Hidup Merepotkan Mati pun Merepotkan

“Tak ada hidup yang lebih menyenangkan kecuali saat dia merasa berguna….”
Pepatah Orang Keren

He…he….he…tulisan kali ini hanyalah waton menulis saja….tanpa ada maksud menyindir-nyindir pihak tertentu….baik itu tokoh tertentu….pejabat tertentu….hakim tertentu….jaksa tertentu…atau malah koruptor tertentu…..Tetapi jika ada kesamaan nama maupun peristiwa atau malah menganggap bahasa yang saya gunakan mengandung banyak metafora….itu memanglah tidaklah disengaja….jadi ma’afkanlah bagi Anda yang merasa tersindir….walau saya yakin para yang mungkin tersindir itu tidak akan pernah membaca tulisan saya ini….mengingat bukan jalan teknologi dan kompetensi yang mereka pilih untuk mendapatkan kesuksesan…..

Kali ini saya akan bercerita tentang mahluk yang bernama tikus….Seperti juga kota-kota lain tikus menjadi problem tersendiri bagi masyarakat, khususnya di daerah perkotaan…. Bagaimana tidak….?! Mereka kerap kali mengganggu kehidupan masyarakat karena kerakusannya….berkeliaran dengans seenaknya….tidak pernah takut dengan manusia….mengacak-acak seluruh isi ruangan….menghabiskan sisa-sisa makanan atau malah persediaan makanan yang lupa diamankan dengan baik….susahnya lagi mereka susah dibrantas….ibarat mati satu dinasti…ada saja dinasti tikus baru yang akan menggantikannya…bahkan itupun dalam waktu yang singkat….!!

tom-and-jerry.jpg


Lingkungan tempat kontrakanku pun penuh dengan tikus…..mulai dari tikus pithi yang kecil-kecil….tikus clurut yang berbau…sampai tikus wirog yang besar dan suka ngacak-ngacak tempat sampah….Yang paling rakus sebenarnya adalah tikus pithi….waktu awal kontrak ada 3 ekor tikus pithi yang selalu rajin nyambangi meja makanku….layaknya si Jerry yang nakal, dia selalu datang dan pergi seenaknya dan selalu meludeskan seluruh makanan yang ada di meja….kalaulah tak habis….pastilah tinggal disisain potongan-potongan yang tak laik lagi buat dimakan kita-kita…..tikus jenis ini susah dibrantas…..sudah berkali-kali dipasangi jebakan selalu dicuekin…. saat kupelihara dua ekor kucing “Mimi dan Mumu” buat menangkapnya….ternyata mereka tetap eksis…. Yang bikin menyusahkan para kucing itu mungkin adalah markasnya yang ada di atap-atap rumah nan sempit…..Bahkan sampai Mimi dan Mumu lenyap….keberadaan mereka masih tetap ada….bahkan terlihat tambah besar saja…..untunglah saat si “Aming” datang (another my cat yang galak dan lincah…)….para tikus pithi itu bisa dibabat habis bahkan sak keturunan-keturunannya…..

Yang tidak berbahaya tapi cukup mengganggu adalah tikus clurut….mereka sebenarnya hanya memakan sisa-sisa makanan yang ada dibawah-bawah meja makan….tetapi suara cicitnya bener-bener menganggu…..dan yang bikin sebel adalah baunya yang bener-bener langu hingga bisa bikin istri saya muntah-muntah sangking jijiknya….Tikus jenis ini juga susah dibrantas….mereka beroperasi dengan selalu mencari jalan-jalan sempit dan pojok-pojok ruangan yang gelap….mereka baru mau keluar saat ruangan sepi….baunya yang menyengat bahkan bikin kucing pun muak hingga enggan mendekatinya….keberadaan dan kemusnahannya tak diketahui kapan tepatnya….ibarat datang tak diundang pulang tak diantar….dan demikianlah saat ini si clurut itu saat ini juga hilang dari tempat tinggalku walau kapan-kapan pasti mau mampir lagi ketempatku….mungkin kuncinya adalah kebersihan tempat tinggal kali ya….?!

Yang terakhir adalah tikus wirog yang besar….selain keberadaannya yang menjijikkan karena besar dan sering bersliweran….sebenarnya si wirog tidak begitu mengganggu manusia karena tikus ini jarang masuk rumah tinggal….kecuali jika kita lalai menutup pintu….paling cuman bikin sebel karena seringkali ngacak-ngacak tempat sampah hingga berceceran kemana-mana….Cuman akhir-akhir ini si wirog mulai dianggap mengganggu olehku dan tetanggaku….gimana tidak, dengan santainya dia bikin ‘apartemen’ dibawah rumah tinggalku…melobangi pojok dinding dan tegel dan masuk ke bawah rumah….dan yang bikin sebel saat aku tidur mereka dengan santainya teriak-teriak di bawah tegel hingga bikin risih…..

Tikus wirog merupakan tikus yang paling susah dibrantas….kucing jelas-jelas nggak mau makan tikus wirog….bahkan sedikit segan mengingat bentuknya yang besar-besar, hampir sebesar anakan kucing malah. Sangking jengkelnya tetanggaku malah pernah bikin latihan menembak si tikus wirog ‘sableng’ itu pada setiap malam minggu….tapi saat beberapa ekor kena maka yang lain pun mulai faham hingga saat ada suara senapan dikokang mereka sudah ngibrit kabur dan sembunyi di ‘apartemen-apartemennya’….Berkali-kali pintu rumah itu kami coba tutup….tapi berkali-kali pula si wirog itu berhasil menjebolnya… atau kalau tidak malah bikin pintu baru di tempat lain hingga rumah kami jadi bolong-bolong gak karuan….

Dan kemaren pagi tiba-tiba ada bau bathang tikus yang menyengat hidungku….dan saat istriku baru mulai nyap-nyap ke tetangga kanan-kiri…eee….tetanggaku dengan cengengesan ngaku bahwa malam minggu kemaren dia sengaja pasang racun buat si tikus wirog….dan terbukti hasilnya cukup ampuh…. dengan bukti bau yang menyengat di kanan-kiri rumah dan juga dari ‘apartemen’ di bawah lantaiku….plus satu bukti matinya salah seekor kucing karena ikut keracunan (untung bukan si Aming)….Syukurlah….mereka banyak yang mati….walau untuk itu aku juga sebel juga dengan bau-bau menyengat yang ada di sekitar rumahku…..yang susah untuk dicari asalnya (baru nemu satu diantara pot-pot bunga istriku di depan rumah) dan hanya bisa dinanti hilangnya setelah beberapa hari…..

Ya…itulah nasib si tikus….makhluk yang merepotkan baik saat hidup maupun sesudah mati….mangkanya jangan mau jadi makhluk seperti tikus….hidup merepotkan mati pun masih merepotkan….minimal masih selalu dicaci maki walau sudah mati…..lebih baik jadilah makhluk yang hidup berguna mati pun masih dirindukan atau syukur-syukur bisa tetap berguna…..

4 Balasan ke Hidup Merepotkan Mati pun Merepotkan

  1. jabon mengatakan:

    harusnya tikus ndas hitam alis koruptor,dibunuh aja

  2. jabon mengatakan:

    tikus kurangajar digebug aja

  3. Rina mengatakan:

    Baru tau tikus yg besar itu namanya wirog.Slama ini nyebutny cm tikus got aj.

  4. obat penyakit maag mengatakan:

    What’s up, its nice paragraph regarding media print,
    we all be familiar with media is a wonderful source of facts.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: