Mengapa Popularitas SBY Menurun…..?!

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan LSI (Lembaga Survey Indonesia) dan disiarkan oleh Metro TV menyebutkan bahwa terjadi penurunan popularitas pemerintahan SBY, yakni dari 80% pada tahun 2004 menjadi hanya 54 %. Hal itu ternyata bukan tidak disadari oleh para lawan-lawan politik SBY bahkan mungkin mereka semua telah mengantisipasinya…. buktinya sekarang para lawan politiknya itu rame-rame mendaulat dirinya telah didukung partai sebagai Capres pada Pemilu 2009. Mula-mula Megawati dengan ‘teror tebar pesona’nya mengecam pemerintahan SBY, untuk kemudian secara terang-terangan menuduh pemerintahan SBY kurang berfihak pada rakyat. Oleh karena itu Megawati menyatakan diri telah didukung oleh PDIP untuk mencalonkan diri lagi pada Pilpres 2009…..

Dan setelah itu, rame-rame para pesaing menyatakan diri maju pada sebagai Capres….dimulai dari Gus Dur yang masih setia dengan PKB-nya…..Kemudian Bang Yos terang-terangan menyatakan didukung oleh 16 partai, termasuk PAN, PKS, PBB, untuk maju sebagai penantang serius dalam Pilpres….. Setelah itu Wiranto, sang nomor 3 pada Pilpres 2004, dengan malu-malu mengatakan masih pikir-pikir dulu mau maju apa tidak, dengan alasan hendak membesarkan partai yang baru saja dibentuknya (Partai Hati Nurani Rakyat)….dan yang terakhir sekaligus mengejutkan adalah Sang Maharaja Yogya…. Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan siap dilamar parpol untuk maju dalam Pilpres 2009…. Ngeri….!! (Pinjem istilahnya Zuki dari PPT)

Menanggapi hal ini, SBY secara basa-basi menyatakan menghargai para Cacapres itu dan menganggapnya sebagai bagian dari demokrasi. Sedangkan tentang nasib Pilpres 2009, SBY secara diplomatis akan berkonsentrasi menyelesaikan tugas-tugasnya dahulu baru nanti pada pertengahan 2009 dia akan memutuskan mau maju lagi atau tidak….(jawabnya jelas maju to….?!). Walaupun kelihatannya santai tapi ada kecaman juga dari pemerintah melalui LEMHANAS (yang beritanya dikirim oleh JN-News. Heran rajin amat tuh orang ngirimin sms ke gua terus….bingung aku….) Menurut LEMHANAS, tengah terjadi krisis etika berpolitik dengan bermunculannya para Capres….. Moga-moga itu pendapat murni dari LEMHANAS dan bukan hasil suruhan SBY……

Saya sendiri pada posting kali ini lebih tertarik pada mengevaluasi kinerja SBY hingga menyebabkan popularitasnya menurun daripada sibuk berpolemik tentang boleh tidaknya para Cacapres itu sedini mungkin ngaku sebagai penantang SBY…..So…inilah beberapa hal yang menurut saya menyebabkan popularitas SBY menurun…..

1.SBY sering bersikap tidak tegas
Sebenarnya sebagian besar rakyat memilih SBY karena memandang latar belakangnya sebagai seorang militer. Harapannya, SBY dapat bersikap tegas guna meluruskan proses reformasi di negeri ini sehingga tidak diselewengkan oleh segelintir elit politik yang ngaku-ngaku sebagai wakil rakyat. Tetapi apa yang terjadi….?! Banyak sekali kita melihat sikap ketidaktegasan SBY dalam menangani berbagai masalah di negeri ini. Yang paling mudah saja adalah dalam pemilihan menteri yang notabene adalah pembantu presiden dan merupakan hak penuh presiden…..eh….ternyata masih seperti dulu alias sebelum Presiden dipilih langsung oleh rakyat………tangan-tangan politik masih bermain disitu….Parpol masih kita lihat memaksakan anggotanya duduk dalam kabinet. Mereka masih menganggap bahwa jabatan menteri adalah sebuah kebanggan partai sehingga jika anggotanya dipilih Presiden maka mereka akan berperan sebagai partai koalisi alias bukan partai oposisi…..Akibatnya apa….?! Ya….begitulah, kita masih seringkali melihat ketidakbecusan para menteri itu dalam bekerja….

2.SBY sukanya main aman
Disini saya melihat SBY masih suka tebar pesona pada DPR….ini seperti kata Mbak Mega…..SBY terkesan masih takut pada power DPR….sehingga kita tidak bisa melihat seorang Presiden yang kuat posisinya karena telah dipilih oleh rakyat……Presiden masih suka manut pada tuntutan anggota Dewan yang kadang tidak masuk akal dan kurang memperhatikan nasib rakyat…..Pokoknya SBY masih suka memanjakan anggota Dewan…..”Aku beri kau fasilitas yang OK….tapi nanti jangan ngrecoki programnya pemerintah ya……Pemerintah mau naikin BBM nich…..Listrik juga….UU Naker mau maju….Pokoknya kamu diam saja ya…entar tak kasih dech yang bagus-bagus….juga buat partai lu……Kita khan pengennya pekerjaan kita lancar ya…..Dewan lancar….Pemerintah lancar…Rakyat….?! Lancar juga masok pajaknya…..”

3.Pemerintahan SBY kurang membela kepentingan rakyat
Indikatornya jelas…..pengangguran semakin bertambah, tingkat kemiskinan yang semakin tinggi, semakin lebarnya antara si miskin dan si kaya….dsb…dsb……Coba saja kebijakan SBY untuk mengatasi hal tersebut. Tarif listrik semakin tinggi, BBM naik, UU Naker yang memihak pengusaha, belum lagi masalah sembako yang semakin melangit. Yang terakhir pemerintahan SBY menuduh rakyat kecil sebagai biang boros. So…. dikeluarkanlah kebijakan konversi minyak tanah menjadi gas buat menghemat subsidi APBN terhadap harga minyak tanah…..

4.Pemerintahan SBY rawan bencana
Itulah pendapat sebagian besar orang yang saya sering dengar. Ya….belum genap 3 bulan, pemerintahan SBY sudah diguncang dengan tsunami….kemudian banjir dimana-mana….tanah longsor……gempa Yogya….bencana Lapindo…..wabah flu burung, demam berdarah….. Kecelakaan pesawat, kapal laut, kereta api….gempa di Padang….. wuih baru 3 tahun pemerintahan SBY, hampir penuh dengan bencana….hingga tak heran banyak orang yang menyatakan bahwa SBY boleh menang di Pilpres 2004, tapi tampuk kekuasaannya tidak didapat dengan cara yang wajar….buktinya Tuhan pun tidak merestuinya….Itu kata orang. Kalau menurut aku sich, bukan masalah direstui atau tidaknya….tapi ada satu kesamaan dalam peran pemerintahan SBY pada setiap bencana itu….yakni hampir tidak pernah memuaskan….!! Mulai dari informasi yang carut marut, lambannya penanganan bencana, bantuan yang datang terlambat, termasuk hampir tidak adanya proses rehabilitasi…kesemuanya menunjukkan lemahnya kinerja pemerintah dalam penanganan bencana…….Itu saja…!!

Itu dech kayaknya empat besar penyebab turunnya popularitas SBY…..Itu menurut saya….kalau menurut Anda, apakah ada yang perlu ditambahkan…..?!

3 Balasan ke Mengapa Popularitas SBY Menurun…..?!

  1. anggara mengatakan:

    nggak sih, tapi dia tetap berpotensi untuk menjadi presiden kembali dibanding yang lainnya

  2. rakyat kecil mengatakan:

    yang jelas
    ane bikin turun juga bang
    dulu pilih sekarang ngak
    kekekek

  3. dhuzell mengatakan:

    Setuju …. pelajaran buat seluruh bangsa. Jangan lagi pilih presiden karena gagah dan ganteng. Tapi apa yang bisa dilakukan. Bandingkan SBY JK dan SBY Budiono… tentu kita akan rindu SBY JK karena sikap tegas dari JK. Tapi JK dapat apa. … itulah pengorbanan sejati dari JK.
    Pemimpin itu yang dicari harus tegas … tegas .. tegas … walaupun agak salah … ketimbang orangyang gak berbuat karena takut salah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: