Film Paling Menarik di Tahun 2010

Waduh sorry…judulnya bukan lagi film paling menghibur seperti di tahun 2009 lalu tetapi tak ganti menjadi film paling menarik (bagiku) saja….karena hampir tidak ada film laga yang bener-bener pantas untuk disaksikan lagi berulang kali. Semuanya melempem…!! Gak ada ide baru dari para pembuat film laga yang bisa bikin kita bener-bener terhibur di tahun ini. “Clash of the Titans” dan “Prince of  Persia” serta “Robinhood” yang semula sangat saya harapkan menjadi film laga memorable ternyata hanya megah di promosi saja. Sementara garapan Chrish Nollan “ Inception” rasanya terlalu berat untuk ditonton berkali-kali. Jadi mau bagaimana lagi, tahun ini terpaksa saya harus lebih rajin mengorek-ngorek film-film lama untuk mendapatkan tontonan yang sedikit menghibur.

Dan hasilnya adalah ternyata banyak film drama termasuk yang romantis-romantis cukup menarik untuk disaksikan jika kita sedang suntuk and bosen. Gak pa pa lah jika sekali-sekali kita beralih ke ngedrama sedikit. Hanya saja sarannya… jangan nonton film-film berikut pada saat Anda sedang suntuk berat…mungkin lebih cocok jika Andanya sedang santai and gak banyak kerjaan sementara acara TV pun sedang membosankan. Lalu siapa juaranya di tahun ini…Kayaknya bukan film deh…melainkan World Cup 2010 South Africa yang begitu meriah….Disusul dengan acara Liga Inggris yang Alhamdulillah hampir semua pertandingan besar ditayangkan secara live di Global and MNC TV…. dan kalo sempet Anda boleh nonton Jose Mourinho and Real Madridnya yang semakin ciamik… Juga ada adu jotos yang semakin rutin saja ada di tiap minggu. Dengan kata lain, para lelaki seperti saya kayaknya gak bakalan kekurangan hiburan deh di setiap weekend di tahun ini….Lalu bagaimana dengan para wanitanya….?! Ya…terpaksanya Anda harus menyimak urutan film paling menarik yang saya sajikan berikut ini dah….

1. Crazy Heart

Kalau Anda penyuka music country khas Amerika, jangan pernah melewatkan kisah balada seorang pemusik tua (diperankan oleh Jeff Bridges dengan briliant hingga menghasilkan oscar pertama buatnya) yang jatuh cinta dengan wartawati lokal beranak satu (Mggy Gylenhall) saat ngamen di kota-kota kecil buat mencari sesuap nasi pada akhir-akhir kariernya. Yang menarik dari film ini adalah kisah cintanya yang gagal tetapi membuat sang musisi berhasil menciptakan sebuah lagu memorable dan menjadi second wind bagi karier sang musisi tua. Tentu saja yang bagus dari film ini adalah lagu-lagu country yang enak didengar (buruan nyari MP3 nya ya….). Apalagi Jeff Bridges ikut menyanyi di film ini (dan bagus). Apalagi saat Bridges menyanyi live dengan ditemani sang story steeler Colln Farrel…benar-benar menyentuh sekaligus memorable…..

2. 500 Days of Summer

Ini juga kisah patah hati lagi dari seorang lelaki yang kesepian saat tokoh yang diperani Josep Gordon Levitt harus merana saat lamarannya ditolak oleh TTM-nya (Zoey Descahannel) dengan alasan dia ingin bebas tanpa mau terikat dengan perkawinan yang seringkali malah menyengsarakan bagi yang melakukannya….Patah hati karena terbukti kemudian si Zoey malah bertemu dengan seseorang dan dengan mudahnya memutuskan untuk menikahinya tanpa berpikir terlalu lama….

3. Sang Pemimpi

Kalau semua orang ribut-ribut mempermasalahkan tidak dimasukkannya film “Sang Pencerah” sebagai nominaror FFI 2010 maka saya malah lebih mempermasalahkan mengapa “Sang Pemimpi” yang tidak menang FFI tahun ini… Walaupun prekuelnya (Laskar Pelangi), seperti novelnya, banyak dipuji orang banyak…Tetapi bagi saya sang pemimpi lebih memiliki alur yang jelas dan enak diikuti. Terutama adegan Mathias Muchus yang begitu bahagia saat mengambil rapor Ikal walau anaknya itu nilainya tak sebagus biasanya…. Itulah mungkin yang bisa disebut sebagai ayah nomor 1 di dunia…. Menarik menyaksikan sekuelnya “Edensor” yang pastinya susah diwujudkan akibat lokasi cerita yang mengelana dari Paris sampai Afrika….

4. Up In the Air

Lagi-lagi tentang kisah patah hatinya seorang pria. Kali ini menimpa seorang bujang abadi “Ryan Bingham” (Gooorge Cloney) yang ogah menikah karena menganggap hal itu akan merepotkan dan mengganggu kebebasannya saja. Sebuah prinsip yang sebenarnya dulu sempat terlntas dalam fikiran saya mengingat jadi bujangan itu bener-bener bebas (betul begitu George…?!). Hanya saja memang sudah kodrat manusia untuk selalu berpasangan dengan lawan jenisnya. Karena pria dan wanita itu ibarat magnet yang selalu ingin melekat setiap saat. Dan saat Bingham merasa sudah menemukan magnet hatinya pada sosok Alex (Vera Varmiga) lagi-lagi TTM-nya…ternyata Ryan harus kecewa karena Alex ternyata lebih suka jika hubungan itu hanyalah sebatas TTM saja… Apalagi diketahui ternyata Alex sudah punya suami dan anak saat di rumah…..

5. The Town

Kalau biasanya film Hollywood selalu menampilkan Polisi sebagai pihak yang baik sehingga akan menang di ending cerita maka Ben Afleck, yang dalam film bertindak sebagai pemain utama sekaligus sutradara, menawarkan kisah berbeda dalam “The Town” dengan menjadikan sang penjahat sebagai tokoh utama yang sedikit menang di akhir cerita. Dan sorrynya lagi-lagi ada acara patah hati dari sang tokoh utama akibat harus meninggalkan sang pacar (bukan TTM lo…) yang terakhir malah ingin menjebloskan Ben ke penjara setelah mengetahui profesinya yang sebenarnya…. Ben Afleck yang dulunya dikenal sebagai aktor spesialis lagi, akhir-akhir ini lebih serius menekuni karier barunya sebagai sutradara….Walau film ini bergenre aksi tetapi tidak terlalu meledak-ledak dengan alur yang enak diikuti dari awal sampai akhir….

6. The American

Kisah patah hati lagi. Kali ini melibatkan lagi George Clooney yang berperan sebagai seorang pembunuh bayaran dalam misi terakhirnya sebelum pensiun. Tanpa tahu tugasnya Clooney harus berada di sebuah kota kecil yang ternyata memberinya kedamaian hingga jatuh cinta pada seorang pelacur lokal langganannya…. Kisahnya sedikit mirip dengan The Bridges-nya Colin Farrel (bagus juga buat ditonton) dengan alurnya yang sedikit lambat khas film-film Eropa tetapi memiliki alur kuat. Adegan percintaannya cukup seksi dan menarik untuk diulang berkali-kali walau akhirnya sang tokoh utama harus mati ditangan majikannya yang gak rela dia pensiun dini….

7. Avatar

Tentu saja saya harus memasukkan Avatar sebagai salah satu film paling menarik di tahun ini. Film yang berhasil memecahkan rekor Titanic sebagai film terlaris sepanjang masa memang menarik untuk ditonton. Secara visual film ini nyaris sempurna walau ceritanya biasa saja. James Cameron benar-benar bisa membawa fantasi kita ke sebuah dunia lain dimana makhluk biru avatar hidup lengkap dengan makhluk separo dino yang bahkan bisa ditunggangi sembari terbang tinggi di angkasa….indah…..

8. Sang Pencerah

Kalau Avatar memegang rekor box office sepanjang masa maka Sang Pencerah memegang rekor box office film Indonesia di tahun ini. Tidak bagus-bagus amat sih…. tetapi nonton film ini pasti akan membawa pencerahan bagi pribadi Anda, khususnya umat Islam dan para pengikut Muhammadiyah. Dialog-dialog khas Yogya, setting Yogya Tempo dulu, ples kesalahan-kesalahan pemahaman Islam menjadi daya tarik utama hingga para santriwan satriwati terlihat sibuk antri di bioskop-bioskop tanah air buat menonton biopik sang pendiri Muhammadiyah “KH Ahmad Dahlan”….Sayangnya Gus Dur tidak sempat menyaksikan terciptanya film ini ya….

9. Daybreakers

Bagaimana jika dunia dikuasai kaum vampire…?! Sebuah khayalan yang masuk akal mengingat kaum vampire memang memiliki kekuatan yang melebihi manusia. Apalagi mereka lebih susah mati daripada manusia. Jadi begitulah kisah film ini dimana kaum vampire begitu berkuasa sementara manusia menjadi species langka yang diburu-buru untuk diternakkan sebagai sumber darah. Aneh sekaligus geli melihat film ini sekaligus surprise and asyik juga melihat kaum vampire itu harus menghadapi kaum manusia yang memberontak pada penindasan bangsa vampire. Apalagi para vampire tersebut pada mulanya manusia yang digigit vampire juga. Juga bagaimana dunia menjadi terbalik akibat malam yang menjadi siangnya bangsa vampire. Menarik menyaksikan bangsa vampire yang mengalami krisis pangan akibat habisnya ’pure human’ Juga bagaiman polisi vampire berupaya mengendalikan vampire yang kelaparan akibat kurang darah….Dan tentu saja diakhiri dengan kondisi chaos nan brutal akibat berkepanjangannya krisis ’pangan’ tersebut….

10. Up

Di genre animasi saya hanya sempat menonton ”Up” dan “How to Train the Dargon” serta film burungnya Zack Snyder “Legend of The Guardian”. Secara visual sebenarnya flmnya Snyder lebih indah dan hampir mendekati visualisasi yang dimiliki Avatar tetapi rasanya melihat balon warna-warni yang terbang melintasi hutan Amazon kayaknya lebih menarik untuk disaksikan bersama seluruh keluarga. Buktinya, anak saya yang bungsu and berusia 3 tahun-an enggan beranjak dari layar kacar saat menonton film ini sementara saat menonton 2 film yang lain belum 15 menit sudah bosen dan pergi….

11. The Brave One

Film ini sudah agak lama juga. Bahkan tahun perilsannya pun lupa. Yang jelas film ini dibintangi oleh Judy Foster.. Yang menarik dari film ini adalah metamorfosis sang tokoh utama dari seorang dari seorang penyiar radio yang benci kekerasan menjadi seorang ”petrus” jalanan. Juga pesan moral bahwa pistol itu akan berbahaya jika dipegang orang-orang sipil karena sangat rawan disalagunakan. Kisahnya tentang seorang penyiar radio yang kebetulan menjadi korban penganiayaan kelompok preman di malam hari di taman kota. Tidak sekedar korban tetapi peristiwa itu menyebabkan kematian pasangan yang hendak dinikahinya. Judy kemudian belajar membeli pistol, menggunakannya untuk menembak para preman yang coba mengganggunya di malam hari hingga saat mahir memakai pistol tersebut Judy kemudian mendatangi target utamanya….

12. Apa Kabar dengan Film Laga…?!

Ada 3 film yang setidaknya cukup menarik untuk disajikan saat Anda sedang suntuk walau tidak terlalu istimewa amat. ”The Expendables” nya Sly Stallone menjadi yang termenarik di tahun ini. Reuni Stallone beserta para koleganya seperti Jet Lee, Dolp Lundgreen, Jason Statham, Steve Austin, Gary Daniels serta cameo Arnold dan Willis cukup menggelegar walau mungkin terlalu berlebihan untuk era milenium. Lalu masih ada dua film nostalgia 80-an lain yang cukup lumayan ”The A Team” dan ”Predators”. ”The Wolfman” walau kurang bagus saat ditonton di bioskop…tetapi ternyata cukup Okay juga saat diulang di layar DVD. Terakhir ”Centurion” film epik kisah pengejaran Romawi di jaman baheula lumayan lebih menarik disaksikan daripada ”Robinhood”misalnya. Tetapi juaranya dan yang bikin aku nyesel gak nonton di bioskop adalah tetep film kiamatnya Roland Emerich ”2012”

13. Rest of The Best

a. Film Indonesia

Ada beberapa film yang nyaris menarik di tahun ini. Sayangnya saya tidak nonton film yang memborong banyak piala di FFI 2010…3 hati 2 cinta…..Yang pertama, Alangkah Lucunya  negeri ini yang penuh sindiran satire walau masih klise di beberapa adegan. Sementara film-film yang bikin mesam mesem, tapi gak lucu amat, adalah Bebek Belur, Arisan Brondong, Red Cobek, Laskar Pemimpi, dan ehm juga Suster Keramas yang secara mengagetkan cukup lucu juga. Dari yang agak serius ada “Serigala Terakhir” yang sangar dan “Roman Picisan” yang lumayan romantis. Tapi dari semua itu kayaknya “Perempuan Berkalung Sorban” lah yang paling pantas masuk jajaran film paling menarik tahun ini. Film yang menyoroti Islam dari kacamata santriwati pesantren ini ternyata sangat menarik, penuh makna sekaligus kontrovesi hingga mungkin akan menimbulkan berbagai pertanyaan kritis bagi wanita yang menontonnya. Sayangnya cuma satu….akunya terlambat nonton film ini…..hingga bikin….

b. Chino Gelut

Dari kalangan martial art-nya film Asia, Donny Yen mendominasi film laga dengan trilogi IP Man-nya. Sedikit lemot di ”The Bodyguar and the Assasin” Donny melaju kencang kembali dalam ”14 Blades” Lalu ada Cao Wen Cuo yang come back melalui ”True Legend” Sedangkan Tony Jaa malah sedikit lemot saat melanjutkan serial Ong Bak-nya. Jet Lee….?! Yah terpaksa dianya harus puas hanya sebagai pembantu Stalone dalam ”the Expendables” saja. Dan Jackie Chan kembali jadi idolaku setelah tampil menarik dalam film ”Litle Big Soldier” yang bercerita tentang prajurit bloon dan sanderanya yang ternyata adalah calon Raja pasukan musuh…

Satu Balasan ke Film Paling Menarik di Tahun 2010

  1. hcg food list mengatakan:

    Generally I do not learn post on blogs, however
    I would like to say that this write-up very pressured
    me to try and do so! Your writing taste has been surprised me.
    Thank you, quite nice post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: