Blog vs Facebook….?! Kemajuan, Sekedar Variasi atau Kemunduran dunia Blogger….?!

Perubahan adalah hukum kehidupan. Demikian Joh. F. Kennedy sering mengatakannya. Perubahan bukanlah pilihan, tetapi keniscayaan. Sebab perubahan itu adalah hukum kehidupan. Pilihannya adalah Anda mendesain perubahan bagi diri Anda sendiri atau perubahan yang akan mengubah diri Anda. Pilihan pertama menempatkan diri Anda sebagai subyek, dan pilihan kedua memposisikan diri Anda sebagai obyek. Pilihan pertama memberi Anda keleluasaan untuk memilih arah yang lebih baik. Pilihan kedua mungkin mengubah Anda menjadi sesuatu yang lebih buruk. Yang paling buruk adalah kita berubah menjadi lebih buruk tetapi tidak kita sadari.

Demikianlah, dunia kita memang akhir-akhir ini harus kuwalahan menahan gempuran virus facebook yang kata banyak orang lebih gawat dari flu babi…sampai-sampai MUI ikut-ikutan berpreventif ria dengan buru-buru melontarkan fatwa buat mengharamkan facebook….. Sebuah fatwa yang terkesan mengada-ada, hanya mencari popularitas hingga dengan sukses gagal didukung banyak orang…bahkan diperhatikan juga kagak….Buktinya saat ini malah para Capres berlomba-lomba mbukak facebook buat mempromosikan dirinya…..dan bahkan saat ini facebook dianggap sebagai bisnis dunia maya yang paling menguntungkan di dunia…!! Luar biasa….!! Perkermbangan dunia memang sudah demikian menakutkan….dimana dulu orang berlomba-lomba bikin website….lalu muncul mils-mils….friendster….terakhir Blog yang dahsyat berangsur-angsur menghancurkan kharisma website…dan Facebook lah sang raksasa sesungguhnya yang berhasil mengharubirukan jagad dunia maya sekaligus dunia nyata…..weleh-weleh….

Mengapa judul tulisannya Blog vs Facebook…?! Karena saya melihat banyak blogger-blogger yang berguguran terserang virus facebook….mulai yang jadi jarang nulis, tulisannya jadi pendek-pendek atau malah gak pernah nulis lagi selama berhari-hari…minggu (termasuk blog saya he…he…he…) atau bahkan bulan….hingga bisa dikatakan hidup segan mati tak hendak…..Dengan kata lain jagad blog sudah harus siap-siap gulung tikar….hingga mungkin saya ingin cepet-cepet memberi saran pada si Matt Mulleweg sang empunya WordPress untuk segera menjual Worpress mumpung masih ada yang nawar konon sampek 250 juta dolar….lumayan buat bikin usaha….jangan sampek tiru-tiru para pemilik tanaman “gelombang cinta” dari Karanganyar yang dulunya begitu jual mahal dengan tanaman hiasnya itu hingga tawaran 259 juta untuk tanamannya pun ditolaknya….dan sekarang sibuk menyesali diri karena harganya yang anjlok tinggal 900 rebu doang…itu pun yang mo beli jarang…. Ya…dunia itu selalu berubah Matt….dan Anda pun harus terima kalo jualanmu ini sudah mulai tidak laku lagi….

Mengapa Facebook begitu populer ya…?! Berikut ini 10 Tools dan Aplikasi Facebook yang bikin facebook begitu populer karena aplikasinya yang bener-bener bikinAnda nyaman bermain dengan facebook dan mempermudah mengelola facebook . Dahsyat…!!

1. Facebook Mobile (http://www.facebook.com/mobile/)
Facebook Mobile adalah aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna. Memberikan Anda kemampuan untuk meng-upload foto dan catatan dari kamera telepon langsung ke Facebook.

2. Friends Organizer (http://apps.facebook.com/friendsorganizer/)
Friends Organizer adalah nifty aplikasi yang dapat digunakan untuk mengurutkan daftar kontak Anda ke dalam grup, seperti schoolfriends, teman-teman kerja, teman-teman media sosial dll.

3. Facebook Toolbar (http://developers.facebook.com/toolbar/)
Facebook Toolbar memiliki kotak pencarian, pemberitahuan, sebuah ikon yang dapat digunakan untuk memeriksa gambar teman-teman Anda dan statusnya.

4. Simple Photo Uploader
(http://code.google.com/p/fb-photo-uploader/wiki/FacebookOverview)
Simple Photo Uploader adalah sebuah aplikasi desktop untuk facebook yang dapat membantu Anda meng-upload foto dengan mudah. Simple Photo Uploader juga memberikan kemampuan untuk menandai foto.

5. FacePad (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/8442)
Facepad adalah add-ons firefox yang memungkinkan Anda men-download teman facebook dan acara album.

6. Advanced Wall (http://www.facebook.com/apps/application.php?id=3118555174)
Daripada memposting pesan melalui pilihan default, Advanced Wall dapat memposting foto, gambar, graffiti, video, flash, mengubah ukuran teks dan warna, bersama dengan banyak hal-hal lain yang sederhana dengan menggunakan editor WYSIWYG.

7. ScrapBoy (http://www.scrapboy.com/en/downloads/)
ScrapBoy adalah sebuah aplikasi desktop untuk aplikasi facebook yang dapat digunakan untuk melakukan hampir segala sesuatu yang berkaitan dengan facebook. Dengan fitur seperti menulis posting dinding, melihat foto atau Facebook chatting, melihat ‘dinding’ beberapa teman-teman, album foto dan jendela obrolan pada saat yang sama dan yang lainnya.

8. Graffiti (http://apps.facebook.com/graffitiwall/)
Graffiti adalah aplikasi berbasis facebook yang dapat digunakan untuk menggambar pada dinding teman-teman Anda.

9. Task Master (http://apps.new.facebook.com/todolist/)
Task Master memungkinkan Anda mengelola tugas-tugas Anda di facebook secara lebih efisien.

10. Last.Fm Music (http://apps.facebook.com/lastfmmusic/)
Last.Fm Music adalah aplikasi musik untuk semua orang-orang yang suka musik dan tentunya Last.fm.Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membandingkan musik Anda dengan teman-teman, mendengarkan lagu mereka, dan menempatkan kotak dari artis serta album foto di profil Anda.

Itu baru dari segi aplikasi yang artikelnya saya ambil dari tetangga sebelah dan saya sendiri belum seluruhnya pakek…Tapi yang jelas setelah sejenak mencoba wora-wiri di dunia facebook….. Perlu diakui bahwa facebook bener-bener sangat menarik sebagai mainan baru kita-kita di dunia maya….hingga saya sendiri merasa ikut-ikutan ketagihan sampek posting pun jadi males….soalnya lebih praktis sih…kita gak perlu nulis panjang-panjang buat sekedar nulis uneg-uneg kita….ngirim foto tinggal ngirim….ngirim musik tinggal nari bandwithnya…demikian juga dengan video….. (jadi ingat dengan multiply yang demikian populer di 2007 gara-gara fasilitas upload yang begitu bebas….dan harus hancur saat fasilitas itu tiba-tiba banyak dipertanyakan HAKI-nya hingga harus menerima blokiran disana-sini….). Dengan kata lain, facebook lebih sesuai dengan para manusia jaman sekarang yang suka dengan yang praktis, cepat, singkat, mudah, murah, dapat diakses dimana saja dan kapan saja…utamanya bisa lewat handphone yang biasa saja…..(kalo WP sich kalo mo posting Hapenya harus bagus….). Hingga bisa dikatakan facebook merupakan penyempurnaan dari Blog….Benarkah demikian….?!

Hmmm dalam hal ini saya lebih suka menyebutnya sebagai hoby baru para netter…dan bukan sebagai penyempurnaan….bahkan saya berani menyebutkan bahwa facebook merupakan gejala kemunduran kreativitas para blogger (khusus, bukan netter secara keseluruhan….) Dan yang lebih berat adalah kemunduran para Blogger tanpa mereka sadari…!! Gimana tidak, para blogger yang biasanya harus berfirir keras, mencari data dan informasi, menganalisis, mengintrepretasi, lalu menuangkan dalam sebuah tulisan panjang buat menghasilkan sebuah postingan yang berkualitas atau minimal yang gak ngisin-ngisini dibaca orang lain….kini bener-bener dimanja dengan facebook yang demikian praktis dan mudah sekaligus nyaman…..Dengan kata lain, ide yang demikian singkat bisa dengan mudah kita up load via facebook…..tanpa kakehan mikir atau merenung terlalu dalam….serba kepenak lah….nulis seadanya juga gak pa-pa….gak ada yang bikin malu….dan tentu saja hal itu gawat bagi perkembangan intelektrualitas para blogger yang selama ini telah terbangun…..Bukannya alih-alih meningkatkan kualitas tulisan…..para blogger kini rame-rame buang sampah di facebook….dan tentu saja ini bisa dikatakan sebuah kemunduran tanpa kita sadari sama sekali….Gawat…!!  (tapi terus terang aku pun tak kuasa untuk menolak pesonanya…..)

5 Balasan ke Blog vs Facebook….?! Kemajuan, Sekedar Variasi atau Kemunduran dunia Blogger….?!

  1. daPHIInci mengatakan:

    blogwalking ,

    siip
    maenan baru para netter
    hihihii
    .
    maenan lamanya +friendster+ ditinggalin gitu aja
    .
    hhehe,
    slmknal😀

  2. Investasi mengatakan:

    dimana aja ok asal bisa buat ngumpul ya kan

  3. La mengatakan:

    stuju2!.. bisa ancur indonesia klo nax2 mudanya males mikir, asyik di facebook.

  4. tantos mengatakan:

    saya juga sedang berpikir demikian pak. barusan search “blog vs facebook”, nemu blog sampeyan.

    tapi.. apa ndak sebaiknya kita harus menangkapnya sebagai kesempatan. kesempatan untuk tetap eksis blogging (membela diri), mendahului di tikungan. (atau justru salah pemikiran saya)

    Atau mungkin sedikit kita belokkan tulisan kita di blog. klo soal curhat, uneg”, mbel-gedhes, omong kosong kita lempar di FB, klo tulisan yg agak panjang atau informasi baru kita posting di blog.

    saya sendiri juga merasa semakin bosan posting sejak ada FB (belum ada FB aja jarang posting, hehe…).

  5. segerbagio mengatakan:

    setuju…………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: