Yang Lucu Tentang Korupsi

Kata orang Indonesia surganya korupsi….Karena apapun yang ada di negeri ini bisa dijadikan lahan korupsi. Berbagai anekdot dan cerita lucu diapungkan orang untuk menggambarkan betapa berat dan bejatnya perilaku korupsi di Indonesia…di windede.com ada beberapa cerita lucu mengenai korupsi di Indonesia, salah satunya adalah begini :

KONON, di akhirat nanti, setiap negara mendapat sebuah jam khusus. Jam itu sangat istimewa karena bisa menunjukkan tingkat kejujuran pejabat pemerintah suatu negara. Makin jujur, makin lambat pula jalannya jarum jam, demikian juga sebaliknya. Jam Filipina berputar kencang. Artinya benar saja tuduhan bahwa Marcos banyak korupsi. Demikian juga Kongo, negara-nya Mobutu Seseko, yang berputar lebih cepat lagi. Jam untuk sejumlah negara lain bervariasi. Kamerun dan China termasuk cepat. Amerika agak cepat, sementara Iran berjalan perlahan. Namun anehnya di situ tak ada jam negara kita, Indonesia. Maka nyeletuklah seseorang: “Lho jam Indonesia maaana?” tanyanya menyelidik. Sang malaikat pun menjawab dengan tenang dan kalem; “Kami taruh di belakang dapur, sangat cocok dijadikan kipas angin.”

Itu baru ceritanya. Di dunia nyata, saya juga melihat hal-hal yang lucu dari korupsi. Diantaranya saya uraikan dalam tulisan berikut.1. Sesuatu yang paling menarik dibicarakan dalam seminar dan diskusi-diskusi, baik di gedung-gedung, di radio, di televisi kecuali di ruang pengadilan…..

2. Sesuatu yang selalu berusaha hadir dan menghibur Saudara-Saudara Kita Yang Sedang Terkena Bencana (maksudnya setiap ada bantuan bencana pastinya selalu disunat-sunat….)

3. Sesuatu yang paling dibenci dan dihujat-hujat oleh setiap manusia Indonesia (terutama oleh orang yang belum kebagian), tetapi semua orang diam-diam pengen kenalan dengannya….

4. Banyak menolong para aparat pemerintah dalam mencukupi kehidupan keluarganya….soalnya kalau tidak korupsi katanya keluarganya gak makan karena gajinya gak cukup……gak bisa beli rumah…..gak bisa beli mobil….dua….tiga….

5. Sesuatu yang banyak dipakai oleh para kepala daerah buat mengembalikan modal yang telah mereka investasikan selama masa kempanye pemilihan kepala daerah….

6. Jumlah peraturan yang menghalangi praktek korupsi itu sama banyaknya dengan jumlah argumen yang dikeluarkan pelaku hukum untuk menghalangi koruptor masuk penjara

7. Pelaku Korupsi sering disamakan dengan tikus karena…..memang SAMA….!! Koq Bisa…?! Ya… iya lah. Wong tikus sama koruptor itu sama-sama species rakus melebihi babi yang rela makan apa saja tanpa tersisa….juga sama-sama mahkluk berbau, menjijikkan dan dibenci banyak orang…..tetapi juga sama-sama susah dibrantas…wong ibarat mati satu tumbuh seribu….dan herannya didaerah sulit makan, eee….jumlahnya juga sama-sama malah tambah banyak…..

8. Banyak dilakukan orang karena termasuk kejahatan yang mudah dilakukan tetapi susah dibuktikan. Mengapa…?! Korupsi selalu identik dengan kolusi hingga hakim pun bisa berlunak hati via komisi, sementara sang jaksa dapat diajak koalisi, dan pak polisi diminta untuk menangkap para saksi…..dengan tuduhan pencemaran nama baik….

9. Korupsi banyak muncul pada zaman reformasi sedangkan pada masa orde baru istilah itu hampir tidak pernah terdengar….(soalnya gak ada yang berani mengungkap….kalaulah ada si pelapor lah yang malah ditangkap……)

10. Banyak dilakukan orang pintar, orang kaya dan para pejabat di negeri ini….sementara orang miskin, orang bodoh, rakyat jelata tidak bakalan pernah korupsi….paling cuman maling ayam, nyopet, atau nyolong girik buat ngambil jatah raskin…..

11. Sebenarnya yang dibenci itu kayaknya sang koruptor deh….bukan korupsinya….mangkanya kalo korupsi jangan sampai ketangkep…..

2 Balasan ke Yang Lucu Tentang Korupsi

  1. windede mengatakan:

    Di China, karena hukum terhadap koruptor begitu kerasnya, korupsi hanya bisa dilakukan di bawah meja.
    Di India, yang walaupun ketat tapi belum sekeras China, korupsi masih bisa dilakukan di atas meja.
    Di Indonesia? Hehehe… mejanya pun dikorupsi!

  2. henriana mengatakan:

    hehehe,,, ijin copas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: