1001 Macam Keanehan Sepakbola Nasional

Membicarakan keanehan sepakbola nasional bagai membaca dongeng 1001 malam….yang panjang…..tak habis-habis digali sangking banyaknya……Atau malah sangking anehnya….Soalnya kadang mengagumkan, kadang menyenangkan, bahkan kadang bikin bangga juga…….tapi yo kadang bobrok gak karuan, bikin malu, marahi males, ples jengkil barang….Apa saja bentuk keanehan itu….?!

20070905193907.jpg

1.Penontonnya Rame
Ini yang bikin heran para petinggi AFC alias persatuan sepakbolanya Asia. Gimana tidak….?! Disaat AFC lagi pusingmenarik minat penonton untuk datang ke stadion-stadion sepakbola, eee…….di Indonesia malah bingung buat mbatesi jumlah penonton….Bahkan klub Arema Malang malah minta pihak Televisi buat selalu ngliput pertandingannya….biar fans Arema (Aremania) gak rame-rame masuk stadion and milih nonton Tipi di rumah…..

2.Banyak Klub Walau Merugi
Ada berapa jumlah klub sepakbola di Indonesia…..?! Jawabnya adalah Wallohualambissawab alias BANYAK….!! Tersebar di berbagai divisi plus yang amatiran juga ada….Maklumlah sepakbola memang menjadi olahraga paling populer di negeri ini…. Tapi herannya, klub-klub divisi utama mengaku selalu merugi apalgi jika tidak dibantu dana APBD….Pertanyaannya, mengapa kalau bener merugi koq banyak orang masih mau mendirikan klub sepakbola …..?! Wallohulambissawab….!!

3.Stadion Nan Megah
Senayan adalah salah satu contoh stadion yang megah, bahkan konon kabarnya termasuk stadion berkapasitas terbesar di dunia. Sangking megahnya, pemain-pemain sekelas MU pun akan kagum kala bermain dihadapan ratusan ribu penonton di Senayan…Gimana gak kagum….stadionnya megah….lampunya sering mati….plus dapet dipakai sebagai kolam renang saat hujan……

4.Kesebelasan Nasional Yang Membanggakan
Ya…semua orang Indonesia sangat membanggakan kesebalan nasionalnya….Gak percaya….?! Hitung saja penonton yang memadati Stadion Senayan Kala Piala Asia 2007 lalu…..belum yang nonton di rumah via pesawat Tivi….Bisa puluhan juta….!! Herannya lagi, walau begitu dibanggakan…prestasi Kesebelasan Nasional kita biasa-biasa saja….kalau tidak mau dibilang jeblok….Peringkat FIFA pun masih diangka ratusan….

5.Keputusan PSSI Yang Plin Plan
Iki yang bikin jengkil…..gimana tidak, kita seringkali melihat keputusan PSSI yang plin plan banget….Sebagai contoh sistem kompetensi Liga Indonesia yang berubah setiap tahun. Gak tau karepnya apa……Mau buat sistem yang baik….atau mau bikin kompetisi yang lebih seru…..atau malah buat nguntungin salah satu Tim yang kebetulan miliknya pengurus….dan yang lebih susah lagi kalau gak ada tujuan….alias karena iseng……

6.PSSI-nya dipimpin oleh Napi
Mungkin hanya PSSI-lah, sebuah organisasi yang memiliki Ketua Umum seorang Narapidana.Bahkan masuknya gak sekali lagi….!! Dadi wajar kalau keputusannya sering plin-plan alias slinthat-slinthut wong ketuane wae mbahe garong….

7.Gak Mau Diatur sama FIFA
Ini tambah lucu lagi. Sama FIFA sudah disuruh ngganti ketua umumnya kalau tidak bakal diberi sangsi….lalu apa jawaban para pendukung si garong…..Belum mau menuruti perintah FIFA soalnya baru surat elektronik dan belum ada perintah resmi hitam diatas putih….belum kuat perintahnya jare…..Walah-walah….jaman wes serba TI koq masih ‘Pak Pos’ minded….

8.Korp Wasit Yang Jaim Banget
Seringkali kita melihat adanya kesalahan yang dibuat korps wasit dalam mengambil keputusan hingga kadang-kadang seperti disengaja layaknya…..Wasit-wasit itu menurut protes banyak orang kebanyakan membela team tuan rumah…..Sebagai contoh hitung saja kemenangan team tuan rumah akibat penalti yang diberikan wasit….Dan sudah banyak protes dilayangkan oleh banyak orang tentang kinerja wasit…..Tapi nyatanya hujan penalti itu masih saja terjadi…..Trus jaimnya dimana….?! Mbuh lihaten dewe and golekono dewe lak ketemu…..


9.Pemain Yang Jago
Sayanganya gak hanya jago sepak bola saja….tapi juga jago tinju, karate, kempo, yudo, gulat….lengkap dengan hobi tawurannya…..Dan menurut mereka hal itu kebanyakan dipicu oleh keputusan wasit yang tidak tegas dan memihak salah satu team…..Na…..mulai kelihatan to kinerja si wasit….walau menurut yang saya lihat di Tipi juga karena hobby juga bermain kasar pemainnya…..

10.Penonton Yang bersemangat
Ngelihat para pemain yang sedang tawuran….penonton ya mau dong ikut-ikutan….minimal ikut nglempari pemain team lawan….atau saat mereka masih berperikemanusiaan….mereka gak mengusik para pemain tapi ngrusak stadion saat pertandingan kelar….bahkan pernah ada yang melakukan itu walau teamnya menang…..!! Lho….!!

11.Komentator Yang Caggih
Ini pendapat saya lho….para komentator yang ada di Tipi-Tipi itu canggih-canggih….ulasannya top banget….Buktinya, pertandingan yang gak seru pun bisa dikomentari dengan seru….jadi bikin nambah demen nonton Liga Indonesia….(soalnya koment-nya mudah dimengerti….kalau komentator luar negeri sich ulasannya susah dimengerti….pake basa Inggris sii……)

12.Mbuh.….
Masih 11 yang ketemu….yang 990 lagi…nyari sendiri ya….pasti dua hari ngerenung dapet dech…..

About these ads

Satu Balasan ke 1001 Macam Keanehan Sepakbola Nasional

  1. eko sjamsurizal mengatakan:

    lam kenal mas,

    12. Sering kalo oper2an jadi SALAH PENGERTIN dan SALAH UMPAN … hahahaha … terus suka buang bola karo grogi di kotak pinalti … bener kaaaan …

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: