadang (tidak bisa dihindari) gelisah datang mendera.

    Oh iya (maaf, izin admin) saya juga bikin tulisan berkaitan dengan maag.

    http://cintatakutdanharap.blogspot.com/2012/09/sakit-maag.html

    Cerita mungkin tidak jelas, karena tidak secara detail tapi semoga bermanfaat.

  168. susi mengatakan:

    Mohon infonya, aturan minum kunir madunya mas. Thanks

  169. saiful bayu mengatakan:

    Saya juga sudah lebih satu tahun ngalamin sakit seperti yang disebutkan diatas, sudah 2x endoscopi bahkan sudah pernah General Medical Check Up di Lam Wah EE Hospital Penangyang hasilnya tidak ada luka dilambung hanya sedikit putih2 dilambung seperti sariawan, kata dokter itu orangtidak sakitpun juga demikian, terus sebenarnya sudah pernah nyoba pakek kunir cuma dulu kunirnya di tumbuk atau diblender, sampai 1 bulan minum tapi kayaknya ngak ada perubahan, tadi malam habis baca blog ini langsung bikin kunir lagi oleh istri dengan cara ditumbuk kemudian pakek air hangat ketika disaring, alhamdulillah enakan tidurnya dan bangunnyapun segar. semoga saja ini pertanda mujarab. Amiiiiiiiinnnnnn…. Yang sakit maag bersabar dan jangan putus asa dan terus berusaha.

    • satria mengatakan:

      Bagaimana dgn sakit maag nya mas, sudah sembuh… Saya dulu sebelumnya juga pernah minum kunyit yg diparut dan saripatinya diambil dicampur madu + kuning telur ayam kampung namun selama 7 hari dikosumsi tak ada perubahan sehingga saya stop minum nya dan berganti obat antasid dan ranitidin.. Tapi sekarang lebih sering kambuh lagi, dan tidak mempan obat tersebut…sekarang saya tidak bisa tidur Dengan ucapan yg sama, satria putra sekeluarga memohon maaf lahir dan bathin , minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan bathin:) nyeyak, badan lemas, perut tak enak… Kira kira apa ya obat nya…

  170. saiful bayu mengatakan:

    masih belum ada perubahan yang berarti, sekarang gw juga tambah ngalamin gejala baru yaitu mau jatuh kalo ke tempat orang ramai,

    • Al-Faqiir mengatakan:

      Mungkin yang belum sembuh, ada baiknya selain minum kunir campur madu. Pola hidup lebih diperhatikan lagi. Pikiran, makanan dll.

  171. arok mengatakan:

    saya hampier setaun sesek di ulu hati kadang perut sebelah kiri kayak naek mpe bawah jantung trus pindah ke tengah….minum herbal deg deg an sama kaya kalian…mohon pencerahan yg dah sembuh…..untuk mengobati asam lambung

  172. bifaza mengatakan:

    ang saya rasakan pada saat sakit MAG

    1.Mual
    2.Pusing
    3.Demam
    4.Pandangan tidak jelas
    5.Dada sakit dan sesak napas
    6.pegal pada tengkuk leher
    7.sakit pada pinggang dan persendian
    8.lemas.
    9.jantung berdebar
    10.tidak bisa tidur
    11.keluar keringat dingin
    12.dalam perut terasa dingin.
    13.Gemetar
    14 .perasaan takut yang amat sangat.
    15. terasa sepi.
    16. dan bangun tidur yang selalu gemetar.

    YANG SAYA LAKUKAN PADA SAAT ITU HINGGA SEKARANG BISA BER AKTIVITAs.

    1.Jika datang rasa takut , saya jalan-jalan ringan keluar rumah
    (pinggir kebun sawah) setiap langkah iringi dengan zhikir.

    2.Disaat bangun tidur gemetar .saya lari lari kecil keluar rumah
    sambil lihat pemandangan (memang perasaan takut pingsan itu ada tpi
    saya tidak pernah pinggsan pada saat lari kecil) diiringi zhikir

    3. makan tentunya jangan yang pedas atau berminyak.

    4. sering minum jus wortel/buah buahan
    5.minum Parutan Kunyit yang diperas tambah air hangat dan madu.2×1
    hari
    6.Jika sudah jam tidur baringkan tubuh di kasur atau dimana saja yang
    nyaman (jangan diniatkan tidur) berzhikirlah sebanyak-banyaknya dengan
    sendirinya akan tertidur, lakukan setiap hari lama kelamaan jam tidur
    akan bertambah dan semakin lelap dan bangunpun tidak gemetar lagi

    Masih banyak yang saya lakukan untuk mengatasi semua itu. tapi maaf
    saya tidak pandai mengungkapkan secara tulisan. mudah2 bermanfaat

    FB.bifaza@yahoo.co.id

    • dwi rahayu mengatakan:

      Rasa takut akan mati biasanya dialami oleh penderita GERD atau asam lambung yg naik ke kerongkongan. Saya juga dulu mengalaminya. Bahkan ketika kumat seperti terkena serangan jantung. Ini biasa disebut anxiety disorder. Anda bisa lihat di pannic attack, anxiety disorder kaskus. Disana anda bisa lihat pengalaman mereka tentang anxiety ini. Semoga bermanfaat.

  173. flecky mengatakan:

    Gmn nih forum depresi akibat maag dah direalisasi blum? :-) Sy kbetulan lg baca2 curhatan teman2 sependeritaan, krn mngalami bbrp gjala khas pnderita maag. Kl sy baru dr dokter gastro kmaren dg diagnosa NSAID (non steroid anti inflamatory drugs) gastrointestinal, akibat mengkonsumsi obat anti nyeri atau obat kolesterol yg mngandung NSAID. Sbtlnya tadinya sy ga pny pnyakit maag, tp krn pny kolesterol dan hipertensi sy konsumsi obat kolesterol yg mngandung NSAID, maag sy kena side effectnya. Smpat sembuh stlh konsumsi obat2an maag yg ringan macam omeprazole, enzyplex, tp krn sy mngkonsumsi obat pnghilang nyeri lantaran sy pny mslh syaraf kejepit, maag sy kambuh lbh parah lg. Sy bnar2 ga tau kl sy “terperosok kedalam lubang utk yg kdua kali”nya krn ktidaktahuan kl sy trnyata alergi dg NSAID, bahkan sy smpat jg kena flu dan mngkonsumsi parasetamol yg trnyata stlh dokter mnyebut bbrp jenisnya,diantaranya yg sy minum itu….dokternya sampe geleng2 kepala, kok bisa2nya obat2an yg sy konsumsi kbetulan mngandung NSAID smua? Skrg sy sdg mngalami rasa mual dan keleyengan.Dokter hny ngasih sy Periet 20 mg, hny efeknya kembung dan begah. Stngah jam kmudian sy kembali minum campuran kunyit dan madu pahit, yg sblmnya slalu sy konsumsi…Smoga badai cepat berlalu deh…teman-teman sndiri gmn, msh pd kumat2an ga stlh konsumsi kunyit dan madu? SMOGA SUDAH PADA PULIH DR PENYAKIT YG BIKIN DEPRESI itu ya…. :-)

  174. arito mengatakan:

    que pengen tahu seperti apa sakit maag yang sudah kronis

  175. Andrias mengatakan:

    salam kenal teman2 .saya baru mengalami GERD sebulan yg lalu gejalanya muncul setelah minum kopi tarik + kopi rempah .pulang jam 1an sampe rumah gak bs tidur, perasaan cemas gemeteran, jantung berdebar, dan sesak nafas .sy kawatir kl kena serangan jantung soalnya sy perokok dan penggemar kopi bs sehari 3 gelas kopi .akhirnya jam 2 pagi sy bw ke UGD .dicek ternyata jantung sm paru2 normal sy disuruh rileks aja .dokter blg krn asam lambung naik .akhirnya sy rawat jalan dan dikasih obat utk asam lambung .sy disarankan agar menghindari makanan pedas atau asam dan tentunya kopi .

    tp krn msh terasa sesak siangnya sy periksakan lg ke dokter spesialis penyakit dalam .emg benar asam lambung sy naik dan dicek paru2 sm jantung sy normal .disarankan oleh dr spesialis utk minum pr*maag aja dan makan teratur .seminggu kemudian udah sembuh .dan bodohnya stlh sembuh larangan dokter sy hiraukan .sy kembali makan pedas dan merokok tp tdk minum kopi .dan akhirnya jumat kemarin gak sengaja sy minum milkshake yg ternyata ada campuran kopinya .malamnya kambuh lg dan sampe skrg tiap mlm kambuh .tp akhir2 ini sy sedikit bs mengatasinya .kl pas kerasa mau kambuh sy tenggak air putih yg banyak sm meluruskan perut .dgn bgtu sy bs bersendawa dan perut terasa lega .tp lama2 ya perut terasa panas dan kembung lg serta susah buat tidur .mungkin sy perlu mencoba ramuan tradisional kunyit + madu .semoga kita semua cepat sembuh dan bisa melanjutkan aktivitas seperti biasanya

  176. evi ari mengatakan:

    untuk mas Erwin yang comment tgl 24 april 2013, sblumx slm kenal. sy jg menderita asam lambung akut & mengalami rasa ketakutan yang berlebihan. kalo boleh tahu, tolong bagi info.x dunk, ms erwin berobat kemana ya? sehingga rasa takut bisa hilang hanya dalam satu kali kunjungan berobat. btw skr ini sy juga lagi mengkonsumsi perasan kunyit + madu, & alhamdulillah perut saya lebih enak. tapi rasa takut & cemas itu masih sering muncul, & sangat mengganggu aktivitas sy. apalagi sy seorang ibu dng 2 ank yang masih kecil. mohon bantuan & informasix bagi yang mengetahui. trima ksih sblumx.

  177. dwi mengatakan:

    Alhamdulillah sya sudah sembuh dari penyakit ini. Teman teman yang sedang menderita gerd or maag dengan anxiety disorder( ketakutan luar biasa akan kematian) add fb saya ya di dirasaifuddin@yahoo.co.id. saya ingin berbagi dengan teman2 agar kalian juga bisa sembuh seperti saya. Tanpa obat bahkan anxiety nya bisa sembuh tanpa penenang. Insyaallah. Atau jika serangan anxietynya lagi kumat, jantung berdebar, sesak nafas, keringat dingin, dan ketakutan bisa berbagi dengan saya. Karena lebih cepat sembuh lebihbaik. Anxiety jika dibiarkan akn membuat penderitanya merasa masa depannya terlihat suram.

  178. trimaksieh teman2 infonya, hari ini ak mau memulai untuk minum air kuyit + madu

  179. Bali Tour mengatakan:

    terima kasih atas informasinya

  180. Azis Ariandhy mengatakan:

    Sama smua gejalanya….. tp saya punggung kiri yg sakit kalo d kencengin……atau mmbungkuk….. punggung kanan gak sakit

  181. sri mengatakan:

    apakah ada yang merasa sempoyongan, gemeteran, mata buram, lemes, dan serasa mau pinsan saat maag menyerang. selain maag aku juga ngerasa seperti itu

  182. budi santoso mengatakan:

    Kapan nii dibuat blog khusus penderita Maag/Gerd.. add whatsapp ku : 08164236604

  183. nani mengatakan:

    Sdh 1,5 bln ini saya mengobati lambung, obat dari dokter sdh habis sampai bbrp kali kontrol tapi blm berbuah manis. Dengan membaca artikel tadi nanti akan saya coba resepnya mudah-mudahan berhasil..

  184. ARVENHEMB mengatakan:

    waaah ternyata banyak banget ya manfaat kunir :) :D

    SALAM KENAL #SEVEN HEAVEN ;) :P

  185. ijin sharing gan… selain kunir bisa juga pake enzymes sunhope untuk maag dan asam lambung naik

  186. bachrun mengatakan:

    dear all coba kunjungin blog ini dah….saya juga udh coba ketika gred dimalam hari allhamdulillah bisa tidur lg (ini tips dari bi niniekess)
    http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/01/tips-mengatasi-keluhan-maag.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: