Yang Begini Masih Ada di Indonesia….

Perjalanan Jepara-Semarang waktu itu begitu melelahkan….udara di luar begitu panas…apalagi bus yang kutumpangi hanya sekedar minibus reyot tanpa AC….ples ditambah kondisi tubuhku yang sedikit kurang tidur…. so….agak jengkel juga waktu ada seorang Bapak yang ndesek-ndesek tubuhku yang terkantuk-kantuk…but karena begitu capek…tanpa komentar alias ngedumel tak tinggal tidur saja tu Bapak kumel…….But sampai di daerah Welahan aku terbangun…..bukan karena tidurku sudah cukup…..tapi karena gak enak aja lama-lama tidur di kursi sumpek ples panas…..dan saat itu juga si Bapak mulai membuka pembicaraan…..

“Badhe tindak pundi….?!
“Mau ke Semarang Pak…Kalau Bapak sendiri mau kemana….?!” sebenarnya males juga ngelayani si Bapak but berhubung dia seorang tua yang harus kita hormati juga maka ya dengan basa-basi tak tanya juga dia…..
”Saya mau ke Sumatra….nengok anak….tapi mau lewat Magelang saja….” Begitu Bapak itu nerocos dengan Bahasa Jawa ’medok’ yang lirih hingga aku harus terbata-bata dalam menerjemahkan maksudnya….
”Sudah berhari-hari ini perasaan saya gak enak…..dan kalau begini biasanya anak saya disana itu sedang sakit…..”

Ada yang aneh dari pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan Pak Tua itu…..sesuatu yang hampir tidak masuk akal. Yang pertama adalah kalau mau ke Sumatra via Pelabuhan Merak khan lewatnya Jakarta…..njur kenapa dari Jepara koq ke Magelang dahulu….bukankah harusnya dari Semarang bisa langsung naik travel or bus ke Jakarta….?! Yang kedua, koq anaknya sakit dengan indikasi perasaan yang tidak enak saja…..kenapa koq gak telpon dahulu….or minimal nyurati saja…koq dadak capek-capek ngebis dari Jepara langsung Sumatra demi sesuatu yang tidak pasti….khan biayanya pasti banyak….bahkan sekilas saya sempat melirik tuh Bapak sempat megang surat gadai …. yang menurut dugaan saya Beliau sampai menggadaikan barangnya buat ongkos ke Sumatra…..ANEH….!! Hingga saya pun tergelitik buat nanya tuh Bapak tentang pertanyaan-pertanyaan saya itu.

Jawaban pertanyaan pertama saya ternyata adalah……soalnya di Magelang ada bus Handoyo langganan si Bapak….ini juga aneh karena ternyata si Bapak terakhir kesana tahun 2005…..!! Sebenarnya mau tak saranin buat nyari bus di Semarang saja…..tapi melihat begitu bersemangatnya si Bapak menceritakan bagusnya pelayanan bus favoritnya itu…..akhirnya takbiarin dan maklumin saja keputusan si Bapak….soalnya saya takut juga jika si Bapak lugu itu kesasar karena advis saya…..so….

Sedang mengenai kabar sakitnya si anak…..dengan bersemangat si Bapak menuturkan bahwa sudah berhari-hari ini Ibunya diimpeni si anak laki-laki tunggalnya yang sedang merantau di Sumatra itu…..katanya diimpeni seolah-olah dia pulang ke rumah…..hingga hal itu membuat si Bapak menjadi tidak tenang…..apalagi surat yang beliau kirimkan pada bulan Agustus tidak mendapatkan balasan dari si anak……Ketika saya tanya umur si anak guna melihat kemungkinan kepemilikan mahluk yang bernama Hape…..ternyata umur si anak baru 30 tahun sehingga sangat besar kemungkinannya si anak memiliki Hape….hingga saya berani menyarankan si Bapak untuk pada nantinya menanyakan nomor Hape si anak …..hingga jika muncul perasaan kangen atau timbul firasat jelek bisa diketahui dengan menelponnya terlebih dahulu…..

Tapi dengan separo tidak menggubris, si Bapak terus nerocos bahwa di Sumatra itu lain dengan orang Jawa…..Kalau disana itu jika ada seseorang yang maju usahanya maka orang Sumatra akan menyantetnya agar dia selalu merasa sakit-sakitan….bahkan si Ibu dan si Bapak yang kelihatannya pernah lama tinggal disana pernah mengalami di santet tadi…..si Ibu yang waktu di Sumatra itu sakit-sakitan, begitu dibawa pulang ke Jawa langsung sembuh….!! Oleh karena itu Bapak itu berani memastikan bahwa saat ini si anak sedang sakit karena disantet……hingga dia bertekad untuk membawa pulang si anak ke Jawa saja…..

Tambah pusing aku mendengarkan cerita si Bapak….hingga saya kemudian memilih untuk diam saja tanpa mau memberikan saran lagi…..takut ndak malah menyinggung perasaan si Bapak….Yang jelas hanya satu yang ada difikiran saya waktu itu……ternyata yang model begini ini masih ada di Indonesia…..orang lugu….buta arah…..buta teknologi….buta informasi….dan saya yakin bukan hanya si Bapak itu saja…..bahkan jumlahnya mungkin banyak……tapi itu bagian dari Indonesia juga khan…..dan ternyata masih banyak yang perlu kita kerjakan untuk memajukan negeri ini…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: