Momen-Momen Olimpiade Beijing 2008

Olimpiade Beijing 2008 telah berakhir….dan seperti layaknya pesta-pesta olahraga maka pesta olah raga terbesar sejagad itu juga menghadirkan momen-momen istimewa yang selalu menghadirkan sensasi spesial untuk dikenang. Seperti kita tahu, tuan rumah China berhasil menjadi juara umum pada pesta olah raga empat tahunan itu…sebuah hasil yang pantas mengingat China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia…. Bagaimana dengan Indonesia…..?! Sekali lagi kita harus puas dengan torehan 1 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu yang sebagian besar disumbangkan oleh cabang favorit bulutangkis serta 2 perunggu dari angkat besi…Artinya, pembinaan olah raga nasional dalam lingkup persaingan dunia mengalami stagnasi….tapi masih lebih baik dibandingkan prestasi kita di tingkat Asean yang malah mengalami kemunduran….dari yang biasanya juara umum, kini hanya bisa sebagai negara kelima saja….

Walau demikian keberhasilan China menunjukkan bahwa sebenarnya size tidaklah selalu identik dengan superior di cabang olah raga….Dengan ukuran yang kalah besar, ternyata masih ada celah buat mengalahkan bangsa-bangsa eropa dan amerika di pentas olah raga dunia….antara lain melalui kegesitan, kelincahan, ketrampilan, kecermatan seperti laiknya olah raga-olah raga terukur misalnya melalui bulutangkis, ping pong, lari marathon, panahan, menembak, karate, yudo….bahkan kekuatan seperti di cabang angkat besi, tinju…. dan yang lebih penting dari itu adalah semangat serta mental bertanding layaknya seorang juara….sesuatu yang hanya dimiliki oleh segelintir atlet Indonesia….Yang jelas ada hal-hal psikologis yang harusnya ditanamkan pada setiap atlet antara lain adalah agar mereka lebih pede serta perasaan Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia…..prinsip bahwa jika kita berusaha segalanya mungkin terjadi harusnya menjadi pegangan bagi setiap atlet olah raga nasional….

Terlepas dari prestasi atlet nasional yang biasa-biasa saja, berikut beberapa momen istimewa dari olimpiade Beijing 2008.
1. Momen Yang Membanggakan. Pelakunya adalah Maria Kristin di bulutangkis tunggal putri…Datang sebagai pemain non unggulan…bahkan tanpa dibebani target, Maria berhasil mengguncangkan peta perbultangkisan putri dunia saat dia menjadi satu-satunya pemain non-China yang hadir di empat besar….Kekalahannya dari Zhang Ning lebih karena mental mengingat Zhang adalah sang juara bertahan sekaligus juara tunggal putri Olimpiade kali ini….itupun tidak kalah memalukan, terbukti Zhang Ning bersorak demikian gembira saat menang di semifinal….sesuatu yang tidak bisa dia lakukan saat semifinal Indonesia terbuka 2008….Dan saat perebutan medali perunggu, Maria yang kalah di final Indonesia terbuka dari Lu Lan….membayar lunas hutangnya di Jakarta dengan menumbangkan Lu Lan untuk merebut medali perunggu dari Bulutangkis tunggal putri…..Begitulah seharusnya tekad setiap pemain Indonesia bagi negaranya…..

2. Momen Yang Mengharukan. Saat akhirnya sang merah putih berkibar di Olimpiade Beijing melalui pasangan Markis Kido dan Hendra Setiawan…yang berarti mempertahankan tradisi emas untuk Indonesia, sejak bulu tangkis mulai dipertandingkan di olimpiade Barcelona 1992…..Momen yang mengharukan juga saat melihat pasangan Vita Marissa/Flandy Limpele harus pulang dengan tangan hampa setelah kalah di semifinal, mereka juga harus gagal di perebutan medali perunggu….yang bikin mengharukan adalah mereka berdua telah bermain bagus, penuh semangat dan hanya kalah karena faktor nasib buruk saja….Aaaah moga-moga Menpora tetep berbaik hati memberi bonus atas usaha kerasnya…..

3. Momen Yang Mengecewakan. Saat melihat Taufik, the golden boy, gagal melaju ke putaran kedua dan dikalahkan Wong Coong Han dari Malaysia…karena bagi saya berarti melayanglah satu emas buat Indonesia….Hal itu terbukti benar saat Sony Dwi Kuncoro yang masih melaju harus kalah mental saat menghadapi Lee Cong Wei dari Malaysia di perempat final….Itulah penyakit….datangnya gak pernah diduga. Siapa sangka olahragawan sehat seperti Taufik harus kena demam berdarah sebelum berangkat ke Beijing…..tapi lumayan buat alasan juga lah…..Momen mengecewakan lainnya adalah saat Nova Widianto dan Lilyana Natsir bermain kurang tenaga dan menanggung beban begitu berat sebagai pemain nomor satu dunia hingga gak berdaya sama sekali di partai final Olimpiade pertama dan terakhir mereka…..

4. Momen Yang Mendebarkan. Momen yang mendebarkan saat melihat pertandingan Vita Marisa/Flandy Limpele yang seru dan kejar-kejaran angka terus….tentu saja hati selalau berpihak pada Vita/Flandy…tapi apa daya walau sudah direwangi berdebar-debar tapi hasilnya sama saja….kalah melulu….Hal itu juga terjadi saat Semifinal Nova/Lilyana bertanding di semifinal melawan pasangan tuan rumah He Hanbin/Yu Yang yang seru dan mendebarkan diset terakhir dimana masing-masing pasangan sempat Match Point duluan….walau akhirnya Nova/Lylyana yang menang….Yang cukup berdebar juga saat nonton satu-satunya harapan emas di ganda putra….saat belum-belum Kido/Hendra sudah kalah dengan mudah di set pertama dari pasangan tuan rumah…walau kemudian main begitu enak di set berikutnya hingga berhasil merebut satu-satunya emas bagi Indonesia….

5. Momen Yang Menyenangkan. Saat kembali menyaksikan pertandingan sepakbola level tinggi, walau hanya sekelas Olimpiade yang notabene para pemainnya hanyalah para orang-orang muda U-23….tapi lumayan menghiburlah daripada sibuk menyesali ketiadaan (lagi-lagi) Liga Inggris di layar kaca…..Di Olimpiade ini Anda akan melihat bagaimana tim sekelas Brasil (with Ronaldinho) bisa dipecundangi dengan mudah (3-0) oleh Argentina….sesuatu yang belum pernah kita lihat di kancah senior….walau si goyang samba kemudian kembali bangkit untuk menyuguhkan permainan indah penuh harapan buat menghancurkan Belgia 3-0 saat perebutan medali perunggu….Juga Anda akan menyaksikan bagaimana masa depan tim yang lama menghilang di kancah sepakbola, yakni Nigeria….yang seolah menjanjikan permainan cepat dan kompak di masa depan……(walau akhirnya tidak juara….)

6. Momen Yang Mengagumkan. Saat seorang perenang, Melouli dari Tunisia menunjukkan kekuatan tekadnya dengan menumbangkan sang legenda Grant Hacket, pemegang medali emas pada 2 olimpiade sebelumnya dalam nomor reanang 1500 m. Tertinggal dalam hampir sepanjang lomba Melaouli terus mengejar sampai Hacket kecapekan serta menyalipnya hanya pada 200 meter terakhir.

7. Momen Yang Luar Biasa. Prestasi yang luar biasa ditorehkan Rafael nadal di cabang tenis yang begitu fenomenal di tahun 2008…setelah merebut 2 gelar grandslam…tahta nomor satu dunia pun digenggamnya….lalu emas olimpiade pun diembatnya dengan relatif mudah….Semudah Usain Bolt dari Jamaika, saat merebut medali emas Olimpiade lari 100 meter dengan sedikit lari gembira menjelang finish sebagai tanda dia tak bakalan terkejar lagi oleh lawan-lawannya…..itupun dia masih memecahkan rekor dunia dengan catetan waktu 9,68 detik….!! Dan hal itu diulanginya lagi pada nomor 200 m, emas  dan memecahkan rekor dunia….!! (moga-moga hasil tes dopingnya negatif…..)

8. Momennya Sang Legenda. Momen yang tercipta saat kita bersama-sama menyaksikan pecahnya rekor dunia selama olimpiade Beijing. Tentu saja sang legenda diantara para legenda dari Olimpiade Beijing adalah Michael Phelps yang berhasil memecahkan rekor Mark Spit di Olimpiade Munich 1972 dengan torehan 7 emasnya…disalip Michael Phelps dengan 8 emasnya di olimpiade Beijing…sekaligus melengkapi koleksi emas olimpiadenya menjadi 14 (6 di Athena)…ples janji akan memecahkannya lagi di Olimpiade London 2012 disaat usianya nanti baru 27 tahun….!! Begitulah sang legenda….

9. Momen Yang Menjengkelkan. Sebenarnya saya agak menaruh respek sama China karena sampai hari Sabtu, sebagai tuan rumah China cukup sportif. Hanya saja kebiasaan jelek tuan rumah akhirnya muncul juga saat final tinju kelas berat dimana berhadapan jagoan tuan rumah Zhaoping Zhang melawan Kenny Egan dari Irlandia….Sebenarnya agak heran juga saya melihat adanya atlet China yang bertarung di final cabang tinju mengingat bukan tradisinya….tapi demi melihat petinju berkaos merah (lambang kebanggan China…) bertarung luar biasa guna mendominasi pertarungan dari petinju berkaos biru, hati ini agak kagum juga dengan gaya pembinaan olah raga di China….dan demikian pemenangnya adalah petinju berkaos biru….Lho koq….?! Dan tambah kaget lagi ketika tahu bahwa ternyata petinju biru itulah yang dari China…..Walah….tak kiro seng abang ternyata….dan jengkel juga ketika tahu yang menang malah si biru yang sibuk geloyoran karena staminanya habis dan sering kena jotos itu….jadi ingat peristiwa di Seoul 1988 dimana bahkan petinjunya sendiri yang heran kenapa bisa menang padahal dirinya merasa babak belur….Ternyata dimanapun tuan rumah itu sama saja….RUSUH….!!

10. Momennya TVRI. Disaat stasiun TV lain semakin kapitalis alias hanya mau menayangkan acara-acara murahan….hingga kita di daerah harus rela hanya membaca hasil melalui majalah atau tabloid momen-momen olah raga dunia…maka TVRI dengan gagah berani menayangkan momen-momen olimpiade….hinggga bisa dikatakan bulan Agustus menjadi bulannya TVRI lagi……Ah seperti era delapan puluhan saja…..

2 Balasan ke Momen-Momen Olimpiade Beijing 2008

  1. cusy mengatakan:

    kami sekeluarga suka BT kalau lihat taufik hidayat tanding kayaknya dia kurang smangat buangett padahal kami sangat mendukungnya

  2. Pramita mengatakan:

    Prjuangan Vita Marissa/Flandy Limpele bneR2 ngbuAt aq tRhaRu, & bnGga bgt ma MrEka . . WLWpun gak bSa kasi kadO bruPa meDALi di Hri ULTAH INA, PrjuanGan mReka adaLah kado tRindah bwt Ina. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: