Andai Sikap Manusia Indonesia Selalu Seperti Saat Nonton Kekalahan Indonesia Atas Korea

Kekalahan yang Mengasyikkan….

Masih ingat dengan kekalahan tragis Indonesia saat melawan Arab Saudi karena gol di detik terakhir ?! Uuaaah….jangan diingat-ingat itu….!! Menyakitkan sekali…!! Masih ingat kekalahan Indonesia saat melawan Korea….hanya 1-0 dan itu pun karena tembakan untung-untungan dan untungnya menimpa badan si Ridwan hingga terjadi Gol….?! Ini juga jangan diingat-ingat……Perih…..Perih banget….!! Mungkin begitu kata sebagian besar fans Timnas Indonesia pada Piala Asia….Tapi walau kalah aku melihat sesuatu yang indah disitu…..sesuatu yang ingin selalu kulihat pada manusia Indonesia saat ini…..sebab kalau begitu teros….negara kita tidak akan terus terpuruk seperti ini…..atau mungkin dari sepakbola itu, semangat kebangkitan manusia Indonesia dimulai……meski harus dari sebuah kekalahan….ya….kekalahan yang mengasyikkan….

Baiklah kita coba refleksikan peristiwa-peristiwa yang sempat kurekam saat kekalahan Indonesia atas Korea, yang berarti lolosnya kesebelasan kebanggan kita ke perempat final piala asia….

1.Semangat Kebangsaan
Kalau ini jelas….bahkan AFC sendiri akan merinding jika melihat membludaknya penonton di Stadion Utama Senayan dalam mendukung tim merah putih….. Disini saya melihatnya sebagai sebuah semangat kebangsaan alias semangat mencintai Indonesia nan begitu tinggi….Tentu saja jika itu dilakukan terus menerus maka negeri kita akan dipenuhi manusia-manusia idealis nan mencintai negerinya…dalam arti bekerja penuh cinta terhadap tanah air…..tidak mau bekerja pada bidang yang bisa merusak budaya tanah air….lingkungan tanah air…tidak mau mencari keuntungan sendiri walau itu merugikan warga lainnya…..naaa….dengan semangat itulah….negeri kita akan terbebas dari korupsi…. kolusi….bebas pengrusakan hutan….bebas pornografi…..dsb (dan saya bingung….soalnya saya lelaki normal….)

2.Semangat Mengakui Kekalahan dengan Ikhlas
Selama ini di Indonesia….kegagalan identik dengan pemecatan….tetapi Anda bisa melihat bahwa saat ini banyak orang yang menginginkan agar mempertahankan Timnas dan Ivan Kolev …..bahkan pernyataan itu ditegaskan oleh seorang SBY….!! Dan inilah yang dinamakan dengan jiwa sportivitas yang asli….!! Dan alangkah indahnya jika itu diterapkan dalam kehidupan masyarakat….bersaing secara sehat….dan apabila kalah ya…terima….gak usah pakai maen kayu or maen belakang…..yang hasilnya bikin tambah remuk situasi….

3.Semangat Tidak Mencari Kambing Hitam
Ya….kekalahan memang harus diterima dengan ikhlas….dalam arti jangan mencari pembenar apalagi mencari kambing hitam…..Misalnya gol Arab saudi tidak akan terjadi jika Ismed Sofyan tidak melakukan pelanggaran yang tidak perlu disisi kiri gawang Timnas….atau gol Korea yang lahir karena menyentuh body M. Ridwan…..Ya….kekalahan itu bukan kesalahan mereka berdua…..melainkan kita memang saat ini harus kalah tetapi lain waktu kita akan berusaha jadi pemenang……Dan demikian pula kita saat menghadapi kondisi negara saat ini….tidak perlu saling tuding…saling menyalahkan….yang penting sikap mau memperbaiki kondisi negara ini bersama-sama…..bukan malah tambah merusaknya….mumpung lagi ada kesempatan… mumpung lagi punya wewenang….. Bagaimana dengan Zainal Arief…?! Ah…kaburnya dia khan juga karena pegennya maen yang begitu besar tapi gak kesampaian…..alias begitu cinta dengan Merah Putih….tapi harus patah hati karena jadi cadangan abadi…..

4.Semangat Menghargai Kerja Keras Seseorang
Tidak ada caci maki yang terlontar dari mulut penonton…..kecewa boleh dan wajar sebagai manusia….tetapi melihat kerja keras yang ditunjukkan merah putih….melihat usaha yang ditunjukkan para pemain….kita layak menghargai mereka…..salah satunya dengan mempertahankan tim ini…..juga Ivan Kolev tentunya….karena kegagalan bukanlah akhir…..kegagalan adalah awal dari kegagalan-kegagalan selanjutnya…..LHO…?! Yeah….pokoknya harus terus berusaha gitu……

5.Semangat untuk Tetap Optimis
Alangkah indahnya kalimat yang diluncurkan para pemuka PSSI…..”TIM ini sudah bagus, hanya kurang pengalaman menghadapi pertandingan internasional….OK, nanti kita akan jadwalkan mereka untuk bertanding melawan Tim-Tim kuat dunia guna menghadapi Pra Piala Dunia 2010…” Sebuah kalimat optimis yang jarang diucapkan manusia Indonesia….. Ya…. kalau mau, bangsa kita tidak kalah kelas dengan bangsa-bangsa lain di dunia….dan kita tidak perlu minder….mereka juga manusia….!! Dengan tekad dan kerja keras…..apa sih yang tak mungkin di dunia ini….

6.Semangat Penegakan Hukum
He….he…he….kalo ini berkenaan dengan tayangan pemukulan polisi pada para penyusup alias penonton tanpa karcis yang mencoba masuk stadion tanpa tiket…Ya…kalau kita memandangnya dari kacamata kekerasan yang dilakukan aparat sih….Tapi coba bayangin para polisi itu sebagai seorang penegak hukum yang tanpa kompromi memberantas setiap aksi kejahatan….ah…. rasanya alangkah indahnya bumi Indonesia ini….

7.Semangat Memberi dan Mencari Alternatif
Ya…ini lanjutannya…..melihat banyaknya animo penonton yang begitu tinggi….panita berinisitaif menyediakan layar besar di sekitar stadion….dan penonton yang tidak kebagian karcis ya….mau nonton dengan tertib…..Dan itulah seharusnya manusia Indonesia…..mau mengikuti prosedur yang baik….gak kebagian karcis ya…nonton diluar stadion….gak usah nekad nonton walau harus beli karcis dari calo…apalagi sampai nekad nerobos pager…..Kenikmatan menonton sih memang kurang….tapi khan sama-sama nonton juga….?! Jangan karena kenikmatan sesaat kita sampai rela nyogok-nyogok……soalnya korupsi itu ada….sesuai hukum penawaran dan permintaan….karena adanya permintaan and iming-iming….kalau kita semuanya taat azas dan aturan permainan…..khan gak ada tuh calo….juga gak ada yang namanya “jalur cepat” di negeri ini…..

Satu Balasan ke Andai Sikap Manusia Indonesia Selalu Seperti Saat Nonton Kekalahan Indonesia Atas Korea

  1. Johnd847 mengatakan:

    I truly appreciate this article.Really thank you! Fantastic. aagbekcfkafd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: