Luluskan Saja Seluruh Anak SMU….. !!

Saran Harus Buat Penyelenggaraan UNAS dan UAN 2007

“Masa SMA…Masa Paling Indah…..Hanya Sekali…Tak Terulang Lagi….
Dalam Hidupmu…Yang Sekejap Ini…..”

Itu bukan puisi….tapi itu cuplikan dari lagu jadul 80’s yang dinyanyikan oleh Jamil Mirdad….Nggak ingat….? atau belum lahir…? Tapi sudahlah….saya tidak sedang ingin berdebat….Tapi lagi….setujukah Anda dengan isi dari bait lagu itu….?! Bahwa masa SMA atau sekarang SMU….menjadi salah satu masa yang paling membahagiakan bagi seluruh insan…masa kita mulai mengenal cinta, monyet…..masa kita mulai beranjak dewasa….masa kita mulai mencari identitas diri….menentukan masa depan akan kau bawa…..masa-masa terakhir dari keoriginalitas manusia….masa-masa terakhir bagi kebebasan manusia dari berbagai kemunafikan dunia…..masa-masa terakhir dari segala mimpi buruk yang berujud kesulitan hidup….ah……indahnya….ah…bahagianya…..

Tapi…orang dewasa begitu kejam…..Dengan segala kewenangannya kau hadirkan malapetaka….kau rusak kehidupan kami dengan hadirnya kesulitan hidup…..UNAS….. UAN….kaulah simbol keirian para manula pada keceriaan kami para remaja….laiknya film Jepang Battle Royal….kaulah simbol kemunafikan kedewasaan….dan kaulah awal perkenalan kami pada berbagai kebobrok yang menimpa manusia dewasa…..Kau paksa kami untuk akrab dengan kecurangan….kau paksa kami untuk berteman dengan prinsip buruk ’menghalalkan segala cara’…..UNAS…UAN….mengapa kau hadir untuk merusak segalanya….Kenapa tak kau biarkan kami menikmati hidup yang indah ini dengan lebih lama…..Ya…biarkan kami nikmati kebebasan terakhir kami sebagai remaja….Ya…bebaskan kami….biarkan kami lulus dengan indah……

Yah…itulah mungkin tangisan sebagian besar para remaja SMU saat ini….Bayangkan bagaimana masa yang indah itu harus rusak hanya gara-gara UNAS…..Bayangkan masa kelam yang harus mereka lalui saat tiba-tiba mereka menghadapi kenyataan bahwa mereka tidak lulus…..Betapa malunya…Betapa sedihnya…Betapa malangnya….Itu belum seberapa….bayangkan apa yang harus mereka lakukan selama setahun ini….bayangkan perilaku apa yang harus mereka tunjukkan untuk menghapus luka hati akibat kegagalan….terlalu mahal….terlalu mahal…..itu komentar saya….padahal mungkin kegagalan itu bukan semata-mata kesalahannya….mungkin pada momen itu dia sedang dirundung duka…sedang sakit…atau sebab lain….tapi bayarannya ?! Satu tahun yang paling sia-sia dan tak terlupakan dalam hidup mereka…

Banyak kasus yang menunjukkan bahwa seorang siswa yang pintar di sekolah, tiba-tiba harus menghadapi kenyataan dia gagal dalam UNAS…..tiba-tiba banyak tudingan buruk dari para orang dewasa….Orang tuanya yang semula sangat sayang pada dirinya tiba-tiba harus begitu benci pada dirinya….Belum orang-orang sekitar yang dulunya iri melihat prestasi bagus yang dimilikinya, seperti mendapat angin dengan menuduh dirinya dulu berprestasi karena sogokan orang tuanya…..atau karena dia murid yang paling rajin mencontek….tuduhan temen-temennya sendiri, yang dulu lebih goblok darinya, yang menyatakan dia ranking karena affair’nya yang busuk dengan Kepala Sekolah…..Ah… kejamnya….seluruh dunia indahmu seakan berubah mengejek dan memusuhinya… Padahal dia tak pernah melakukan semua yang dituduhkan padanya…dia hanya punya satu kesalahan dalam kehidupannya….ya…dia hanya gagal dalam UNAS….tak lebih…dia hanya sedang apes….pikirannya tiba-tiba buntu….ingatannya terhadap semua pelajaran tiba-tiba menghilang….sialnya itu terjadi pada saat UNAS…..

Saya kira kita, para orang dewasa perlu lebih arif dalam mensikapi UNAS….buat apa sih UNAS itu….? Buat perbaikan sistem pendidikan kah…?! BULSHIT….!! Jangan terlalu naif man….Jangan terlalu tinggi kau memandang sesuatu…. Berkacalah pada kehidupan keras saat ini….Mau sampai mana sih para remaja itu dengan ijasah SMA, yang kau jual sangat mahal, itu…?! Mau kerja di perusahaan multinasional kah…?! Atau malah mereka dapat kerja di perusahaan-perusahaan asing yang terkenal dengan gajinya yang tinggikah..?! Tidak…!! Mereka paling hanya mau melamar di pabrik-pabrik….dan itu hanya sebagai buruh rendahan, yang mungkin syarat masuknya tidak setinggi ijasah SMU…..Ya…mereka akan kerja di perusahaan-perusahan asing….tapi itu tetap lewat PJTKI….alias jadi kuli di negeri orang…yang katanya jadi sapi perahan devisa….yang gak pernah dilindungi keberadaanya….

Buat peningkatan standar kualitas kelulusan anak SMA kah…?! Bayangkan jika remaja-remaja itu adalah anak-anak orang tak mampu….atau malah mereka tinggal di kampung-kampung nan jauh dari toko-toko buku….hingga tak pernah bisa membeli apalagi membaca buku-buku atau diktat-diktat SMU yang tak pernah kau standarkan….?! Ingat…jangan pernah menuntut seseorang dengan sesuatu yang tidak pernah kamu lakukan….!! Ya….sering kamu menuntut standar pendidikan yang tinggi….sementara standar pendidikan yang kamu bangun berpondasi pada akal-akalan doang….Gimana tidak, bukannya dapet lulusan SMU berkualitas, kamu malah mulai mengajarkan berbagai kelicikan dunia pada para siwa SMU…… untuk nyari bocoran soal lah…nyari channel buat lulus walau harus dengan nyogok sekalipun….atau buat loba-lobi kanan kiri lah……tentu saja yang paling populer adalah melestarikan tradisi nyontek…..dengan tentor via sms……aman….nyaman….dan gak bakal konangan…..cukup dengan nyogok pengawas buat ngijinin bawa Hape saat ujian……

Terakhir, alangkah lucunya dikau UNAS atau UAN…..mengapa kau terlihat begitu tinggi…begitu angkuh…sampai muncul statemen dari sang mentri bahwa kau tidak mau muncul dua kali….pokoknya Anak SMU harus lulus UAN kalau tidak….tak ada kehidupan selanjutnya bagimu….!! Gak tau harus omong apa aku saat ini….disaat ijazah Pascasarjana dijual laris manis layaknya kacang goreng….eh…mau lulus SMU saja susah amat…..Kalo mo merbaiki sistem pendidikan dus…kualitas manusia Indonesia….perbaiki saja tuh….Lembaga-Lembaga Pendidikan Tinggi yang semuanya mengarah pada PT… alias tempat nyari duit….tanpa peduli dengan kualitas pendidikannya……Percuma khan kamu capek-capek merbaiki kualitas lulusan SMU….eeee….begitu masuk Perguruan Tinggi….ketemunya ama Unipersitas Sabtu-Minggu……Unipersitas malam hari….atau malah Unipersitas yang kuliahnya gak jelas kapan….ujiannya kapan….skripsinya kapan….tapi tiba-tiba aja tuh mahasiswa udah ngantongi ijazah……

Lulusan SMU…?! udah gak lepel….gak jamane maneh….wes katrok….Jadi buat apa kau persulit para anak-anak SMU…..Sudah lah….lulusin saja semuanya…..Biarkan Lagunya Jamil Mirdad terkenal juga di masa milenium ini….Soalnya kadang-kadang lagu jadul enak juga jika didengarkan saat ini…..Jangan sampai Lagunya Jamil Mirdad hanya cocok buat suasana 80-an….saat masa SMA bener-bener masa yang paling indah…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: