Memberi untuk Mendapatkan Yang Lebih Baik

Malam-malam menjelang lebaran, saat lagi nonton MU membantai Arsenal, tiba-tiba saya dapat sms dari Mr. Salimin…
“sandalku REI malah dicolong maling ‘asu’ saat aku sholat nang terminal Solo”

Aaah…adekku yang satu itu tak pernah berhenti dengan pikiran negatifnya…padahal apalah artinya sebuah sandal bagi seorang pegawai negeri dari sebuah Kementrian Kelautan yang cukup bonafit itu…hingga buru-buru dengan santai tak balesi wae smsnya…
“wkwkwkwk…asu yo ra po po. Nyante wae bro. Khan dirimu malah bisa beli sandal baru to…?!”
E….sudah dikasih nasihat baik ee…ternyata dianya masih saja nggresulo….
“Padahal sandalku itu sudah jelek alias lethek… koq ya…masih doyan juga tuh maling. Terpaksa aku beli sandal murahan seharga 15 rebu di minal Solo…”

“Lo bener aku to…?! itulah yang namanya rahasia Ilahi. U malah biso tuku sandal anyar buat ngganti sandal bututmu itu…”
Tapi dasar dianya memang paling suka dengan yang negativ-negativ…hingga jadinya malah ngajak berdebat…

“Tapi aku khan tadi berniat baik…pengen sholat di masjid. Tapi koq malah kehilangan sandal…?!
Waduh bener-bener sedih deh dengan Mr. Salimin…sudah negatif ndeso lagi…masa ngajak berdebat lewat sms…bener-bener ketinggalan jaman…walau topiknya tetap menarik…

“Naa…naaa…naa…kalo kita berfikir positif ternyata malah ada rahasia Ilahi yang lain yakni secara gak sadar U dikasih anugrah buat nolong tukang jual sandal murahan di minal Solo. Siapa tahu sejak sore dia jualan gak banyak yang laku…maka tangan Tuhan lah yang bicara lewat peristiwa kehilangan sandalmu….Itulah yang mungkin disebut prinsip memberi untuk mendapatkan yang lebih baik...”

“Weleh…weleh…weleh…rahasia Ilahi itu emang aneh yo…mau memberi rejeki bakul sandal wae dadak direwangi nyengsarakne aku…padahal niatku khan baik… jangan sampai akunya salah tafsir hingga wegah sholat ke masjid lagi gara-gara paranoid sandal…”
Salimin ternyata bener-bener belum terima…itulah mangkanya adekku tak sebut sebagai Mr. Salimin…bayangkan kehilangan sandal butut saja sudah dianggapnya sebagai sebuah kehilangan besar alias kehilangan barang yang berharga banget….terpaksa deh sedikit narsis aku dalam menjelaskan prinsip Memberi untuk Mendapatkan yang lebih baik…

“Kamu masih ingat khan waktu saya pindahan ke rumah baru…kulkas kesayanganku tak kasihkan sama si fulan yang kebetulan gak punya….dan hal itu bener-bener disyukuri dan jadi barang kesayangannya sampai sekarang. Dan hasilnya, akunya jadi bisa beli kulkas baru dua pintu yang lebih okey…. Itulah yang disebut prinsip Memberi untuk Mendapatkan yang lebih Baik. Sayangnya waktu istri tak saranin buat ngasihkan sekalian lemari pakaiannya…dianya eman-eman hingga terpaksa lemari butut itu masih setia nangkring di kamarku…Mau beli yang baru…?! susah soalnya akunya masih bingung buat mbuang lemari rongsok itu…

Dan lebaran ini… mulai kompor gas, blender, magic com, sampai rak piring istriku yang lama tak kasihkan sodara-sodara istri di Yogya…hasilnya tentu saja mereka semua senang sementara istri saya mendapatkan barang-barang yang lebih bagus dan lebih baru di ruangan rumahnya… bagaimana…?! asyik khan prinsip itu...” sekuat tenaga aku berusaha menjelaskan prinsip baik itu pada adekku….

Padahal kemaren pas sholat di Solo saat rame sandalku aman-aman saja…tapi saat sepi e… malah sandalku ilang pas tak tinggal sholat….”
Dasar anak ragel…emang anak bungsu itu pada dasarnya anak manja yang taunya hanya diberi dan disayang tanpa mau mikirkan orang lain….hingga dengan gemes tak tegasi wae…

“soale niat apekmu iku kebanyakan sifatnya masih pribadi alias nggak ngefek sama orang lain. Peristiwa ilange sandalmu itu khan Tuhan lagi mengingatkan agar kamunya mulai berbuat baik yang juga bermanfaat bagi orang lain. Kamu khan sudah dikasih rejeki hingga mulai ‘biso’ mikirke wong liyo…tidak hanya sibuk memmikirkan kenikmatan sendiri saja….”

Maksudmu opo...?” masih belum mudheng juga adekku ini…
Zakat man…Zakat….”

Aku khan sudah kasih zakat fitrah…” si pelit ini masih mencoba mendebat…
gak cukup man…itu khan hanya zakat dasar yang wajib….masih ada zakat mal dan shodaqoh…U khan tau 2,5 % harta kita khan milik orang miskin…jadi tunggu apa lagi…?”

Setelah itu saya sudah gak niat meneruskan diskusi murahan itu sama si brengsek itu… males aku…biarlah dia menemukan sendiri arti dari kehilangan sandal bututnya itu… soalnya itulah ciri orang dewasa yang bisa mengambil arti dari sagala peristiwa yang menimpa dirinya….

3 Responses to Memberi untuk Mendapatkan Yang Lebih Baik

  1. Obat Sehat berkata:

    Semakin memberi, ihklas, semakin berkah hidup ini.

  2. acer slim berkata:

    gak cukup man…itu khan hanya zakat dasar yang wajib….masih ada zakat mal dan shodaqoh…U khan tau 2,5 % harta kita khan milik orang miskin

  3. HP Sony berkata:

    Setelah itu saya sudah gak niat meneruskan diskusi murahan itu sama si brengsek itu… males aku…biarlah dia menemukan sendiri arti dari kehilangan sandal bututnya itu… soalnya itulah ciri orang dewasa yang bisa mengambil arti dari sagala peristiwa yang menimpa dirinya….

Tinggalkan komentar