Hillary Rodham Clinton, Simbol Jaim-nya Orang Amerika

hillary-clinton-joint-ticket

Minggu kemaren berita-berita media massa sedang dipenuhi dengan berita tentang kunjungan Mentri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton ke Indonesia…. Sebuah kunjungan yang membanggakan bagi masyarakat Indonesia, mengingat yang berkunjung adalah seorang utusan dari Negara Adidaya ke sebuah Negara kecil yang akrab dengan kemiskinan dan kekacauan berselimut kalimat indah demokrasi… Disamping itu, kunjungan itu sekaligus sebagai bukti bahwa sang Presiden Amerika, Barack Husein Obama, memang bener-bener ingat dengan Indonesia….negara yang pernah dia tinggali semasa kecil selama beberapa tahun. Tapi dibalik itu, saya melihat sosok Hillary Clinton secara khusus sebagai simbol Jaim-nya Bangsa Amerika saat ini…yakni dari bangsa yang dulunya identik dengan polisi dunia nan arogan menjadi bangsa yang lebih ramah, bersahabat, nyantai seolah-olah mereka hendak bilang….”Hei kami juga bagian dari bangsa-bangsa dunia lainnya koq….kami juga bangsa yang biasa-biasa saja juga…. So….kita boleh berteman dengan kalian khan….?!

Mungkin semangat itulah yang hendak ditiupkan oleh sosok Barack Obama yang terkenal saat kampanye dengan prinsip “Change”-nya…dan mungkin inilah salah satu yang hendak diwujudakan dalam kehidupan antar bangsa saat ini….Mungkin Obama sadar, adanya krisis ekonomi yang melanda Amerika salah satunya disebabkan sikap bangsa Amerika yang terlalu pede ples merasa paling hebat di dunia…yang ternyata gak berdaya juga terkena imbas krisis global….Oleh karena itu, Obama mencanangkan perubahan di segala bidang dan itu tidak hanya dalam perbaikan ekonomi dalam negeri saja tetapi juga pada perbaikan politik luar negerinya….Tetapi yang lebih luar biasa adalah pemilihan Hillary Clinton sebagai duta luar negeri Amerika…yang langsung meresponnya dengan kampanye senyum di sepanjang Negara yang dikunjunginya seolah-olah hendak berkata bahwa inilah jaim-nya Amerika saat ini….Lebih daripada itu, bagi saya Hillarylah sosok yang luar biasa dalam arti sebenarnya….dan sikap hillary yang seperti itu patut ditiru oleh segenap kalangan politik yang ada di negeri ini….

Pertama, jelas kenyataan bahwa Hillary adalah lawan politik Obama dalam perebutan kursi presiden Amerika yang mungkin suaranya bahkan lebih besar dari Mc. Clen sekalipun….Dan kesediaannya yang tulus untuk mendukung Obama dalam kampanye presiden Obama merupakan sikap yang sangat luar biasa dan langka kita temui di politisi dalam negeri yang sibuk saling jegal guna merebut RI-1 pada Pilpress 2009…. Dan yang lebih luar biasa, Hillary bersedia merendahkan dirinya dihadapan Obama buat menjadi staf lawan politiknya….bukan karena apa-apa melainkan karena keinginannya untuk mengentaskan kondisi Amerika yang tengah terpuruk akibat krisis global….Dan dalam hal ini Anda boleh hitung berapa gelintir politisi di negeri ini yang mau bersikap seperti Hillary….yang mau berjuang untuk negaranya….menafikkan kekecewaan para pendukungnya…apalagi sekedar gengsi pribadi yang emang gak perlu ada itu…. (jika Anda menemukan satu saja maka dialah sosok yang harus kita dukung sebagai calon pemimpin kita di masa depan….).

Sikap Hillary yang seperti ini perlu dicatat oleh politisi kita yang masih suka mementingkan kepentingan pribadi (terbukti masih banyak anggota DPR yang terjerat korupsi), kepentingan partai diatas kepentingan bangsa dan Negara…. Karena menurut tokoh muda keturunan cina kita (lupa namanya, yang jelas ekonom lah…) salah satu kegagalan reformasi kita adalah kurang kompaknya para tokoh-tokoh reformis itu dalam menggempur para status quo…. Lha bayangin aja, para mantan presiden kita pasca lengser lebih suka menghujat kinerja presiden yang sekarang daripada membantu memecahkan problem yang membelit bangsanya….Belum lagi perilaku saling serang serta saling mencari pembenar antar tokoh parpol yang saat ini malah bisa kita tonton dalam acara berbagai debat di televisi…..

Kedua, kunjungannya ke Indonesia tidak hanya bersikap resmi saja…tetapi dianya bahkan bersedia hadir dalam sebuah acara musik Televisi….terlepas dari kehandalan tim kreatif RCTI yang sudah berupaya keras mendatangkan Hillary ke acaranya….lebih dari itu, Hillary dalam hal ini bener-bener pengen menunjukkan pada masyarakat Indonesia khususnya dan dunia juga (karena beberapa stasiun TV Amerika juga sempet memberitakannya….) bahwa Bangsa Amerika saat ini semuanya sudah seperti sosok Hillary ini….ramah, penuh senyum, santai juga tidak kaku serta tidak melulu bersikap birokratis juga….Sebuah sikap yang banyak diharapkan oleh banyak masyarakat dunia terutama adanya perubahan sikap politik terhadap konflik menahun di Jalur Gazza….mengingat hanya Amerika saja kayaknya yang bisa menghentikan serangan brutal Israel ke Gazza lewat kekuatan politiknya tentu……

Ketiga, kenyataan bahwa Hillary merupakan mantan first lady Amerika juga merupakan sesuatu yang luar biasa juga….Sebab sangat jarang seorang istri mantan Presiden Amerika yang bisa tampil kemuka melepaskan diri dari bayang-bayang besar suaminya…. seperti seakan-akan hendak membuktikan bahwa Amerika itu memang negara besar yang penduduknya berkualitas…karena istri presidennya saja sudah begitu cerdas dan mempesona….apalagi presidennya yang pastilah orang yang luar biasa…. hingga jangan main-main dengan Amerika ya….?! Lebih dari itu, sikap Hillary juga menunjukkan sikap seseorang yang gigih mengejar cita-citanya walau menurut banyak orang sudah waktunya pensiun dan menikmati dunia (lha mantan istri presiden US, mau apa lagi….?!) Tapi saat negara membutuhkan tenaganya maka yang dilakukan adalah….

Keempat, istri-istri di Negara Amerika termasuk tipe wanita setia juga loh….Bayangkan saja, sudah terbukti beberapa kali si Clinton selingkuh tapi Hillary tenang-tenang saja gak minta cerai bahkan memaafkan suaminya itu….(gak seperti istri beberapa artis kita yang rame-rame minta cerai dengan alasan yang gak jelas tapi jelas akan mendapat kiriman uang saku dari mantan suaminya yang jumlahnya puluhan juta tiap bulannya….). Tapi jangan-jangan keputusan Hillary yang berkarier di dunia politik merupakan wujud dendam positif bagi Clinton….?! Kalo benar begitu, sungguh luar biasa bener sikap para orang Amerika itu…bayangin aja, yang ibu-ibu saja begitu…apalagi para bapaknya….juga para mudanya….Akh…kalo demikian juga melanda Indonesia maka Negara ini gak bakalan terpuruk seperti saat ini…..Who knows…?!

Satu Balasan ke Hillary Rodham Clinton, Simbol Jaim-nya Orang Amerika

  1. infoGue mengatakan:

    Artikel anda di

    http://berita-politik-dunia.infogue.com/hillary_rodham_clinton_simbol_jaim_nya_orang_amerika

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: