Sempurnanya Spanyol di Euro 2008

Tulisan yang model beginian sih pengennya akan au jadikan tradisi bagi setiap even besar dari sebuah acara olah raga….Gak penting-penting amat juga sih, hanya subjektif….tapi minimal akan berisi kesan-kesanku akan sebuah event olah raga akbar yang mungkin sewaktu-waktu akan saya baca lagi di masa depan dengan senyam senyum sendiri….bisa karena kenangan keindahan dari sebuah pertandingannya….atau malahan akan kenaifan saya dalam menganalisis sebuah pertandingan atau Tim Sepakbola….yang bagi sebagian pembaca akan bikin bosen, walau bagiku tetep saja bermakna karena itulah kesan-kesanku ples catetan-catetan kecilku saat usai menonton sebuah peristiwa besar….

Yang jelas kalo bicara juaranya sih semuanya juga udah tahu kalo dalam Euro 2008 ini juaranya adalah Spanyol setelah mengalahkan Jerman (1-0) via golnya Torres. Tapi adalah kenyataan bahwa turnamen ini baru menjadi menarik setelah memasuki putaran terakhir pertandingan antar grup….alias pertandingan menentukan tim mana yang lolos ke babak perempat final…..yang penuh kejutan serta penuh pertandingan legendaris yang terlalu manis untuk dilupakan begitu saja. Ya….dunia akan selalu ingat dengan ulangan final Piala Dunia 2008 di Euro 2008 antara Italia dan Prancis saat memperebutkan satu-satunya tiket tersisa dari Grup C….dunia juga kan selalu ingat bagaimana dramatisnya perjuangan Turki, sebuah negara yang ngotot menjadi bagian dari Liga Eropa walau hanya sebagian kecil bagian negaranya yang berada di benua Eropa, utamanya saat menghempaskan Republik Ceko (skor 3-2) walau telah tertinggal 2-0 sampai menit ke -75…atau saat menyamakan kedudukan di menit terakhir atas Kroasia hingga lolos via adu pinalti…..Dunia juga akan selalu ingat dengan tuah Gus Hiddink yang mampu mengubah sepakbola Rusia yang monoton menjadi sebuah rangkaian Kereta Api Cepat yang mampu menghancurkan impian Yunani, Swedia dan Belanda….

Seperti tulisan saya kemaren, turnamen Euro 2008 dimulai (sampai pertandingan kedua dari setiap tim) dengan monoton. Tak ada kejutan-kejutan berarti yang terjadi. Hampir semua pertandingan berakhir sesuai prediksi. Tetapi memasuki pertandingan terakhir putaran grup, turnamen ini menjadi menarik….apalagi jika melihat tim-tim kejutan yang lolos bahkan merajalela hingga semifinal….Dan yang bikin asyik adalah final yang terjadi pun masih merupakan final idaman semua orang….alias pertemuan dari tim-tim unggulan hingga partai final tetap menjadi tontonan menarik. Dan tulisan ini sekaligus juga mengkoreksi kesanku tentang Euro 2008…..Dan tim-tim yang dibawah ini merupakan tim-tim yang bikin turnamen ini menarik.

1. Turki. Bagi saya inilah negara paling sensasional dalam Euro 2008 dan bikin turnamen ini menjadi menarik….!! Ingat bagaimana sensasionalnya mereka saat mengalahkan Republik Ceko di penyisihan grup. Tertinggal 2-0 sampai menit ke-75 mereka berhasil bangkit dan balik menghajar Ceko 3-2 di menit akhir. Dan kejutan itu mereka ulangi saat perempat final, saat bertemu Kroasia. Tertinggal terlebih dahulu 1-0 di extra time, mereka berhasil menyamakan kedudukan di injuri time untuk kemudian lolos melalui adu tendangan pinalti. Bara pantang menyerah itu kemudian mereka teruskan di partai semifinal walau akhirnya menyerah karena kehabisan bensin di menit-menit terakhir dari tim Panser Jerman…Giman gak kehabisan bensin…?! 9 pemain inti mereka harus absen di pertandingan semifinal akibat cedera dan akumulasi kartu. Yang jelas orang akan selalu ingat dengan perjuangan pejuang Turki di turnamen ini seperti : Nihat Kahweci, Hamit Altintop, Si Supersub Semih Senturk, Kazim Richard, Arda Turan, Ugur Boral, si garang Servet Cetin, Mehmet Aurilio, Tuncay Sanly dan tentu saja sang pelatih: Fatih Terim…!!

2. Perancis. Kadang sebuah tim dikenang bukan karena kemenangannya….tapi juga kekalahannya yang sensasional. Soalnya jarang-jarang sih kita melihat Prancis mengalami kekalahan dan di Turnamen ini kita bahkan bisa menyaksikannya dua kali…!! Saat kekalahan pertama dari Belanda, permainan Prancis bagi saya tetap seperti biasa…..menguasai lapangan tengah dan ketat di pertahanan. Hanya saja malam itu lawannya adalah The Dream Team Belanda yang bermain sempurna hingga Prancis harus kalah dengan tragis (4-1). Kekalahan kedua dari Italia, bagi saya lebih karena faktor apes saja….karena belum 10 menit Frank Ribery harus keluar karena cedera dan disusul kekejaman wasit saat memberikan pinalti sembari mengusir keluar Eric Abidal…..

3. Belanda. Tiga pertandingan mereka di penyisihan grup merupakan contoh kesempurnaan Belanda di turnamen ini. Orang akan ingat bagaiman mereka mempermainkan Italia dan Perancis dengan skor yang menjadi rekor kekalahan terbesar mereka di sebuah turnamen….Permainan yang cepat, kompak, penuh tenaga sekaligus indah….adalah idaman setiap tim sepakbola dunia. Dan setelah tim 1988, seolah Belanda hendak mengatakan bahwa kami masih memiliki The Dream Team itu….Sesuatu yang kemudian menghilang di babak perempat final hingga harus terlindas kereta cepat Rusia….

4. Spanyol. Bukan karena tim ini adalah sang juaranya sekalian jagoanku, tapi inilah tim paling konsisten selama Euro 2008. Kemenangan 100% berhasil ditorehkan tim ini. Dalam turnamen ini Spanyol terlihat membawa tim yang paling komplet. Bahkan kala mereka memainkan tim keduanya, kualitas permainannya terlihat tidak menurun. Dan bintang permainan mereka adalah para pemain tengahnya yang begitu anggun: Kwartet Marcos Senna, Xavi Hernandes, Andres Iniesta dan David Silva yang terlihat selalu mendominasi pertandingan dengan para cadangan yang tak kalah hebat : Cesc Fabregas, Xavi Alonso dan Ruben DelaRed…bener-bener lini tengah idaman. Belum lagi dukungan lini belakang yang tangguh macam: Carles Puyol, Sergio Ramos dan Carlos Marchena serta kiper hebat : Iker Cassilas. Serta diperlengkap dengan barisan striker tajam macam : David Villa (4), Daniel Guiza (2) dan Fernando Torres (2). Kesemuanya menjadikan Spanyol tim terhebat di turnamen ini, memasukkan 12 gol dan hanya kemasukan 3…!!

5. Jerman. Walau di tingkat klub mereka tidak luar biasa, di turnamen antar negara Jerman adalah raja Eropa dengan torehan 3 kali juara Piala Dunia dan 3 kali Juara Eropa. Dan pada setiap turnamen, Jerman pasti menemukan talenta-talenta hebat yang bisa membawa negara tersebut pada kasta tertinggi sepakbola. Dan di Euro 2008 : Lucas Podolski, Bastian Sweinsteiger, Miroslav Klose serta sang Skipper Michael Ballack berhasil membawa Jerman terbang tinggi.

6. Portugal. Portugal sebenarnya semula diunggulkan di posisi tertinggi sebagai juara turnamen. Dan di dua pertandingan awal mereka membuktikan hal itu melalui permainan indah via Deco, Simon Pepe, Bosingwa, Nuno Gomes, Joao Mautinhao….Hanya saja kekalahan mereka di perempat final, membuktikan sesuatu bahwa mereka terlalu tergantung pada dua sosok yang ternyata bermain tanpa motivasi penuh. Satu, dari sang bintang cristiano Ronaldo akibat kelelahan di kompetisi antar klub dan Felipao Scolari yang sudah kadung menerima tawaran Chelsi sebagai pekerjaan berikutnya….dan disitulah Portugal harus hancur oleh Jerman yang lebih fokus….

7. Rusia. Sayangnya hampir semua pertandingan Rusia tidak saya tonton secara langsung….hal itu karena di awal turnamen mereka belum-belum sudah harus dipermak Spanyol 4-1 hingga bikin males nontonnya…. Tapi setelah itu mereka kemudian menjelma menjadi kereta cepat yang menggilas Yunani, Swedia dan juga Belanda yang lebih diunggulkan. Kemenangan dari Swedia menjadi bukti betapa hebatnya mereka sebagai sebuah tim…..Andre Arshavin, Roman Pavlychenko, Yuri Zirkov menjadi para aktor yang membuat Rusia terlihat terlalu cepat bila dibandingkan Swedia yang terlalu mengandalkan talenta Zlatan Ibrahimovic….Dan saya yakin semua rakyat Rusia pasti sangat membenci tim Spanyol karena dua kekalahan mereka didapat dengan telak dari tim tersebut (7-1)…..seraya berdesis lirih…. andai tidak pernah bertemu Spanyol……

8. Italia. Tentu saja kita akan selalu asyik melihat sepak terjang tim Italia di sebuah turnamen. Baik saat kemenangan sensasionalnya atas Prancis….juga kekalahannya yang memalukan atas Belanda…serta atas Spanyol secara dramatis melalui (lagi-lagi) adu pinalti….Ya….Itali selalu asyik ditonton walau saat kalah sekalipun….

9. Kroasia. Katanya sih tim ini juga termasuk pemberi kejutan turnamen ini. Kemenangan mereka yang 100 % di babak penyisihan, termasuk atas tim Panser Jerman menjadi nilai lebih tim ini….walau menurut saya sih permainannya biasa-biasa saja….kalau tidak boleh dikatakan membosankan (oportunis)…..Aktor utama tim ini adalah Luca Modric dan sang pelatih Slaven Bilic yang dijuluki the New Jose Maurinho…..

Itulah kenanganku atas Euro 2008, sebuah turnamen yang menarik dan kata orang sih membawa aliran baru dalam sepakbola dunia….yakni sepakbola indah…!! Ya….pola permainan Spanyol yang indah, dengan pola racikan baru 4-2-3-1 (yang akan menjadi trend baru di dunia sepakbola) dari Luis Aragones tidak hanya membuat mereka mencetak sejarah baru….tetapi mungkin merekalah sejarah itu sendiri….karena Spanyol tidak hanya mengulang kejayaan mereka di tahun 1964…..tetapi juga membawa trend sepak bola baru yakni sepakbola indah yang telah terbukti mampu menenggelamkan trend sepakbola oportunis ala Yunani di Euro sebelumnya atau juga mungkin akan menggeser trend ”Speed and Power” ala Inggris di kompetisi antar klub….sehingga tidak ada kata yang lebih tepat bagi Spanyol kecuali SEMPURNA…..Selamat Spain, Anda pantas menjadi tim terbaik di turnamen ini….mungkin andalah masa depan sepakbola dunia….tapi yang sudah pasti jalan menjadi juara di turnamen lain akan lebih terjal karena mulai saat ini Spain tidak hanya sekedar sebuah tim besar melainkan juga sebuah tim yang masuk bursa juara….hingga mengundang tim lain buat mengalahkannya…..

1 Responses to Sempurnanya Spanyol di Euro 2008

  1. Quality articles or reviews is the secret to interest the users to visit the
    web site, that’s what this web site is providing.

Tinggalkan komentar