Hebatnya Liga Indonesia….!!

Sea Games 2007 telah berakhir……dengan sebuah bukti baru bagaimana merosotnya prestasi Olah Raga Indonesia di kawasan yang katanya dulu pernah menjadi daerah kekuasaan Indonesia, yakni Asia Tenggara…..Hanya 56 emas yang berhasil dibawa pulang oleh Duta Olah Raga Indonesia (perak dan perunggunya gak penting….karena menurut Adhyaksa Dault tak ada bonus untuk peraih perak dan perunggu…..jadi taruhannya emas atau tidak sama sekali…..!! Dan yang lebih hebat lagi, Sang Menpora sejak jauh-jauh hari telah memprediksi emas Indonesia adalah 57 atau hanya meleset 1 keping….!! Bandingkan dengan target yang terlalu optimistis dari Satgas Pelatnas yang 70 emas….atau 42 yang diprediksikan tabloid Bola…!!)…alias hanya peringkat 4 atau memang sesuai target pemerintah….

Seperti biasa….saling tuding menjadi agenda utama dari semua kalangan tentang kegagalan Indonesia itu….Bahkan ada kalangan yang menuding bahwa kemunduran prestasi olah raga kita disebabkan oleh SEPAK BOLA NASIONAL….!! Mengapa demikian…?! Menurut kalangan itu, selama ini dana pembinaan olah raga, utamanya yang ada di pemerintah daerah, yang seharusnya dibagi rata pada seluruh cabang….banyak tersedot untuk kegiatan klub-klub sepak bola guna mengikuti kompetisi Liga Indonesia….hingga pembinaan cabang olah raga lain menjadi terabaikan….!! Dan hasilnya apa….?! Ya…seluruh cabang olah raga Indonesia menjadi merosot prestasinya….tak terkecuali si anak emas sepak bola itu sendiri…..

Lebih jauh, dalam sebuah tayangan di Metro TV dijelaskan dosa-dosa insan sepakbola nasional….mulai dari sang ketua umum yang Napi…..Tidak ada restu dari FIFA terhadap keberadaan PSSI….sampai prestasi Sepak Bola yang gak ada…..sebagai misal gagal berprestasi di Piala Asia 2007….gagal di Pra Piala Dunia….gagal di penyisihan Olimpiade…dan terakhir gagal di Sea Games Thailand 2007….serta gagalnya wakil Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam Liga Champion Asia 2008 karena kompetisi yang belum menelurkan juara….seakan menahbiskan bagaimana bobroknya manajemen sepakbola nasional….Bahkan sebagian kalangan mulai mempertanyakan pertanggungjawaban para insan sepakbola nasional yang konon telah menghabiskan dana olah raga lebih dari 50 triliun rupiah….!!

Lalu apa jawaban dari para pelaku sepakbola Indonesia…..Bukan….bukan omong kosong dari seorang Nugroho Besoes jawabnya (tokoh ini lama kelamaan bikin muak dengan pembelaannya yang munafik…!!). Dan Liga Indonesia punya jawaban atas pertanyaan dana tadi….dan jawabnya cukup dengan permainan menawan diatas lapangan….!! Dan akhir-akhir ini kita memang seolah dimanjakan dengan permainan ngotot dengan gol-gol indah dari Liga Indonesia…..mulai dari pertandingan keras antara Persib vs Persitara (sial untuk Persib Bandung…), lalu pertandingan penuh gol cantik antara Persebaya vs PSIM…..juga derby penuh gengsi antara Persija vs Persitara guna memperebutkan kawasan ibukota….lalu ulangan Final LI 2006 antara Persik vs PSIS….hingga pertandingan bukti penguasa antara Persija vs Sriwijayan FC….. yang lagi-lagi diwarnai gol indah dari Ismed Sofyan…..HEBAT….!! Dan saya jamin pertandingan-pertandingan itu akan lebih hebat (bahkan) daripada pertandingan Liga Inggris yang ditayangkan salah satu Televisi nasional kita….!! (soalnya yang ditayangkan ya pertandingan tim kelas medioker sich….buktinya saat ada pertandingan panas antara MU vs Liverpool dan Arsenal vs Chelsea….eee….malah nayangin Derby vs Midlesborough……)

Ya….seperti itulah yang harusnya dilakukan seluruh insan olah raga dalam menghadapi tekanan kegagalan….beri kami bukti dan jangan hanya sibuk membela diri apalagi malah dengan mencari kambing hitam yang tidak perlu….Disini cabang Bulutangkis bisa dijadikan contoh nyata….disaat tekanan yang begitu besar atas merosotnya prestasi bulutangkis kita…..saat diberi target 4 emas….malah sapu bersih yang dilakukan…. khususnya Taufik Hidayat yang berkali-kali mendapat tekanan serupa…. dan tanpa banyak bicara dia selalu membalasnya dengan emas dan emas…..!!

Apalagi dengan janji sang mentri yang akan selalu memberi bonus menggiurkan dari setiap emas event antar negara….so…lihatlah even-even olah raga yang akan diselenggarakan di tahun-tahun mendatang…..mulai dari Olimpiade Beijing 2008….kemudian Sea Games lagi di tahun 2009….2010 dengan Asan Games-nya….wow…ternyata tiap tahun ada emas-emas yang dapat diperebutkan dan itu otomatis kucuran bonus yang besar dari Pemerintah….!! (belum lagi kucuran duit atas prestasi di Pesta Olah Raga Nasional sekelas PON yang cukup besar pula….) So….siapa bilang cabang olah raga lain tidak menjanjikan masa depan….tentu saja asal berprestasi……so….mulailah berlatih dengan keras sejak sekarang……akhirnya ya….Majulah Olah Raga Nasional….!!

Satu Balasan ke Hebatnya Liga Indonesia….!!

  1. haerunnisa istiqomah mengatakan:

    Seharusnya semakin banyak uang yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk klub-klub sepak bola Indonesia seharusnya pula kesebelasan Indonesia menyumbangkan prestasinya. k-lo gak gitu namanya “CURANG”!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: