Serangan Balasan Bangsa Kulit Putih

Sedari dulu bangsa (t) kulit putih (terkenal sebagai Bangsa Arya) selalu merasa sebagai bangsa tertinggi di muka bumi, apabila dibandingkan dengan bangsa kulit berwarna maupun kulit hitam. Puncak dari kesombongan bangsa kulit putih adalah saat pembantaian bangsa kulit berwarna, Yahudi dan kulit hitam yang dilakukan oleh Bangsa Jerman dan Italia saat perang dunia kedua. Walau kemudian kastanisasi bangsa-bangsa dunia itu kemudian coba dihapuskan dengan dikumandangkannya Magna Charta oleh Winstoon Churchill (?) dan Freedom of Human Right oleh Rosevelt, akan tetapi sikap memandang rendah bangsa-bangsa lain selain kulit putih masih berkembang secara halus dan secara tak sengaja masih sering terceplos dalam peristiwa-peristiwa rasialis di dunia oleh raga….atau anggapan umum bahwa para anggota selain kulit putih itu hanya cocok berkegiatan di ranah recehan atau yang kasar-kasar saja…..

Minggu-minggu terakhir ini, hegemoni kulit putih di dunia sedikit terusik. Yang pertama adalah kemenangan Luis Hamilton sebagai juara dunia balap mobil F1….cabang olah raga yang identik dengan dominasi kulit putih. Hamilton merebut sejarah dengan menjadi orang kulit hitam pertama yang berhasil menjuarai F1….itupun setelah melewati lubang jarum serta keroyokan para seteru kulit putihnya….yang rame-rame bertekad menggagalkan ambisi si hitam itu, seperti juga tahun lalu yang berhasil….Sebuah kemenangan yang sensasional….!! Tapi ada yang lebih sensasional lagi…yakni saat hari rabu Amerika si negara terhebat di dunia mengumumkan Presiden Kulit Hitam pertamanya….Barrack Husein Obama…..!! Sekali lagi keberhasilan si hitam ini (serta kebahagiaan seluruh umat berkulit berwarna di dunia…) juga atas jagoan kulit putih John Mc. Cain secara telak….Hebat….!! Lengkaplah sudah bahwa si hitam saat ini seakan-akan telah memukul KO si putih dari dua aspek sekaligus…yakni dari segi keelitan dunia olah raga…sekaligus dari segi keelitan di dunia politik….yang sama-sama membutuhkan kecerdasan daripada sekedar ketrampilan atau kekuatan fisik…seperti biasa yang menjadi andalan orang kulit hitam…..Lalu apakah si putih diam saja….?!

Minggu kemaren, sebenarnya si hitam sekali lagi akan berusaha untuk membungkam si putih….Kali ini lewat pertandingan tinju dunia (yang promosinya nyaris tenggelam akibat pemilihan presiden Amerika). Dan pelaku yang digadang-gadang untuk memperkuat dominasi si hitam adalah si lincah, si kuat dan si cerdas legendaris tinju dunia Roy Jones Junior….sementara si putih lawannya juga hampir legendaris karena rekornya yang 45 kali tanpa kalah yakni Joe Calzaghe …Antusias penonton kulit hitam tampak dari sisi ring yang banyak dipenuhi lautan kulit hitam yang merasa yakin bahwa ephoria kemenangan the first black president akan menular pada pertandingan tinju tersebut….apalagi Roy Jones ibarat sudah menjadi dewa tinju dunia saat ini karena rekornya yang 10 tahun tak pernah kalah dan bekas juara di 4 kelas tinju yang berbeda, termasuk kemenangan sensasionalnya di kelas berat pada waktu lalu….Dan harapan si hitam semakin menjadi kenyataan saat baru ronde pertama dimulai….Roy Jones belum-belum sudah berhasil memukul roboh si Joe Calzaghe…sebuah momen yang saya pun gak sempat menontonnya karena belum konsen….alias benar-benar gak nyangka moment tersebut datang di ronde awal…mengingat pertandingannya khan antara si legend versus si almost legend…..Lalu apa yang terjadi selanjutnya….?!

Joe Calzaghe memang hebat….!! Itulah komentar saya mengenai penampilannya dalam pertandingan itu…Tanpa terlihat pernah terpukul….Dengan gagah berani Joe Calzaghe menggempur Roy Jones dengan penuh semangat….Bahkan kalau kita kena buta warna….maka kita akan dibikin bingung dengan apa yang terjadi dalam ring….karena bisa-bisa kita lupa bahwa yang sedang menari-nari ala ’Roy Jones’ itu bukanlah yang asli….melainkan seorang petinju Eropa yang berkulit putih lagi….Kecepatan….gaya menghindar….gaya meledek….kekuatan…..semangat…..ketahanan terhadap pukulan…. insting intertainment….bener-bener dimiliki sepenuhnya oleh Joe Calzaghe yang minggu pagi itu (waktu Indonesia) seolah menjelma menjadi Roy Jones di waktu muda….Bahkan Roy Jones yang sempat memukul jatuh, dibuatnya mati kutu….bahkan dibulan-bulani (maksude sampek bopeng seperti permukaan bulan)…atau lebih tepatnya dimain-mainin (soalnya seperti orang lagi sparring dimana lawan gak boleh mukul keras-keras…)… oleh sang legenda putih dari british itu…..Roy Jones bener-bener kena batunya kali ini….bahkan ’kalau boleh menebak’ dibikin ciut nyalinya….sehingga menjadikan kekalahan malam itu sebagai kekalahan paling menyakitkan di sepanjang karirnya….

Strategi yang dimaikan Joe Calzaghe malam itu benar-benar berbeda dan sangat orisinil….Kalau kita kenal bagaimana Muhammad Ali mengalahkan Foreman lewat strategi rop and dob-nya….atau Hagler mengalahkan Hearn lewat strategi do or die-nya…. sementara Sugar Ray Leonard berhasil memaksa imbang Hearn lewat strategi pukulan efektifnya….sedangkan De La Hoya berhasil menghindari kekalahan KO dari Trinidad lewat tinju negatifnya….maka yang dilakukan Calzaghe adalah sparring punch dimana Roy Jones dipancingnya dengan tinju-tinju ringan ples gaya entertainmentnya….yang sangat menghibur bagi penonton tapi juga membikin takut Roy Jones karena menyimpan sebuah ledakan pukulan keras dibalik gaya wagunya itu….Sebagai contoh, saat Roy Jones memasang doble cover, dengan entengnya Calzaghe menempelkan wajahnya ke sarung tinju Jones…atau saat Jones berhasil memukul keras, dengan santai Calzaghe berpura-pura limbung atau malah menari-nari seolah-olah berkata….”Hey….mana pukulan kerasmu Jones….yang ini gak ngepek….!!” Dan strateginya itu ternyata berhasil membikin nyali Jones ciut….hingga dengan mudah Calzaghe di ronde pertengahan sampai terakhir mendikte dan mempermak wajah Jones sampai matanya berdarah-darah (mungkin lebih parah dari Chris John yang juga berdarah-darah di Jepang….)

Malam itu Calzaghe bener-bener membikin sebagian besar penonton merasa kecewa…. baik yang nonton di sisi ring maupun sebagian besar penduduk bumi yang nonton di televisi….Calzaghe seolah-olah ingin menunjukkan bahwa kami, para warga kulit putih, masih ada dan akan selalu berada diatas kalian para kaum kulit berwarna….Kami, para kaum kuli putih, juga bisa kuat, lincah, juga cerdas seperti pada bidang yang biasa kamu andalkan….Dan ekspresi kekecewaan sebagian penonton kulit hitam seakan-akan mentahbiskan pendapat itu….Hanya saja, saya sendiri jadi heran dengan peristiwa ini….Lha koq sekarang warga kulit putih koq jadi nguasanin sektor yang agak rendahan ya….sektor yang biasa dikuasain para kaum jelata kulit berwarna…..Apa besok-besok peristiwa seperti itu akan sering terjadi….?! Mbuhlah….memang bener kata orang-orang kali….bahwa bumi itu bulat serta senantiasa berputar….kadang di atas….kadang di bawah….gak ada berhentinya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: