Lupakanlah 2009

Hanya satu yang saya syukuri saat menatap pergantian tahun ini yani dari 2009 ke 2010… yakni tak adanya cerita bencana menjelang pergantian tahun seperti layaknya akhir tahun kemaren yang penuh bencana banjir dan kapal tenggelam (walau bencana itu tak ada karena kacaunya iklim dunia akibat pemanasan global yang telah mengakibatkan berbagai bencana kepanasan di berbagai belahan dunia sehingga kedatangan sang hujan menjadi suatu berkah yang lama dirindukan……jadi untuk tahun ini, silakan rayakan pergantian tahun semeriah-meriahnya…habiskan banyak duit untuk dibakar guna menerangi langit malam tahun baru….yang merupakan harapan baru setelah mengalami tahun 2009 yang penuh ketragisan dan kepahitan…hingga lebih baik dilupakan saja dari pada bikin kenangan-kenangan buruk disepanjang sejarah manusia….

Bagi saya, peristiwa-peristiwa yang terjadi selama tahun 2009 terasa begitu membingungkan dan bahkan unprecditable hingga kadang sayanya sering terbengong-benegong sendiri saat melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi tanpa sempat menuliskan-nya dan paling-paling hanya sempat ngomong…”koq….” atau mungkin hanya “lho…” sangking banyaknya peristiwa yang bersliweran tanpa bisa mengetahui secara jelas mengapa dan bagaimana semua itu bisa terjadi…. sangking cepatnya perubahan dan beragamnya fakta yang terjadi. Beberapa fakta buruk yang terjadi di tahun 2009 antara lain :

1. Lenyapnya para Legenda
Yang terbaru atau mungkin terbesar adalah meninggalnya Gus Dur, salah satu tokoh bangsa yang juga mantan Presiden RI pertama di masa orde reformasi…dan sempat menjadi idolaku bertahun-tahun….walau sakit (atau menahan sakit) menahun membuat kualitasnya turun…. tapi  tetep  pantas  kenangannya menghasilkan bendera satu tiang hari ini. Dari luar negeri tentu saja wafatnya Michael Jackson seorang popstar yang harus pergi meninggalkan dunia untuk selama-lamanya walau sebenarnya Jackson pun telah lama meninggalkan dunianya. Juga meninggalnya calon legenda Mbah ‘I Love U Full’ Surip yang ibarat layu sebelum berkembang walau sebenarnya Indonesia akan lebih menangis saat beberapa hari kemudian seorang Rendra pun harus tutup usia. Sementara Chrisye pun melengkapi deretan legenda yang harus pergi di tahun ini….

2. Kejutan Pemilu 2009
Kejutan dalam kehidupan memang menyenangkan untuk disaksikan walau kejutan itu sendirilah yang akan merusak kesenangan itu sendiri. Demikianlah mungkin gambaran Pemilu Legislatif 2009….dimana Partai Demokrat tiba-tiba menjadi partai pemenang pemilu seperti layaknya PDI Perjuangan di 1999. Dan saya yakin, seperti layaknya PDI Perjuangan di 1999 yang memang memberi kejutan tetapi menghancurkan partai itu sendiri….saya yakin Demokrat pun akan mengalami kehancuran serupa…..akibat keterkejutan mereka sendiri dengan kemenangannya yang gemilang hingga sebenarnya banyak kadernya yang tak pantas duduk sebagai wakil rakyat ‘terpaksa’ harus terpilih…. dan merekalah yang natinya akan merusak reputasi partai dengan ketidaksiapannya (sebagai bukti kasus pelaporan anggota MPR dari Demokrat ’Romadhon Pohan’ pada kepolisian hanya gara-gara ditampar pakek kertas sama Goerge Aditjondro)…. karena rakyat pun tidak bodoh…mereka selalu mengamati sepak terjang para wakilnya di senayan….apalagi sebenarnya masyarakat memilih Demokrat bukan karena prestasinya, melainkan karena kharisma seorang SBY…hingga saat SBY lengser maka…..

3. Berpisahnya Dwi Tunggal Baru
Bagi saya, SBY-JK merupakan dwi tunggal baru bagi Indonesia. SBY mewarisi kewibawaaan dan kepintaran seorang Soekarno…sementara JK mewarisi humanisme dan keluwesan seorang Hatta. Dan seperti halnya pendahulunya maka perpisahan SBY-JK merupakan bencana bagi Indonesia karena mereka adalah sosok-sosok yang saling melengkapi. Dan kepentingan politiklah yang telah memisahkan mereka serta ambisi manusia untuk berdiri lebih tegak diantara yang lain. Walau SBY lah yang akhirnya memenangkan pertempuran tetapi seperti layaknya perang maka tak ada kemenangan sejati….yang ada adalah kerugian yang lebih kecil dari pihak satu daripada pihak yang lain. Dan belum 100 hari masa kepemimpinan SBY di periode kedua, kesulitan demi kesulitan muncul silih berganti menggerogoti popularutas SBY akibat hilangnya pasangan sejati pelengkap sosok peragunya…..

4. Gonjang-Ganjing Dunia Hukum Indonesia
Dimulai dari tertangkanya Antasari Azhar sang simbol pemberantasan korupsi di Indonesia akibat kasus ’rebutan ceweq’ yang ganjil sekaligus menggelikan…yang ternyata berujung pada kasus yang lebih besar yakni penggelapan dana penyehatan Bank Century sebesar 6,7 triliun….yang ternyata melibatkan para pejabat KPK, Kejaksaan, Kepolisian hingga muncul kasus Cicak vs Buaya vs Macan tanpa tahu siapa yang jadi cicaknya, sipa jadi buayanya, juga siapa yang jadi macannya….yang jelas semuanya mengaku sebagai pihak yang benar hingga yang sebenarnya benar menjadi benar-benar tidak kelihatan benar…..Yang jelas penegakan hukum di Indonesia, termasuk pemberantasan korupsi, masih menjadi bahan guyonan rekan-rekan politikus luar negeri deh…..capeeekkkk…….Bayangkan saja, disamping lembaga-lembaga terhormat diatas kasus Century juga menyangkut-nyangkut sang Wakil Presiden yang dulunya merupakan mantan Gubernur BI yakni Budiono serta sang Menkeu Sri Mulyani yang secara gegabah menyetujui dana penyelamatan yang kemudian lenyap entah kemana…..Belum sempet kasus century diselesaikan, Goerge J. Aditjondro muncul dengan bukunya Membongkar Gurita Cikeas yang konon mengungkap penyelewengan dana kampanye Pilpres oleh Presiden SBY……waduh……bayangkan kalau hal itu terbukti benar…..

5. Dunia Maya tak lagi Aman
Undang Undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE ternyata menuai banyak masalah di tahun 2009. Dimulai dari kasus terpenjaranya seorang Prita Mulyasari akibat curhat di email pribadinya akibat pelayanan buruk RS Omni Internasional…Walau ahirnya bebas tetapi kasus Prita sempat membikin geger para wakil rakyat di senayan hingga pengumpulan 800 juta koin dari para simpatisan buat menutup ganti rugi yang dituntut Omni akibat pencemaran nama baik sebesar 204 juta rupiah…. Lalu kasus curhat Luna Maya di twitter akibat kekesalannya pada dunia infotainment yang bikin para insan infotainment mengadukan Luna Maya lagi-lagi ke polisi…walau kemudian banyak pihak yang membelanya, termasuk PBNU dan MUI dengan fatwa haramnya tayangan infotainment, kasus-kasus itu membuktikan bahwa dunia maya mulai diobok-obok sama kerakusan dunia nyata hingga agak susah juga bicara jujur di evet apa saja…sekaligus membuktikan bahwa UU ITE yang disusun mempunyai banyak kelemahan dan hanya melindungi pihak-pihak tertentu saja….jadi sebelum undang undang itu direvisi maka lebih baik ati-atai deh saat ngomong di dunia maya…..

6. Indonesia Negeri 1000 Gempa
Tercatat dua gempa besar melanda Indonesia di bulan September 2009, yakni tanggal 2 September di Tasikmalaya sebesar 7,3 SR dan 30 September di Sumatra Barat sebesar 7,6 SR…yang seolah-olah menahbisakan Indonesia sebagai salah satu negara yang rawan bencana…atau jangan-jangan apa yang digambarkan film kiamat 2012 benar-benar akan melenyapkan bumi Indonesia. Tahun 2009 tentu saja menjadi tahun yang paling ingin dilupakan oleh keluarga korban bencana di 2 daerah tersebut. Yang jelas 2 gempa besar itu semakin membuktikan Indonesia sebagai negeri yang gagap dalam menghadapi bencana. Bantuan korban yang telat, distribusi bantuan yang tidak merata, serta penyelewengan dana bantuan menjadi sesuatu hal yang biasa….

7. Blog bukan lagi yang utama
Tahun 2009 ini bisa dikatakan tahun paling tak produktif saya dalam ngeblog. Bukan karena bosan tetapi ada keasyikan baru yang melanda dunia maya seperti facebook yang sangat memikat dan juga twitter yang belakangan muncul…..bikin blog yang lebih mikir pun mulai ditinggalkan tuan rumahnya…..terbukti dalam banyak kasus, suara para facebooker dan twitterer mulai menjadi masukan bagi para pengambil keputusan di dunia nyata….. sementara dunia blogger pun mulai senyap….bisa dikatakan hampir lenyap…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: