Hanya ada di Jakarta

Jakarta…..Ibu Kota Indonesia…..

Jakarta…..Kota Kebanggan Kita…..(disitir dari lagunya Opa Rhoma…)

Sekali lagi saya tinggal sementara selama beberapa hari di Jakarta…. Bagi saya tinggal di Jakarta selalu menarik dan selalu membawa kenangan tersendiri….terutama yang indah-indah (sorry buat Anda yang tinggal di Jakarta dan merasa tidak setuju dengan pendapat saya….karena ini hanyalah pendapat dari seorang perantauan or wisatawan yang tinggal hanya sebentar di Jakarta……), hingga selalu bikin ketagihan buat dolan dan dolan lagi ke Jakarta….gak ada bosen-bosennya….So….jika ada duit sedikit saja, saya pasti akan memilih Jakarta sebagai tujuan wisata saya….Apalagi jarak Semarang-Jakarta gak terlalu jauh dan sarana transportasi ke sana juga mudah…..

Untuk sarana transportasi, saya selalu memilih Kereta Api sebagai terfavorit….soalnya dari Semarang kita hanya butuh waktu 6 jam jika naek kereta api, Argo Bromo atau Argo Anggrek (Naek pesawat sih katanya hanya butuh 2 jam….but sorry saya termasuk regunya Dennis Bergkamp yang non flyng dutchman itu….hingga hanya karena terpaksa saja aku mau naek pesawat….yakni saat dibayari orang….). Bayarnya juga cukupan, yakni antara 160-250 rebu….kalao mo ngirit, pakek kelas bisnis hanya dengan 100 rebu perak….atau kalo pengen banget hemat, ya…pakek KA kelas ekonomi cukup dengan 30 rebu perak ples bonus rokok…..tapi hanya asapnya doang yang selalu diisep sama tetangga duduk kiri kanan…...AMPEG….!!. Saya pernah naek bus ke Jakarta….cukup lancar kalo malam hari but begitu siang hari….jalanan ke Jakarta jadi sangat macet hingga pernah aku pergi bersama rombongan naek bus wisata ternyata butuh waktu tempuh 12 jam….capek and bosen rasanya….

Ini beberapa hal yang kurasakan tentang Jakarta saat kunjunganku yang terakhir kemaren…..

  1. Gedungnya Tinggi-Tinggi Pencakar Langit. Ini masih menyitir lagunya Bang Haji Roma Irama juga dimana yang namanya gedung-gedung bertingkat itu paling banyak ya di Jakarta….Di Kota-kota lain sih juga ada, tapi gak ada yang sebanyak di Jakarta….Dan yang paling menakjubkan, gedung-gedung di Jakarta itu tidak hanya sekedar tinggi and bertumpuk tetapi juga indah….baik dilihat di siang hari yang tampak berwarna-warni, menonjolkan kemegahan rancangan arsitek-nya, maupun dimalam hari yang penuh kelap-kelip lampu….. Dan setiap ke Jakarta, tak lupa kukagumi gedung-gedung tinggi khas Jakarta yang indah itu……begitu tinggi menjulang layaknya pohon-pohon besar yang tumbuh subur di pinggir-pinggir jalanan Kota Jakarta…….

  2. Pusatnya Pusat Perbelanjaan. Bagi kaum pendatang seperti saya, dolan di Jakarta ibarat kita dimanjakan jika pengen menghabiskan duit buat belanja-belanja….mulai kawasan lama seperti Senen, Blok M, atau yang pusat grosir seperti Tanah Abang, atau juga yang agak baru seperti kawasan Mangga dua yang banyak diserbu para wisatawan lokal seperti saya, hingga Mall-Mall besar-besar yang terkenal akan barang-barang bermerek-nya dan tentu saja mahal-mahal itu….Tanah Abang menjadi tujuan kunjunganku ke Jakarta kali ini…..yah buat muasin istri belanja-belanja pakaian….walau akhirnya hanya sedikit yang kebeli karena ternyata di Tanah Abang barang-barang yang ditawarkan kebanyakan tidak diecer…….

  3. Kota Terenak buat Rekreasi. Saya katakan buat rekreasi utamanya buat orang kampung seperti kita-kita lho….(soalnya kalo orang Jakarta sih rekreasinya malah ke kampungnya kita-kita….). Saya katakan hanya enak buat rekreasi karena dengan berwisata kita bisa menikmati keindahan Kota Jakarta….apalagi jika kita tinggal di sekitar jalan protokol yang terkenal indah, rapi dan bersih itu hinga kita bisa serasa tinggal di luar negeri…..Saya katakan hanya untuk rekereasi karena begitu kita memutuskan tinggal di Jakarta maka kita harus lupakan yang namanya kawasan jalan protokol Thamrin-Sudirman itu….karena berat di ongkos……dan terpaksa harus menyingkir di kampung-kampung kumuh di belakang kawasan protokol…..waduh……

  4. Sarana Transportasi yang Lengkap. Ya….Jakarta memang terkenal memiliki sarana transportasi terlengkap di Indonesia (sangking kengkapnya, mungkin malah bikin Kota Jakarta tambah macet juga kali….) dengan primadona Bus Trans Jakarta yang elah menjadi ikon baru Kota Jakarta sekaligus mulai banyak ditiru oleh kota-kota besar lain di Indonesia. Angkutan lain yang khas adalah Kereta Api Listrik (?) yang murah meriah hingga banyak dipadati penumpang yang kadang meluber sampai ke atas-atas gerbong. Saya sendiri hanya satu kali naek kendaraan ini dan…kapok…!! Gimana tidak, waktu berhenti kereta ini demikian singkat….hingga jika kita gak apal dengan rutenya maka kita bisa terlewat dari stasiun pemberhentian yang kita tuju….apalagi jika penumpangnya lagi berjubel….wuih sudah bergerak saja susahnya bukan main….!!. Bahkan kalau waktu ada orang sakit jiwa yang nusuk saya…..maka saya bisa mati tanpa orang sebelah tahu apa yang terjadi pada diri saya…..NGERII….!! Untungnya waktu itu tujuan saya adalah di stasiun kota yang merupakan tempat pemberhentian terakhir tuh kereta hingga tinggal ngikut saja….. Na….disamping angkutan yang modern, di Jakarta pun masih ada angkuta kuno semacam bajai yang pastinya asyik dan memiliki kenikmatan tersendiri buat dipakai kaum pendatang seperti kita-kita…..Dan tak lupa di Jakarta pun masih ada kendaraannya Bang Doel alias bemo mini…..jenis angkutan Jakarta ’pinggiran’ lain yang sempat aku nikmati saat pengen JJS di kawasan sekitar pasar Bendungan Hilir…..Terakhir, tentu saja Bang Ojeg yang siap mengantar kita kemana saja serta begitu lincah, terutama dalam menembus segala kemacetan di Jakarta…..

  5. Surganya Barang-Barang Bajakan. Kata orang sih, di Jakarta apapun dibajak….. Tuntutan kebutuhan hidup yang tinggi di Jakarta bikin semua orang berlomba-lomba bikin barang-barang bajakan yang harganya pastilah lebih murah dari aslinya. Tapi kalo saya sendiri yang paling tertarik ya….beli DVD bajakan yang murah meriah itu….Dan Glodog pastilah menjadi tujuan bagi pengamat dan pencinta film bajakan seperti saya….soalnya dengan hanya 4 rebu perak, kita sudah bisa dapet satu keping DVD bajakan original….Kalo DVD itu keluar dari Glodog, harganya pasti sudah naek….contonya, pas aku beli di Pasar Benhill, harganya sudah naek jadi 7000 perak….kalo beli di Mall-Mall udah 8000….di Blok M malah udah 10 rebu, alias podho karo regane DVD bajakan di Semarang…..Itulah indahnya Glodog sebagai pusatnya DVD bajakan di Jakarta (or Indonesia…..?) Dan yang lebih asyik lagi, kita juga bisa dapetin DVD film-film saru yang ternyata dijual bebas juga di Glodog….bahkan dengan harga cuman 5000 perak per keping…..wuih….serasa di Sidney saja……

  6. Surganya Kemacetan. Inilah biang kerok dan pangkal alasan yang bikin semua orang ogah tinggal di Jakarta. MACET….!! Pendeknya masalah kemacetan di Jakarta ampai mirip iklan, dimana saja dan kapan saja…. Bahkan di jalan tol pun yang katanya jalan bebas hambatan itu kemaceta menjadi hal biasa…..hingga ada yang nyindir, jalan tol di Jakarta itu ibarat orang jualan nasi basi…..udah harus bayar….rasanya gak enak….tapi tetap saja nekad dijual….dan heranya koq ya masih saja banyak yang beli ya…..?! Na…kalo sudah begini, saya mending memilih Bus Way saja yang anti macet karena punya jalur tersendiri….dan terkenal murah karena hanya dengan 3500 perak kita sudah bisa keliling Kota Jakarta dari ujung Blok M sampai stasiun Kota…..Saya sendiri, walaupun bukan penduduk Kota Jakarta, secara tak sengaja sempet merasakan nyamannya naek bus kota itu dengan gratis, yakni saat Februari 2004, dimana angkutan jenis ini mulai diperkenalkan…..Na…kalo masalah angkutan ini belum bisa ngegantiin mobil pribadi sih, pengalaman terakhir saya mungkin bisa jadi jawaban….Waktu itu saya mau naik dari kawasan Glodok dan saya lihat antrian yang mau naek bus begitu berjubel hingga mirip antrian orang mau nonton musik dangdut….Karena saya termasuk orang penyabar maka saya putuskan untuk duduk di kursi tunggu dahulu buat ngenungguin……E……baru sedikit saya jubelan itu berkurang….orang sudah menjubelinya lagi hingga antrian itu terus berjubel ria walau orangnya berganti-ganti. Kondisi ini saya alami sampai saya ketinggalan sekitar 6-7 bus atau sekitar hampir setengah jam….hingga saya yang ternyata juga mulai kehabisan waktu sholat ashar itu akhirnya ikut-ikutan jadi penjubel. Huh….kalo tau begini, mending akunya naek taxi dari tadi….Apalagi di Jakarta ada Taxi tarif lama yang lebih murah…..tapi susahnya, sopir taxi termasuk orang yang diuntungkan jika terjadi kemacetan karena dengan macet argonya jadi lebih mahal….so….mending naek mobil pribadi khan….?!

  7. Teman-temanku ada disini. Na…..ini yang bikin seneng campur sedih. Terus terang saat saya kuliah dahulu di sebuah universitas negeri terbesar di Kota Yogya, saya punya temen-temen baik sekaligus geng juga….walau lebih sebagai geng-nya mahasiswa-mahasiswa perantauan yang terkenal kere….Na….saat kita selesai kuliah semuanya berpencar buat nyari makan….dan gak tau kenapa, para temen-temen baikku itu pada stay in Jakarta dan sekitarnya…..Senengnya, saat ke Jakarta kita pasti bisa saling call buat ketemuan atau reuni kecil-kecilan…..Sedihnya, acara nostalgik itu gak bisa kita rayain setiap waktu karena jauhnya jarak…..dan karena mepetnya waktu stay-ku, kadang kita malah gak sempat ketemu juga……Seperti kunjunganku terakhir kemaren, saya hanya ketemu satu orang temen saya….itupun setelah saya lanjak ke daerah Parung Bogor sana….sementara yang laen, gak ada yang nongol……sibuk katanya……hik….hik….hik…..

9 Balasan ke Hanya ada di Jakarta

  1. Pradit mengatakan:

    HARUSNYA INDONESIA DIJADIKAN NEGARA FEDERAL KAYA AMRIK AJA BIAR SETIAP IBU KOTA PROPINSI SEMAJU JAKARTA. PEMERATAAN GITU LHO

  2. DUTA mengatakan:

    JUAL SAJA JAKARTA KE KERAJAAN INGGRIS, DALAM TEMPO 5 TAHUN KEJAYAANNYA BISA MELEBIHI TOKYO DAN SINGAPURA…. (TAPI DIJUAL SEMUA LHO.. TERMASUK PEJABAT NYA DISURUH NGELAP SEPATU PANGERAN CARLES, JANGAN DIJUAL BUMN NYA DOANG)

  3. panah hujan mengatakan:

    hahaha! pendapatnya Duta lucu juga..😛

  4. Junarto mengatakan:

    Pengen saya tinggal di luar Jakarta yang bikin stress ini.

  5. eris richard mengatakan:

    jakarta..eemmm,oke juga shi coz aku juga pernah kesana btw SURABAYA ga kalah keren lho rek..aku stuju dg pradit dg adanya pemerataan maka kota2 di indonesia akan lebih maju,KARENA dg adanya VISIT INDONESIA kayaknya hal itu perlu di pertimbangkan dhe…

  6. mobil bekas jakarta mengatakan:

    Sip, kami juga komunitas otomotif mendukung bahwa jakarta memang mantappf!

    anchor text

  7. cara cepat hamil mengatakan:

    You should take part in a contest for one of the highest quality sites on the net.
    I will highly recommend this website!

Tinggalkan Balasan

