Aku Cinta Film Indonesia…..

Saya tahu kamu pasti menuduhku seorang nasionalis sejati nan romantis…..penganut “right or wrong is my country”…. OK…OK…itu memang tidak salah sepenuhnya man…..tapi aku bukannya kagak pernah nonton film barat…..Soalnya dari semua pilem barat yang gua tonton akhir-akhir ini, gak banyak yang bisa bikin aku tersepona….atau minimal pengen nonton ulang…..Casino Royal yang kata orang-orang begitu klasik, nyatanya gak lebih kayak pilem TV….Rocky Balboa juga kurang rame….Alpha Dog dan Smokin Acess malah terlalu rame hingga susah dinikmati….Yang lucu macam Night at The Museum or The Holidays, nyatanya cuma bikin senyum kecil saja….Sedangkan film klas oscar macam The Last King of Scotland, LittleMiss Sunshine, Babel atawa Children of Men, gak bisa maksa aku tuk dapatkan sesuatu….. So…kayaknya aku tambah gak ngerti deh dengan seleranya para Hollywood Filmaker……

Sekarang kita bandingin dengan film Indonesia yang saya tonton akhir-akhir ini…..Dimulai dengan Janji Joni yang gak bosen ditonton 5 kali….Brownies nan romantis….Gie yang klasik banget….Mendadak Dangdut yang bikin tambah cinta ama Titi Kamal…..Jomblo yang ngingetin ama filemnya Bang Rano tempo dulu….Berbagi Suami yang Ngindonesia banget….serta Ruang-nya Luna Maya yang indah……(sorry aku gak nonton film-film horor macam Kuntilanak or Hantu Jeruk Purut or Pocong or Terowongan Casablanca…..soalnya aku paling takut dengan hantu…..) Bagaimana…..?! Apakah saya seorang nasionalis atau sekedar pencinta dan penikmat sebuah film…..Coba bandingin saja sendiri dengan menontonnya…..

Dan malam minggu kemaren…..kecintaanku pada film-film Indonesia terpuaskan saat menonton acara Indonesian Movie Award (IMA) sebuah pesta yang menurut Arswendo sebagai citra artis Indonesia…. mungkin dengan maksud menyindir Piala Citra kita tahun ini yang begitu heboh dan kontroversial….. Sebagai yang terbaik….muncul film Denias sebagai yang terfavorit…..(favorit darimana….wong film anak-anak gitu….bagi aku mah tetep….Joni…!!). Sedangkan aktor dan aktris terfavorit diterima oleh Tora Sudiro yang tampil konyol saat menerima piala…..dan Nirina Zubir dalam film mirror (weleh….saingannya kagak ada sih…si Titi kagak masuk….). Walaupun demikian…saya kira acara kemaren tidak akan membikin insan film bete lagi……) Dan saya cukup senang ketika melihat Titi Kamal yang maju sampai tiga kali sebagai yang terfavorit (sayangnya Kinaryosihnya berhalangan)…..Juga sang Arjuna baru setelah Nicolas Saputra….yakni si Jomblo Agus Ringgo…..maybe not….maybe yes…..

Bagi saya sendiri….ramainya film Indonesia saat ini sudah mulai mendekati gemuruhnya film nasional pada era 80-an…..dimana waktu itu hampir tiap minggu aku dua kali nonton…di gedung-gedung bioskop murahan di kotaku….Selasa malam saat aku nonton sendirian karena filmnya kebanyakan film barat….dan Minggu Siang, saat rame-rame nonton Film Indonesia atau Film Silat Mandarin….yang jamak di putar di hari libur…..Sehingga aku kadang terheran-heran melihat aktor dan aktris Indonesia idolaku pada masa itu….bisa mengalami metamorfosis peran di masa kini….Sebagai misal, Barry Prima yang dulu begitu perkasa, tiba-tiba bisa menjadi sopir taksi (Janji Joni) atau seorang banci (Realitas Cinta dan Rock ‘n Roll) di masa kini….atau seorang Nurul Arifin nan seronok (yang paling berkesan di filmnya Barry Prima….Mandala….) di masa itu, tiba-tiba menjadi aktifis perempuan yang disegani di masa kini….. Juga idolaku Inneke Koesherawati yang kini demikian anggun….padahal dulunya termasuk wanita fantasiku karena perannya yang…….hi….hi…hi…..

Terlepas dari itu semua…acara itu cukup membuatku memiliki daftar panjang film-film Indonesia bermutu yang harus aku tonton dalam waktu dekat….misalnya D’Bijis, Detik Terakhir, Tentang Dia, Badai Pasti Berlalu, Panggung Pinggir Kali, serta Denias…..Aku Cinta Film Indoonesia…!!

Satu Balasan ke Aku Cinta Film Indonesia…..

  1. pengertian akord mengatakan:

    gue juga cinta perpileman indonesia….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: