Bisakah Kita Menjadi Seorang Pahlawan…..?!

Apakah definisi Pahlawan pada era milenium ini….?! Kalau dulu sich gampang, soalnya tujuannya jelas mempertahankan kemerdekaan itu sampai titik darah penghabisan….maka munculah nama-nama seperti Pangeran Diponegoro, Cut Nya’ Dien, Imam Bonjol, Alibasyah Sentot, Teuku Umar sebagai para pahlawan yang gugur demi mendapatkan kemerdekaan….Yang agak baru adalah Soekarno, Bung Hatta, Bung Tomo, Jendral Sudirman, Sjahrir sebagai para pahlawan yang berhasil memerdekakan negeri ini….itu yang terkenal….Yang tidak terkenal mungkin ada Paino, Jaiman, Sukidi, Munandar, Agus, Yahmi….Para pahlawan tak terkenal yang mungkin ikut gugur dalam peristiwa 10 November 1945…..

Bagaimana dengan saat ini….?! Bisakah kita menjadi seorang pahlawan bagi negeri ini….?! Apa kriterianya…?! Apa tujuannya….?! Susah juga ya….padahal setiap orang pasti ingin menjadi pahlawan….Lalu apa definisi Pahlawan di jaman ini….?! Ada komentar menarik dari John Mc. Line saat ditanya oleh Matt, dua orang tokoh utama film Live Free or Die Hard saat mereka berjuang mati-matian melawan super hacker yang mengacaukan Amerika
”Mengapa Paman mau bersusah payah berjuang seperti ini….?!”
Yah…sebenarnya aku gak mau juga…Tapi berhubung tidak ada orang yang mau melakukan….terpaksa dech…..Kalau ada yang mau menangani sich, dengan senang hati aku akan pensiun…..”
……Sebuah komentar menarik, yang sedikit banyak menggambarkan definisi pahlawan di jaman ini…(atau ‘gak ada yang mau melakukan itu’ maksudnya gak ada yang mau bikin pilem ala Die Hard selain Bruce Willis ya….?!)

Kalau definisinya ala Bruce Willis itu…..kira-kira bisa nggak kita menjadi seorang pahlawan….?! Saya ada beberapa pendapat mengenai orang-orang yang pantas dianggap pahlawan di jaman ini…..dan inilah mereka….

1. Anda adalah seorang petugas pajak yang rela hidup di rumah kontrakan tanpa mau tergoda sogokan pajak dari perusahaan-perusahaan besar. Dan itu Anda lakukan semata-mata untuk meningkatkan pemasukan pajak bagi negara…. Bagi Anda Negeri ini akan makmur jika penerimaan pajak bisa dioptimalkan…. Walaupun untuk itu Anda juga harus menghadapi kenyataan bahwa penolakan sogokan itu tidak berarti banyak karena si perusahaan akan mencoba menyogok petugas pajak yang jabatannya melebihi Anda….disamping hasil pajak yang Anda kumpulkan itu tidak semuanya sampai ke tangan rakyat…..’cause dadi bancakan koruptor-koruptor berseragam……

2. Anda adalah seorang pintar laiknya Habibie dan dapat kesempatan via beasiswa untuk bersekolah di luar negeri. Sangking pintarnya Anda sampai-sampai pihak pemerintah luar negeri meminta Anda untuk tinggal saja dengan iming-iming jaminan hidup yang mewah…. Tetapi mengingat ilmu yang Anda pelajari sangat berguna bagi kemajuan Indonesia maka Anda memilih pulang walau untuk itu Anda harus siap hidup ‘tidak mewah’mengingat standar gaji yang Saudara terima di negeri ini tidak akan sebesar gaji di luar negeri…..

3. Anda adalah seorang anggota Dewan yang rela direcall karena tak mau menandatangani nota persetujuan atas sebuah rancangan undang-undang yang sangat membela kepentingan partai Anda dengan mengabaikan kepentingan rakyat.

4. Anda adalah seorang pesepakbola yang selalu berjuang mati-matian dalam membela merah putih….Sangking ngototnya Anda, dalam sebuah pertandingan sepakbola Pra Piala Dunia Anda mengalami cedera….Akibatnya Anda harus mengakhiri karier Anda sebagai seorangpesepakbola…..juga hilangnya sejumlah sponsor yang mendukung Anda….Anda pun dikeluarkan dari klub yang membayar Anda….hingga Anda harus bingung menghidupi keluarga Anda selepas pensiun…..

5. Anda adalah seorang guru yang…..aduh ma’af tiba-tiba saja kriteria guru ideal itu hilang dari imajinasi saya…..

6. Anda adalah seorang dokter…..walah apalagi dokter….guru saja kagak….

7. Hakim…..????????

merdeka1.jpg

3 Balasan ke Bisakah Kita Menjadi Seorang Pahlawan…..?!

  1. unyil mengatakan:

    wah yang nulis artikel ini baru pahlawan, tapi ngomong-ngomong gaji orang pajak yang paling rendah khan minimal 9 juta-10 jutaan, (termasuk yg fresh graduate) tapi koq masih ngontrak ya ? kenapa ya ?

  2. ecy mengatakan:

    hmm, yah kita bisa jadi pahlawan, dengan kepedulian kita terhadap apa yang terjadi di negeri kita tercinta ini . so guys, prove to the world, if u can do as well as the heroes before us, in this era.

  3. cHopie mengatakan:

    ye..ye…
    Wath w pahlawan toe orank yang kagak punya apa2 tpie gak pernah korupsi…

    hidupsederhana gak punya apa2 tapi banyak cinta.
    hidup bermewah2n punya segalanya tapi ssengsara.
    seperti para KORUPTOR.

    n Gag LuPa ibU w JA=ga PahLawan BAgi gW…
    oZ beLiau ngaSiH baNyak Arti daLam hiduP W tanPa minta ImbaLan sepEser pun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: