Jangan Kendalikan Suara Kami (Para Blogger)…..!!

Pesta Blogger 2007 pada prinsipnya merupakan sebuah pengakuan dari pemerintah terhadap keberadaan komunitas blog Indonesia. Bagaimana tidak, acara yang diketuai oleh Enda Nasution itu dibuka secara resmi oleh wakil pemerintah, yakni Bapak Menkominfo “Muhammad Nuh”. Bahkan dalam sambutannya Menkominfo menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai hari blogger nasional. Lebih lanjut, seperti acara seremonial-seremonial lain dilakukan pemilihan blog-blog terbaik dengan berbagai katagori…..

Saya sendiri terus terang kurang tertarik mengikuti acara tersebut. Bahkan tahu beritanya saja saat nonton metro TV pada Senin malam dan muatnya juga baru hari ini…. Bukan aku tidak setuju dengan acara tersebut….aku cuman kurang tertarik koq, gak lebih….malah sebenarnya aku ikut senang juga dengan acara yang secara tidak langsung mengakui keberadaan kita di dunia maya….bahkan diberi tag bagus lagi…yakni suara para blogger adalah suara baru Indonesia……Siiiipp….lah…..

Hanya ada satu ganjelanku pada acara-acara yang sudah mulai dikenali oleh pemerintah itu…..soalnya pasti ujung-ujungnya pemerintah berusaha mengatur-ngatur kita….Sebagai contoh Menkominfo dalam sambutannya disamping memuji keberanian para blogger untuk menuangkan buah pikirannya dalam bentuk tulisan, beliau juga menghimbau agar para blogger mengarahkan tulisan-tulisannya kearah yang edukatif…..Na….wes mulai to…..?! Acara ngatur-ngaturnya pasti gak ketinggalan……

Padahal kita tahu bahwa semangat para blogger adalah semangat kebebasan bersuara yang tanpa batas….bahkan mungkin tanpa etika….mau nulis apa kek….ngomong apa kek…..mau muji-muji…..mau maki-maki….bahkan misuh-misuh sampek najis….juga gak pa-pa….emang gua pikirin lu nulis apa’an….Gua suka ya gua baca…kalau suka banget ya gua save as …..sementara gak suka….ya dikomentari jelek kalau mau….atau pas gak mau ya….gak usah dibaca….bahkan gak usah dikunjungi sama sekali….Karena itulah asyiknya ngeblok…gak onok aturane……bueeebaaasssss…….!!

Kebebasan yang sebebas-bebasnya adalah sesuatu yang susah kita temui di dunia nyata….soalnya di dunia nyata kita sangat terikat dengan norma….akrab dengan ketakutan….juga gengsi plus jaim skalian….Sementara di dunia maya….ya harusnya dunia yang penuh khayalan….ala film-film fantasi anak-anak yang lagi marak macam Hari Puter atau LOTR…..bahkan mungkin tambah jalang juga…..Na….kalau itu sampek dilarang-larang atau hanya dibatasi sekalipun maka dunia ngeblog menjadi tidak asyik lagi…..Ya….daripada ngeblog yang gak jelas…ya…mending bikin situs saja yang jelas-jelas cetho asal-usulnya…..Yo…. to…?! Yo…. to….?!

Wes ngono wae tulisan saya hari ini….pendek kata pemerintah bolah boleh saja ngakuin keberadaan kita sebagai sebuah kelompok komunitas….tapi masalah kontent blog…. sorry kita gak mau diatur-atur….Bagi saya suara yang muncul adalah suara yang keluar dari dalam diri yang paling dalam….kadang baik….kadang buruk…kadang mendukung pemerintah….tapi ya kadang ngejelekin pemerintah yang gak becus kerja….So…Jangan Kendalikan Suara Kami….Karena kami ini merupakan komunitas mbregudol…..alias wong sak karepe dewe……sak gelem-geleme olehe nulis….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: